Video Pembelajaran IPS Berbasis Tri Hita Karana Untuk Kelas V Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.23887/jp2.v4i1.32105Abstract
Permasalahan yang melatarbelakangi penelitian ini adalah siswa mengalami kesulitan memahami materi selama pembelajaran daring dan sulitnyanya penanaman nilai-nilai karakter kepada siswa selama pembelajaran daring. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan video pembelajaran berbasis Tri Hita Karana pada muatan pembelajaran IPS siswa kelas V sekolah dasar. Muatan Tri Hita Karana diharapkan dapat menanamkan nilai-nilai karakter bakti kepada tuhan, harmoni dengan sesama, dan mengasihi lingkungan. Subjek pada penelitian ini yaitu 1 pakar konten, 1 pakar media, 1 pakar desain pembelajaran, dan 12 siswa kelas V SD. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan yaitu model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluations). Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner, observasi, wawancara. Data yang telah dikumpulkan dianalisis dengan analisis statistik deskriptif kuanittatif. Berdasarkan analisis data diperoleh validitas aspek isi 92,50%, validitas video pada aspek desain 97,50%, validitas video pada aspek media 95% dan kelayakan video pada uji coba perorangan 94,30%. Video pembelajaran video pembelajaran berbasis Tri Hita Karana dinilai sangat valid dan layak digunakan pada muatan IPS kelas V SD. Media video ini memiliki kekhasan dengan memvisualisasikan nilai-nilai Tri Hita karana sehingga tertanam nilai-nilai karakter pada siswa.References
Agung, A.A.G. (2010). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Universitas Pendidikan Ganesha.
Agung, Anak Agung Gede. (2017). Buku Ajar Evaluasi Pendidikan. Universitas Pendidikan Ganesha.
Akviansah, M. D. (2020). Perpustakaan Maya sebagai Sumber Belajar dan Penunjang Pembelajaran IPS secara Daring di Era Pandemi COVID-19. Jurnal Teori Dan Praksis Pembelajaran IPS, 5(2), 92–102. https://core.ac.uk/download/pdf/354310742.pdf
Alamsyah, R., Toenlioe, A. J. E., & Husna, A. (2018). Pengembangan Video Pembelajaran Kepenyiaran Materi Produksi Program Televisi Untuk Mahasiswa Teknologi Pendidikan Universitas Malang. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(3), 229–236. http://journal2.um.ac.id/index.php/jktp/article/view/4563
Anjarsari, K. Y., Suniasih, N. W., & Sujana, I. W. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Chips Berbasis Tri Hita Karana Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS. Mimbar PGSD, 5(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10659
Awalia, I., Pamungkas, A. S., & Alamsyah, T. P. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Animasi Powtoon pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas IV SD. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(1), 49–56. https://doi.org/10.15294/kreano.v10i1.18534
Azhar, A. (2011). Media Pembelajaran. Raja Grafindo Persada.
Busyaeri, A., Udin, T., & Zaenudin, A. (2016). Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Mapel IPA di Min Kroya Cirebon. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 3(1), 116–137. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v3i1.584
Chandra, F. H., & Nugroho, Y. W. (2016). Peran Teknologi dalam Flipped Classroom. Jurnal Ilmiah Teknologi Dan Rekayasa, 8(1), 15–20. http://dinatek.stts.edu/pdf/04_2016_8_1/5.Francisca_Haryanti_Chandra.pdf
Fadhli, M. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 24–33.
Farista, R., & Ilham, A. M. (2019). Pengembangan Video Pembelajaran. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, 53(9), 1689–1699.
Hadi, S. (2017). Efektivitas Penggunaan Video Sebagai Media Pembelajaran Untuk Siswa Sekolah Dasar. Prosiding TEP & PDs, Tema: 1 No, 96–102.
