Meta Analisis Komparasi Efektivitas Model Pembelajaran Jigsaw dan Two Stay Two Stray (TSTS) Ditinjau dari Hasil Belajar Pembelajaran Tematik Siswa SD
DOI:
https://doi.org/10.23887/jp2.v4i1.33251Abstract
Proses pembelajaran yang masih di dominasi oleh guru yang bersifat konvensional menyebabkan rendahnya hasil belajar tematik siswa SD karena siswa kurang memahami materi dan kurang termotivasi pada saat proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menguji komparasi efektivitas model pembelajaran Jigsaw dan Two Stay Two Stray untuk meningkatkan hasil belajar siswa SD dari penelitian eksperimen yang dipublikasikan menggunakan metode meta-analisis. Teknik pengumpulan data dengan mencari jurnal yang relevan dengan judul agar lebih mudah untuk mengumpulkan data yang diperlukan. Berdasarkan penelusuran diperoleh 16 jurnal yang sesuai dengan judul penelitian. Teknik analisis data menggunakan metode kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis terbukti bahwa model pembelajaran jigsaw dan Two Stay Two Stray (TSTS) dapat meningkatkan hasil belajar pembelajaran tematik siswa SD. Dilihat dari hasil analisis menggunakan uji ancova diperoleh hasil rata-rata nilai Posstest menggunakan model pembelajaran jigsaw sebesar 79,5450 dan peningkatan hasil belajar sebesar 23,59, sedangkan model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) mendapatkan hasil skor posttest sebesar 79,5588 dan peningkatan hasil belajar sebesar 28,835. Sedangkan pada uji efek size dilihat dari Partial Eta Squared menunjukkan hasil 0,423 dan nilai signifikasinya yaitu sebesar 0,042. Dari hasil uji efek size menunjukkan bahwa model pembelajaran Jigsaw dan Two Stay Two Stray (TSTS) berpengaruh sedang terhadap hasil belajar pembelajaran tematik siswa SD.References
Alfaris, A. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw Terhadap Prestasi Belajar Menggambar Bentuk di SMA Negeri 3 Tuban. Jurnal Pendidikan Seni Rupa, 2(3), 117–127. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/va/article/view/9900/9694
Almukarram, Sarong, M. A., & Apriana, E. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis pada Konsep Pencemaran Lingkungan di SMA Negeri 12 Banda Aceh. BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi Dan Kependidikan, 4(1), 8. https://doi.org/10.22373/biotik.v4i1.1066
Angela, T. (2014). Challenges to Meaningful Learning in Social Studies – The Key Competences as an Opportunity to Students’ Active Participation. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 128, 192–197. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.03.142
Darmawan, W., & Harjono, N. (2020). Efektivitas Problem Based Learning dan Two Stay Two Stray dalam Pencapaian Hasil Belajar. Jurnal Basicedu, 4(2), 402–411. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.364
Dewa, A. P. S. (2019). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar IPA Pada Siswa Kelas VI SD Negeri 3 Penatih. Vidya Wertta, 2(2), 192–202. https://ejournal.unhi.ac.id/index.php/vidyawertta/article/download/399/322
Diarsa, I. P., Murda, I. N., & Dharmayanti, P. A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Berbantuan Media Visual Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 1(2), 94. https://doi.org/10.23887/jp2.v1i2.19333
Fadliyani, F., Muhibbuddin, M., & Sarong, M. A. (2018). Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Konsep Sistem Pencernaan Makanan Manusia Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA Negeri 1 Sakti Kabupaten Pidie. BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi Dan Kependidikan, 2(1), 17. https://doi.org/10.22373/biotik.v2i1.230
Hamdi, R., Jamal, M. A., & An’nur, S. (2014). Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 2(3), 265. https://doi.org/10.20527/bipf.v2i3.890
Hendrawan, K., Pudjawan, K., & Wibawa, I. M. C. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas III di SD Gugus VIII Kecamatan Buleleng Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 5(2), 1–10. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/download/11014/7065
Irwandani, & Rofiah, S. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Generatif Terhadap Pemahaman Konsep Fisika Pokok Bahasan Bunyi Peserta Didik MTs Al-Hikmah Bandar Lampung. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 4(2), 165. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v4i2.90
