Buku Ajar Berbasis Masalah untuk Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektonika di SMK
DOI:
https://doi.org/10.23887/jp2.v4i1.32394Keywords:
buku ajar, berbasis masalah, 4dAbstract
Masih rendahnya keterampilan pemecahan masalah di kalangan siswa SMK. Salah satu solusi yang ditawarkan adalah melalukan inovasi dalam bahan ajar yang akan diberikan ke siswa. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku ajar Berbasis masalah pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika untuk siswa Kelas X Jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik yang valid, praktis, efektif. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan menggunakan model 4-D yang terdiri dari tahap pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (development) dan penyebaran (dessiminate). Tahap define dilakukan analisis kurikulum, analisis materi, dan analisis siswa. Tahap design dilakukan perancangan terhadap buku pembelajaran. Tahap development dilakukan uji validitas melalui lembar validasi buku pembelajaran, uji praktikalitas melalui lembar observasi, angket respon guru dan siswa, uji efektivitas diperoleh dari penilaian hasil belajar. Tahap dessiminate dilakukan penyebaran buku. Buku berbasis masalah termasuk kategori valid ditinjau dari aspek didaktik, konstruk, dan teknis. Buku siswa mata pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika berbasis masalah termasuk kategori praktis ditinjau dari aspek penggunaan, penyajian, dan waktu. Buku siswa mata pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika berbasis masalah termasuk kategori sangat efektif ditinjau dari aspek motivasi dan hasil belajar siswa. Dengan demikian Buku Berbasis masalah dinyatakan valid, praktis, dan efektif meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa SMK.
References
Afrahamiryano, & Ariani, D. (2017). Analisis Validitas Buku Ajar Untuk Sistem Perkuliahan E-Learning Pada Mata Kuliah Kimia Dasar Di Fkip Ummy Solok. Jurnal Eksakta Pendidikan (Jep), 1(2), 104. https://doi.org/10.24036/jep.v1i2.55.
Ali, D., Syarifudin, M., & Bakhtiar, N. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri 028 Rimbo Panjang Kecamatan Tambang. Instructional Development Journal, 3(1), 1. https://doi.org/10.24014/idj.v3i1.8631.
Anjarsari, E. (2019). Faktor permasalahan pendekatan saintifik 5M dalam pembelajaran Matematika di SMA. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 1(1), 12. https://doi.org/10.30736/vj.v1i1.88.
Anori, S., & Putra, A. (2013). Pengaruh Penggunaan Buku Ajar Elektronik Dalam Model Pembelajaran Langsung Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Sman 1 Lubuk Alung. Pillar of Physics Education, 1(April), 104–111.
Devi, N. L. H. Y., Rasana, I. D. P. R., & Suwatra, I. I. W. (2014). Pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap motivasi belajar ipa siswa kelas V SD di gugus I kecamatan Buleleng. Mimbar Pgsd, 2(1), 1–10. http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/4349.
Dewi, A., Dewi, L., Setiawati, L., Studi, P., Pendidikan, T., Pendidikan, F. I., & Indonesia, U. P. (2018). Efektivitas Penggunaan Media Gambar Karikatur Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah. Edutcehnologia, 2(1), 1–12.
Emmawita. (2018). Penggunaan Metode Pemberian Contoh Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Menguasai Materi Pembelajaran Matematika dan Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmu Pendidikan Sosial, Sains, Dan Humaniora, 4(2), 633–638.
Farda, U. J., Binadja, A., & Purwanti, E. (2016). Validitas Pengembangan Bahan Ajar Ipa Bervisi Sets. Journal of Primary Education, 5(1), 36–41. https://doi.org/10.15294/jpe.v5i1.12890.
Firdaus, L. (2017). Validasi Buku Ajar Ekologi Berbasis Kearifan Lokal Untuk Mengembangkan Sikap Ilmiah Mahasiswa. November. https://doi.org/10.31227/osf.io/zjtg7.
Ginita, S., Kamus, Z., & Gusnedi. (2018). Analisis Validitas, Praktikalitas, dan Efektivitas Pengembangan Bahan Ajar Terintegrasi Konten Kecerdasan Spiritual Pada Materi Fisika tentang Vektor dan Gerak Lurus. Pillar of Physics Education, 11(2), 153–160.
