Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Higher Order Thingking Skill (HOTS) Pada Pembelajaran IPA Materi Ekosistem Kelas V

Authors

  • Nur Nadifatinisa Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA
  • Prima Mutia Sari Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.HAMKA

DOI:

https://doi.org/10.23887/jp2.v4i2.37574

Keywords:

LKPD, HOTS, Pembelajaran IPA

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan analisis terhadap guru yang kesulitan mengembangkan LKPD sehingga membuat peserta didik tidak dapat belajar mandiri serta tidak berpikir kritis. Penelitian ini bertujuan untuk menguji kelayakan LKPD berbasis HOTS menggunakan Liveworksheet pada Pembelajaran IPA materi ekosistem Kelas V sekolah dasar,. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dan model yang diadaptasi dari model pengembangan ADDIE. Data yang dikumpulkan adalah data kualitatif dan kuantitatif dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan angket. Subjek validasi penelitian ini adalah 3 orang pakar yaitu ahli materi, ahli media, guru. 23 siswa kelas V pada tahap uji coba. Berdasarkan hasil review dari ahli materi diperoleh persentase  82.40% dengan predikat sangat baik, selanjutnya hasil validasi oleh ahli media diperoleh persentase 85.00% dengan predikat sangat baik dan hasil uji kelayakan oleh guru diperoleh persentase 90.67% dengan predikat sangat baik. Uji coba dilakukan pada kelas V diperoleh hasil persentase kualitas LKPD berbasis HOTS sebesar 89.27% dengan predikat sangat baik. Berdasarkan hasil data yang diperoleh menunjukkan bahwa Pengembangan LKPD berbasis HOTS menggunakan Live worksheet pada Pembelajaran IPA Materi Ekosistem layak digunakan sebagai sumber belajar peserta didik kelas V di Sekolah Dasar.

References

Aditama, H. S., Zainuddin, M., & Bintartik, L. (2019). Pengembangan LKPD Berbasis HOTS pada Pembelajaran Matematika Materi Volume Bangun Ruang Kelas V SDN Sentul 1. Wahana Sekolah Dasar; Vol 27, No 2 (2019), 27(2), 29–35. http://journal2.um.ac.id/index.php/wsd/article/view/12471.

Andel, S. A., de Vreede, T., Spector, P. E., Padmanabhan, B., Singh, V. K., & Vreede, G. J. de. (2020). Do social features help in video-centric online learning platforms? A social presence perspective. Computers in Human Behavior, 113(April), 106505. https://doi.org/10.1016/j.chb.2020.106505.

Carroll, K. A., & Harris, C. M. (2020). Using a Repetitive Instructional Intervention to Improve Students’ Higher-Order Thinking Skills. College Teaching, 69(2), 82–90. https://doi.org/10.1080/87567555.2020.1823310.

Datuk, A., & Arifin, A. (2020). Tantangan Dunia Pendidikan di Nusa Tenggara Timur dalam Menyikapi Era Disrupsi & Era New Normal. Prosiding Seminar Nasional IKIP …, 1(91), 563–572. https://doi.org/10.33503/prosiding.v1i01.1067.

Diella, D., & Ardiansyah, R. (2019). Pelatihan Pengembangan LKPD berbasis Keterampilan Proses Sains Dan Instrumen Asesmen KPS Bagi Guru IPA. Publikasi Pendidikan, 9(1), 7. https://doi.org/10.26858/publikan.v9i1.6855.

Dong, C., Cao, S., & Li, H. (2020). Young children’s online learning during COVID-19 pandemic: Chinese parents’ beliefs and attitudes. Children and Youth Services Review, 118(August), 105440. https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2020.105440.

Fanani, A., & Kusmaharti, D. (2014). Pengembangan Pembelajaran Berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skill) di Sekolah Dasar Kelas V. Jurnal Penndidikan Dasar, 1(9), 1–11. https://doi.org/10.21009/10.21009/JPD.081.

Hwang, G. J., Wang, S. Y., & Lai, C. L. (2020). Effects of a social regulation-based online learning framework on students’ learning achievements and behaviors in mathematics. Computers and Education, 160, 104031. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2020.104031.

Khairunisa, U., Azis, Z., & Sembiring, M. B. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Dengan Model Problem Based Learning Berbasis. 6(1), 56–61. https://doi.org/10.21831/pg.v15i2.36444.

Khikmiyah, F., & Gresik, U. M. (2021). Implementasi Web Live Worksheet Berbasis Problem Based Learning Dalam Pembelajaran. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 6, 1–12. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v6i1.1193.

Lathifah, M. F., Hidayati, B. N., & Zulandri, Z. (2021). Efektifitas LKPD Elektronik sebagai Media Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19 untuk Guru di YPI Bidayatul Hidayah Ampenan. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(2), 0–5. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v4i2.668.

Marsa, Hala, Y., & Taiyeb, A. M. (2016). Pengaruh Penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Pendekatan Ilmiah Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Biologi Kelas VII Peserta Didik SMP Negeri 2 Watampone. Jurnal Sainsmat, 5(1), 42–57. https://doi.org/10.35580/sainsmat5130482016.

