Kelayakan Media Komik Berorientasi Pendekatan Konstruktivisme Muatan IPA Daur Hidup Hewan di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.23887/jp2.v4i1.32534Abstract
Penelitian pengembangan ini dilaksanakan berdasarkan kurangnya minat siswa dalam membaca buku teks pelajaran sehingga telah berdampak pada belum optimalnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan menguji validitas dan kelayakan media komik berorientasi pendekatan konstruktivisme muatan IPA daur hidup hewan di sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dan komik dikembangkan menggunakan model ADDIE (anlyse, design, depelopment, implementation, evaluation). Data dikumpulkan menggunakan metode wawancara, kuisioner, pencatatan dokumen. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil pengujian menunjukkan bahwa media komik berorientasi pendekatan konstruktivisme memiliki validitas yang sangat baik pada aspek isi dan media pembelajaran dengan persentase yang diperoleh 90,00% dan 92,50% sedangkan aspek desain pembelajaran memiliki validitas yang baik dengan persentase yang diperoleh 87,50%. Pada tahap uji kelayakan melalui kelompok kecil diperoleh 90,36% dengan kualifikasi sangat baik. Berdasarkan hasil pengujian, dapat disimpulkan bahwa media komik berorientasi pendekatan konstruktivisme muatan IPA daur hidup hewan valid dari aspek isi, media, dan desain pembelajaran serta layak digunakan dalam pembelajaran.
References
Agung, A. A. . (2014). Buku Ajar Metodelogi Penelitian Pendidikan. Aditya Media Publishing.
Ambaryani. (2017). Pengembangan Media Komik Untuk Efektifitas dan Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi, 3(1), 19–28.
Andriyani, F. (2019). Pengaruh Media Komik Berwarna terhadap Hasil Belajar IPA Siswa. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 2(3), 341.
Anesia, R. (2018). Pengembangan Media Komik Berbasis Android Pada Pokok Bahasan Gerak Lurus. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 01(1), 53–57.
Aprilia, A., Zuliani, R., Rini, C. P., & Unaenah, E. (2020). Pengembangan Lks Berbasis Kontekstual Pada Mata Pelajaran Ipa Siswa Kelas Iv Sdn Pondok Pucung 01 Kota Tangerang Selatan. Indonesian Journal of Elementary Education, 2(1), 52–61.
Arianti. (2019). Urgensi Lingkungan Belajar Yang Kondusif Dalam Mendorong Siswa Belajar Aktif. Didaktika Jurnal Kependidikan, 11(1), 41.
Artawan, G. (2017). Pengaruh Pendekatan Konstruktivisme Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Teks Biografi. Journal of Education Research and Evaluation, 1(4), 217.
Artawan, G., & Setiawan, D. G. Y. (2017). Pengaruh Pendekatan Konstruktivisme Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Teks Biografi. Journal of Education Research and Evaluation, 1(4), 217. https://doi.org/10.23887/jere.v1i4.12151
Azizi, M. (2018). Kontribusi Pengembangan Media Komik IPA Bermuatan Karakter Pada Materi Sumber Daya Alam Untuk Siswa MI/SD. Al-Bidayah : Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 9(2), 75.
Bafaqih, K. (2015). Pengembangan Media Komik Pendidikan Untuk Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV Semester Genap Jembrana Kabupaten Jembrana. Journal Edutech Universitas Pendidikan Ganesha, 3.
Budiarti, W. N., & Haryanto, H. (2016). Pengembangan Media Komik Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas Iv. Jurnal Prima Edukasia, 4(2), 233. https://doi.org/10.21831/jpe.v4i2.6295
Febriani, M. (2020). IPS Dalam Pendekatan Konstruktivisme (Studi Kasus Budaya Melayu Jambi). Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 06(01), 89–95.
Handayani, P. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Buku Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Minat Membaca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 994–1003.
Hermawanti, O. (2019). Pengembangan Media Komik Edukasi Berbasis Powerpoint Tema Bumi Dan Alam Semesta Pada Muatan Bahasa Indonesia Kelas III SDN Karangayu 03. Universitas Negeri Semarang.
Ideswal. (2019). Kontribusi Iklim Sekolah dan Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(2), 524–532.
Indaryati, J. (2015). Pengembangan Media Komik Pembelajaran Matematika Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Siswa Kelas V. Jurnal Prima Edukasia, 3(1), 84–96.
Isdayanti. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Adobe Flash pada Materi Daur Hidup Hewan. JIPP (Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran), 4(2), 390–406.