Juliawan, G. A., Mahadewi, L. P. P., & Rati, N. W. (2014). Pengaruh model problem based learning (PBL) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas III. Mimbar Pgsd, 5(2), 1–10. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i2.471.
Junaidi, N. S., & Asra, A. (2019). Pengembangan Buku Ajar Fisika Dasar Berbasis Pictorial Riddle untuk Mahasiswa Pendidikan Biologi. Diffraction, 1(2), 8–13. https://doi.org/10.37058/diffraction.v1i2.1215.
Khotimah, K., & Suprianto, B. (2017). Pengembangan buku ajar siswa programmable logic controller berbasis problem based learning di Smk Kal-1 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 6(3), 393–399.
Kusumawardani, W., Ramli, M., & Muzzazinah. (2020). Validitas buku ilmiah populer penyu untuk siswa SMA kawasan pesisir. Jurnal Bioedukatika, 8(2), 79–90.
Lestari, I. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Akademia Permata.
Monica. (2010). Pengaruh warna, tipografi, dan layout pada situs. Humaniora, 1(2), 459–468.
Nurhadi. (2004). Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK. Universitas Negeri Malang.
Nurhidayati, S., Tayeb, T., Masalah, B., & Penalaran, K. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Masalah Untuk Memfasilitasi Pencapaian Kemampuan Penalaran Pada Pokok Bahasan Perbandingan Kelas VII MTSN Model Makassar. Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 5(2), 236–250.
Nurjannah. (2018). Pengaruh Media Gambar Terhadap Motivasi Belajar Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas Iii Sdn Pasi Pinang. Bina Gogik, 5(1), 71–78.
Prastiwi, M. D. (2016). Kemampuan Pemecahan Masalah pada Siswa Kelas VII SMP. E-Journal Pensa, 6(2), 98–103.
Ramlawati, Yunus, S. R., & Insani, A. (2017). Pengaruh Model PBL (Problem Based Learning) terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPA Peserta Didik. Jurnal Sainsmat, 6(1), 1–14. http://ojs.unm.ac.id/sainsmat/article/download/6451/3684.
Suartini, N. L. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika, 3(2), 140–154. https://doi.org/10.37329/cetta.v3i2.446.
Sukmawati, A., & Sari, M. (2015). Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah pada Pemecahan Masalah MAtematika di Kelas VIII SMP. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1). https://doi.org/10.20527/edumat.v3i1.632.
Sumirat, Y. C. (2018). Pentingnya Pendidikan Kejuruan Berorientasi Pasar Tenaga Kerja. Seminar Nasional Pendidkan Otomotif, 22.
Susiyani, D. Della, & Rijanto, T. (2016). Pengembangan Buku Siswa pada Mata Pelajaran Teknik Elektronika Dasar Kelas X TAV di SMK Negeri 1 Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 05(03), 997–1003. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-teknik-elektro/article/view/17079.
Tomas, & Prasetyo, T. (2020). Pengaruh Penggunaan Model Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Motivasi Belajar Matematika Pada Siswa Kelas 4 Sd. JPPGuseda | Jurnal Pendidikan & Pengajaran Guru Sekolah Dasar, 3(1), 13–18. https://doi.org/10.33751/jppguseda.v3i1.1919.
Trianto. (2012). Mendesain Model Pemebelajaran Inovatif-Progresif (P. M. Group (ed.)).
Wahyudi, B. S., Hariyadi, S., & Hariani, S. A. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Model Problem Based Learning Pada Pokok Bahasan Pencemaran Lingkungan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri Grujugan Bondowoso. Pancaran, 3(3), 83–92.
Wheeler, S., Kelly, P., & Gale, K. (2005). The influence of online problem-based learning on teachers’ professional practice and identity. Alt-J, 13(2), 125–137. https://doi.org/10.1080/09687760500104088.
Yoo, M. S., & Park, J. H. (2014). Effect of case-based learning on the development of graduate nurses’ problem-solving ability. Nurse Education Today, 34(1), 47–51. https://doi.org/10.1016/j.nedt.2013.02.014.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)