Muzayyanah, A., Wijayanti, A., & Ardiyanto, A. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Tematik Berbasis HOTS (Higher Order Thingking Skill) Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pijar Mipa, 15. https://doi.org/10.29303/jpm.v15i5.1712.

Noprinda, C. T., & Soleh, S. M. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Higher Order Thingking Skill (HOTS)Development Of Student Worksheet Based On Higher Order Thingking Skill (HOTS). Indonesia Journal of Science and Mathematics Education, 02(2), 168–176. https://doi.org/https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i2.4342.

Nurjanah, L. A., Arcana, I. N., & Rhosyida, N. (2019). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik Berbasis Higher Order Thinking Skills Pada Materi Skala Kelas V Sekolah Dasar. TRIHAYU: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 5(3). https://doi.org/10.30738/trihayu.v5i3.6117.

Pratiwi, K., Lukitasari, M., Yuhanna, W. L., Studi, P., & Biologi, P. (2020). Pengembangan lks berbasis high order thinking skills (hots) dengan jumping task (jt) pada materi daur biogeokimia sma kelas x. Prosiding Seminar Nasional SIMBIOSIS, 5(2013), 48–56. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/simbiosis/article/view/1744.

Purwasi, L. A., & Fitriyana, N. (2020). Pengembangan lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Higher Order Thingking Skill (HOTS) Pendidikan Matematika STKIP PGRI Lubuklinggau , Indonesia. 9(4), 894–908. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i4.3172.

Putria, H., Maula, L. H., & Uswatun, D. A. (2020). Analisis Proses Pembelajaran dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi Covid- 19 Pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 861–870. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.460.

Rahayu, S., Ladamay, I., Wiyono, B. B., Susanti, R. H., & Purwito, N. R. (2021). Electronics Student Worksheet Based on Higher Order Thinking Skills for Grade IV Elementary School. International Journal of Elementary Education, 5(2), 453. https://doi.org/10.23887/ijee.v5i3.36518.

Rahayuningsih, D. I. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Dengan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ips Bagi Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 4(2), 726. https://doi.org/10.26740/jrpd.v4n2.p726-733.

Rahmawati, L. H., & Wulandari, S. S. (2020). Pengembangan lembar kegiatan peserta didik berbasis pendekatan saintifik pada mata pelajaran administrasi umum di kelas x otkp 1 smk negeri 1 tuban. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3), 504–515.

Rukmanasari, M. (2019). Pengembangan Soal HOTS ( Higher Order Thinking Skills) Berdasarkan Tingkatan Berpikir Marzano. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 10. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/JPAPUNESA/article/view/31237.

Rusli, R., Rahman, A., & Abdullah, H. (2020). Student perception data on online learning using heutagogy approach in the Faculty of Mathematics and Natural Sciences of Universitas Negeri Makassar, Indonesia. Data in Brief, 29, 105152. https://doi.org/10.1016/j.dib.2020.105152.

Sari, N. M., Pamungkas, A. S., & Alamsyah, T. P. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Matematika Berorientasi Higher Order Thinking Skills Di Sekolah Dasar. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 4(2), 106–123. https://doi.org/10.35706/sjme.v4i2.3406.

Suryani, I., Mardiati, Y., & Herlanti, Y. (2019). Pengaruh Penggunaan Lembar Kerja Siswa (Lks) Berbasis Kontekstual Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Sistem Gerak Manusia. Edusains, 8(2), 150–156. https://doi.org/10.15408/es.v8i2.1823.

Sutarti, T., & Irawan, E. (2017). Kiat Sukses Meraih Hibah Penelitian Pengembangan (Mulyadi (ed.); 1st ed.). DEEPUBLISH (Grup Penerbitan CV Budi Utama).

Umbaryati. (2018). Pentingnya LKPD pada Pendekatan Scientific Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1(1), 217–225. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/21473.

Vidergor, H. E. (2018). Effectiveness of the multidimensional curriculum model in developing higher-order thinking skills in elementary and secondary students. Curriculum Journal, 29(1), 95–115. https://doi.org/10.1080/09585176.2017.1318771.

Widodo, S. (2017). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) berbasis Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Keterampilan Penyelesaian Masalah Lingkungan Sekitar Peserta Didik di Sekolah Dasar. JPIS Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 26(2), 189–204. https://ejournal.upi.edu/index.php/jpis/article/download/2270.

Yuangga, K. D., & Sunarsi, D. (2020). Pengembangan Media dan Strategi Pembelajaran untuk Mengatasi Permasalahan pembelajaran Jarak Jauh di Pandemi Covid-19. ( Kharisma Dan Denok, 2020 ), 4(3), 51–58. https://doi.org/10.24114/jgk.v4i3.19472.

Downloads

Published

2021-08-07

How to Cite

Nadifatinisa, N., & Sari, P. M. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Higher Order Thingking Skill (HOTS) Pada Pembelajaran IPA Materi Ekosistem Kelas V. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(2), 344–351. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i2.37574

Issue

Section

Articles