Jayanti, M. D. (2017). Pengaruh Penguasaan Kosa Kata Dan Pemahaman Bacaan Terhadap Keterampilan Menulis Narasi. Journal, 2(2), 204–214. https://doi.org/https://doi.org/10.32528/bb.v2i2.831
Juwati. (2017). Pengembangan Media Komik Bahan Ajar IPA Terpadu Kelas VIII SMP Negeri 3 Sarolangun. Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 4.
Khafid, S. (2019). Pengembangan Desain Pembelajaran Geografi dengan Pendekatan Konstruktivistik. Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial, 5(1), 01.
Khasanah, N. (2021). Pengembangan Media Komik Dengan Model Problem Based Learning Pada Materi Daur Hidup Hewan Kelas IV. Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 25–35.
Kurniawati, T. (2019). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Terhahap Kinerja Guru (Madrasah Aliyah Bahrul Ulum Desa Air Emas Kecamata Singingi). JOM FTK UNIKS, 1, 1–11.
Larasanty, N. K. P. I. (2020). Meningkatkan Kompetensi Pengetahuan IPA Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Predict Observe Explain Berbasis Berpikir Kreatif. Mimbar Ilmu, 25(Vol 25, No 3 (2020)), 391–400.
Martina, K. (2018). Pengembangan Media Strip Comic Dengan Model Addie Pada Mata Pelajaran IPA Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas V. Jurnal Edutech Undiksha, 6, 246–255.
Monica. (2010). Pengaruh Warna, Tipografi, dan Layout pada Situs. Humaniora, 1(2), 459–468.
Nagmoti, J. M. (2017). Departing from PowerPoint default mode: Applying Mayer’s multimedia principles for enhanced learning of parasitology. Indian Journal of Medical Microbiology, 35(2), 199–203. https://doi.org/10.4103/ijmm.IJMM_16_251
Nugraha, D. A. (2020). Pembelajaran, Pengembangan Komik Kimia Sebagai Media (Chemo-Edutainment), Berbasis CET. Journal of Chemistry In Education, 9(2252).
Prihanto, D. A. (2018). Pengembangan Media Komik Matematika Pada Materi Pecahan Untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(1), 79–90.
Putra, A. (2021). Systematic Literature Review: Media Komik dalam Pembelajaran Matematika. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 30–43.
Putrayasa, I. B. (2013). Penelusuran Miskonsepsi Dalam Pembelajaran Tata Kalimat Dengan Pendekatan Konstruktivisme Berbasis Inkuiri Pada Siswa Kelas I SMP Laboratorium Undiksha Singaraja. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 2(2), 236–243.
Rohati. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Matematika Berbasis Problem Based Learning dengan Manga Studio V05 dan Geogebra Development of Mathematics Comics Media Based on Problem Based Learning with Manga Studio V05 and Geogebra. Jurnal Edumatica, 08, 81–91.
Rohman, T. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Materi Penjumlahan Pecahan dengan Pendekatan Konstruktivisme. Jurnal Kependidikan MI, 1–9.
Sadagheyani, H. E., Tatari, F., Raoufian, H., Salimi, P., & Gazerani, A. (2020). The effect of multimedia-based education on students’ anger management skill. Educacion Medica, xx, 1–7. https://doi.org/10.1016/j.edumed.2020.09.020
Saputro, H. B. (2015). Pengembangan Media Komik Berbasis Pendidikan Karakter Pada Pembelajaran Tematik-Integratif Kelas IV SD. Jurnal Prima Edukasia, 3.
Simbolon, R. (2012). Media Pembelajaran Berbasis Komik Dalam Tema Peduli Terhadap Makhluk Hidup. Jurnal Tematik, 10, 136–141.
Suartama, I. . (2016). Bahan Ajar: Evaluasi dan Kriteria Kualitas Multimedia Pembelajaran. Undiksha.
Suoth, L. (2019). Peningkatan Keterampilan Nenulis Puisi Bebas Melalui Pendekatan Konstruktivisme. Journal of Education Technology, 2(1), 35.
Tegeh, dkk. (2014). Model Penelitian Pengembangan. Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidiakn Universitas Pendidikan Ganesha.
Utariyanti, I. F. Z. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komik Dalam Materi Sistem Pernapasan pada Siswa Kelas VIII MTs Muhammadiyah 1 Malang. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 1(3), 2442–3750.
Wahyuningsih, A. N. (2012). Pengembangan Media Komik Bergambar Materi Sistem Saraf Untuk Pembelajaran Yang Menggunakan Strategi Pq4R. Journal of Innovative Science Education, 1(1), 102–110.
Widyawati, A. (2015). Pengembangan Media Komik IPA Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Karakter Peserta Didik SMP. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 1(1), 24.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)