Hardianti, H., & Asri, W. K. (2017). Keefektifan Penggunaan Media Video Dalam Keterampilan Menulis Karangan Sederhana Bahasa Jerman Siswa Kelas XII IPA SMA Negeri 11 Makassar. Eralingua: Jurnal Pendidikan Bahasa Asing Dan Sastra, 1(2), 123–130. https://doi.org/10.26858/eralingua.v1i2.4408
Holilah, M. (2016). Kearifan Ekologis Budaya Lokal Masyarakat Adat Cigugur Sebagai Sumber Belajar Ips. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 24(2), 163. https://doi.org/10.17509/jpis.v24i2.1453
Ibrahim, M., Antonenko, P. D., Greenwood, C. M., & Wheeler, D. (2012). Effects of segmenting, signalling, and weeding on learning from educational video. Learning, Media and Technology, 37(3), 220–235. https://doi.org/10.1080/17439884.2011.585993
Melinda, V. A., Degeng, I. N. S., & Kuswandi, D. (2018). Pengembangan Media Video Pembelajaran IPS Berbasis Virtual Field Trip (VFT) Pada Kelas V SDNU Kraton- Kencong. Jinotep (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran) Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 3(2), 158–164. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/um031v3i22017p158
Nurdewanto, B., Sonalitha, E., Rusdijanto, & Sunarwan, A. (2018). Multimedia Learning Untuk Sekolah Dasar. Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Merdeka Malang, 3(2), 14–18. https://doi.org/10.26905/abdimas.v3i2.2587
Pamungkas, A. S., Ihsanudin, I., Novaliyosi, N., & Yandari, I. A. V. (2018). Video Pembelajaran Berbasis Sparkol Videoscribe: Inovasi Pada Perkuliahan Sejarah Matematika. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 127. https://doi.org/10.31000/prima.v2i2.705
Paramandhita, A. (2017). Penerapan Ajaran Tri Hita Karana Pada Anak Usia Dini di TK Dharmayasa Kecamatan Klungkung Kabupaten Klungkung. Jurnal Penelitian Agama Hindu, 1(2), 205–208.
Permana, E. P. (2018). Pengaruh Media Sosial sebagai Sumber Belajar IPS Terhadap Motivasi Belajar, Kemampuan Berpikir Kritis dan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pinus, 4(1), 54–59. https://doi.org/10.29407/pn.v4i1.12431
Qurrotaini, L., Khusnussyifa, N., Sundi, V. H., & Nurmalia, L. (2020). Analisis Faktor Hambatan Penerapan IPS di SD pada Pembelajaran Daring. Seminar Penelitian LPPM UMJ, 1(1), 90–109.
Rey, G. D., & Steib, N. (2013). The personalization effect in multimedia learning: The influence of dialect. Computers in Human Behavior, 29(5), 2022–2028. https://doi.org/10.1016/j.chb.2013.04.003
Riyanto, A. (2020). Penggunaan Video Sebagai Media Tutorial Pembelajaran Terhadap Kemampuan Berceramah Siswa. Jurnal KIBASP (Kajian Bahasa, Sastra Dan Pengajaran), 3(2), 231–238. https://doi.org/https://doi.org/10.31539/kibasp.v3i2.1111
Riyanto, W. D., & Gunarhadi, G. (2017). The Effectiveness of Interactive Multimedia in Mathematic Learning: Utilizing Power Points for Students with Learning Disability. IJPTE : International Journal of Pedagogy and Teacher Education, 1(1), 55–63. https://doi.org/10.20961/ijpte.v1i1.8400
Rozie, F. (2018). Persepsi Guru Sekolah Dasar Tentang Penggunaan Media Pembelajaran Sebagai Alat Bantu Pencapaian Tujuan Pembelajaran. Widyagogik, 5(2), 1–12. https://doi.org/https://doi.org/10.21107/widyagogik.v5i2.3863
Sudarma, I. K., Tegeh, I. M., & Prabawa, D. G. A. P. (2015). Desain Pesan Kajian Analisis Desain Visual Teks dan Image. Graha Ilmu.
Suharwati, S. I., & Rahman, A. M. (2018). Menumbuhkan Karakter Cinta Lingkungan dalam Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar Melalui Outdoor Study. Prosiding Seminar, 53(9), 253–260.
Supriyono. (2018). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD. Edustream: Jurnal Pendidikan Dasar, II(1), 43–48. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpd/article/view/6262
Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan the Role of Instructional Media To Improving. Komunikasi Pendidikan, 2(2), 105.
Wahida, S. N., Ramly, & Halim, M. (2019). Perbedaan Hasil Belajar IPS Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) Dan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together (NHT) Ditinjau Dari Kreativitas Belajar Siswa Kelas VIII SMPN 2 Raha. Jurnal Wahana Kajian Pendidikan IPS, 3(1), 42–48. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33772/jwkp-ips.v3i1.7935
Wisada, P. D., Sudarma, I. K., & Yuda S, A. I. W. I. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran Berorientasi Pendidikan Karakter. Journal of Education Technology, 3(3), 140. https://doi.org/10.23887/jet.v3i3.21735
Yulianingsih, W., Suhanadji, S., Nugroho, R., & Mustakim, M. (2020). Keterlibatan Orangtua dalam Pendampingan Belajar Anak selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1138–1150. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.740
Yunita, N. K. D., & Tristiantari, N. K. D. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT Berbasis Kearifan Lokal Tri Hita Karana Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia, 1(2), 96. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jpmu.v1i2.20778
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)