Kartika, M. D., Santyasa, W., & Warpala, W. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Pemahaman Konsep Fisika Dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. E- Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 4(1). https://media.neliti.com/media/publications/207142-pengaruh-model-pembelajaran-berbasis-mas.pdf
Kostiainen, E., Ukskoski, T., Ruohotie-Lyhty, M., Kauppinen, M., Kainulainen, J., & Mäkinen, T. (2018). Meaningful learning in teacher education. Teaching and Teacher Education, 71, 66–77. https://doi.org/10.1016/j.tate.2017.12.009
Kurnia, V. T., Damayani, A. T., & Kiswoyo, K. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran Number Head Together (NHT) Berbantu Media Puzzle Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(2), 192. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i2.17772
Kurniawati, K. R. A., Budiyono, & Saputro, D. R. S. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dan Numbered Heads Together Ditinjau Dari Kecerdasan Interpersonal Siswa Pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1). https://doi.org/10.22342/jpm.11.1.3948.15-28
Marfuah, M. (2017). Improving Students’ Communications Skills Through Cooperative Learning Models Type Jigsaw. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 26(2), 148. https://doi.org/10.17509/jpis.v26i2.8313
Maya, K. S. (2014). Pengaruh Metode Kooperatif Jigsaw Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas III. Premiere Educandum, 4(2), 133–147. http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/PE/article/view/313/285
Mesah, D. B., Wahyuni, S., & Liliek, T. (2015). Penerapan cooperative learning two stay two stray untuk meningkatan hasil belajar dan keaktifan siswa SMA. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 1(1), 227–238. https://doi.org/10.22219/jinop.v1i1.2441
Muliandari, P. T. V. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT ( Numbered Head Together ) Terhadap Hasil Belajar Matematika. International Journal Of Elementari Education, 3(2), 132–140. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/ijee.v3i2.18517
Nopridayanti. (2018). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Peserta Didik Kelas Iv Sd Negeri 003 Beringin Taluk Kecamatan Kuatan Tengah Kabupaten Kuatan Singingi. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 2(5), 761. https://doi.org/10.33578/pjr.v2i5.6125
Nurdiansyah, A., & Setuju. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. E-Jurnal Mitra Sains, 4(2), 54–61. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30738/jtv.v4i1.373
Nurhusain, M. (2017). Impact Analysis of Cooperative Learning Model Application Type Two Stay Two Stray (Tsts) Toward Learning Outcomes of Mathematics. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 2(2), 46. https://doi.org/10.26737/jpmi.v2i2.220
Sari, E. N., Nilawarni, R., & Heryanti, E. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Two Stay Two Stray (TSTS) terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa. Biosfer: Jurnal Pendidikan Biologi, 7(1), 25–29. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/biosferjpb.7-1.4
Shoffa, S., & Suprapti, E. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Metode Numerik dengan Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 2(2), 178–188. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/matematika/article/view/736
Sofian. (2017). Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Pkn Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray pada Siswa Kelas IV SD Negeri 007 Pusaran. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 1(2), 264. https://doi.org/10.33578/pjr.v1i2.4597
Sunbanu, H. F., Mawardi, M., & Wardani, K. W. (2019). Peningkatan Keterampilan Kolaborasi Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Two Stay Two Stray Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(4), 2037–2041. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i4.260
Thomas, P., & Setiaji, K. (2014). E-Learning Dengan Pendekatan Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Mahasiswa. Dinamika Pendidikan Unnes, 9(1), 21–40. https://doi.org/10.15294/dp.v9i1.3353
Wati, M., & Anggraini, W. (2019). Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw: Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(1), 98–106. https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i1.3976
Zairmi, U., Fitria, Y., & Amini, R. (2019). Penggunaan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(4), 1031–1037. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/221
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)