Meningkatkan Kemampuan Menyunting Paragraf Deskripsi dengan Metode Inkuiri Pada Siswa Kelas VII
DOI:
https://doi.org/10.23887/jp2.v5i2.45963Keywords:
paragraf deskripsi, metode inkuiriAbstract
Keterampilan menyimak, keterampilan berbicara, keterampilan membaca, dan keterampilan menulis adalah suatu keterampilan berbahasa yang harus dimiliki dan dikuasai oleh peserta didik di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan tentang kemampuan peserta didik menganalisis paragraf deskripsi menngunakan metode inkuiri, menggambarkan jalan yang jelas pada pemakaian metode inkuiri, serta menggambarkan komentar peserta didik pada pemakaian metode inkuiri. Yang menjadi sasaran penelitian ini ialah guru dan seserta didik yaitu kelas VII berjumlah 24 orang. Bertujuan meningkatkan hasil, langkah-langkah penggunaan metode inkuiri serta memperhatikan komentar peserta didik dengan penggunan metode inkuiri pada menyuntingan paragraf deskripsi. Metode yang dipakai pada penelitian ini ialah observasi dengan menggunakan angket/kuisioner serta tes. Dengan menggunakan analisis teknik deskriptif kualitatif serta deskriptif kuntitatif. Penelitian ini menghasilkan, sebagai berikut: peserta didik dapat menyunting paragraph deskriptif dengan metode inkuiri secara signifikan ada kenaikan, peserta didik dapat menyuntik paragraph deskriptif dengan memilih 11 macam tahapan penggunaan inkuiri. Hal tersebut dapat memotivasi siswa untuk giat bekerja dan belajar dengan berpikir berdasarkan kemauan, serta menumbuhkan rasa jujur, objektif, terbuka dalam menyunting parafraf deskriptif. Komentar yang diberikan peserta didik sangat baik atau positif pada penggunaan metode inkuiri pada pembelajaran di kelas dengan materi menyunting paragraf deskripsi. Dapat disimpulkan bahwa peserta didik memberikan komentar posiif dalam penggunaan metode inkuiri.
References
Bawamenewi, A. (2018). Kemampuan Menulis Puisi Bebas dengan Menerapkan Metode Inkuiri terhadap Siswa SMP Negeri 3 Gunungsitoli. Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 3(2), 333–338. https://doi.org/10.32696/ojs.v3i2.180. DOI: https://doi.org/10.32696/ojs.v3i2.180
Br Sinulingga, S. H., Jaria, J., & Barus, E. (2019). Development of Animation-Based Teaching Material on Explanation Text on XI Grade Students at MAN 2 Aceh Tenggara. AKSIS: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(2), 257–266. https://doi.org/10.21009/AKSIS.030203. DOI: https://doi.org/10.21009/AKSIS.030203
Budiarti, S., Nuswowati, M., & Cahyono, E. (2016). Guided Inquiry Berbantuan E-Modul Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis. Journal of Innovative Science Education, 1(1), 1–9.
Hamdi, Z., Ningsih, N. R., Irfan, M., & Husni, M. (2021). Keefektifan Metode Field Trip Dalam Pembelajaran Menulis Deskripsi Pada Siswa Kelas V MI Nurul Islam Ganti Tahun Pembelajaran 2021-2022. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 5022–5032. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1742.
Hasibuan, U. K., Lubis, A. R., & Ramadhani, N. (2022). Penilaian Otentik dalam Pembelajaran Bahasa dan Sastra yang Berorientasi pada Pendidikan Karakter. Jurnal Multidisiplin Dehasen (MUDE), 1(3), 377–384. https://doi.org/10.37676/mude.v1i3.2619.
Hodijah, A. S. (2019). Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi dengan Pemanfaatan Lingkungan Sekolah. Dinamika: Jurnal Bahasa, Sastra Dan Pengajarannya, 2(1), 90–97. DOI: https://doi.org/10.35194/jd.v2i2.985
Imam, I. (2014). Meningkatkan Kemampuan Menyimak Siswa Kelas I Melalui Teknik Permainan Pesan Berantai Pada Pembalajaran Bahasa Indonesia. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 3(2), 111. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v3i2.62. DOI: https://doi.org/10.21070/pedagogia.v3i2.62
Iswatiningsih, D., Fauzan, Dluhayati, & Lestari, Y. K. (2020). Efektivitas Pembelajaran Bahasa Indonesia Daring di Masa Pandemi COVID-19 Dalam Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Siswa SMP. Jurnal Pendidikan, Kebahasaan Dan Kesustraan Indonesia, 5, 141–156.
Juniati, N. W., & Widiana, I. W. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa. Journal of Education Action Research, 1(2), 122. https://doi.org/10.23887/jear.v1i2.12045. DOI: https://doi.org/10.23887/jear.v1i2.12045
Krisnawati, V., & Marahayu, N. M. (2020). Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Menggunakan Model Bengkel Sastra melalui Media Kotak Gambar Ajaib. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 6(1), 12–27. https://doi.org/10.22219/jinop.v6i1.10470. DOI: https://doi.org/10.22219/jinop.v6i1.10470
Magdalena, I., Ulfi, N., & Awaliah, S. (2021). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. EDISI, 3(2), 243–252. https://doi.org/10.36088/edisi.v3i2.1336.
Mirnawati, M., & Firman, F. (2019). Penerapan Teknik Clustering Dalam Mengembangkan Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi Siswa Kelas IV MI Pesanten Datuk Sulaiman Palopo. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 2(2), 165–177. https://doi.org/10.30605/jsgp.2.2.2019.1373. DOI: https://doi.org/10.30605/jsgp.2.2.2019.1373
Muliani, N. K. D., & Wibawa, I. M. C. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Video Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(1), 107–114. http://dx.doi.org/10.23887/jisd.v3i1.17664. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v3i1.17664
Nursyifah, E. (2019). Penggunaan Model Pembelajaran Inkuiri dalam Membangun Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Seminar Nasional Pendidikan, 810–817.
Puspitowati, P. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Pengalaman (Experiential Learning) dengan Menggunakan Media Gambar dalam Pembelajaran Menulis Karangan Deskripsi pada Siswa Kelas IV MI Riyadlatul Uqul. Linguista: Jurnal Ilmiah Bahasa, Sastra, Dan Pembelajarannya, 3(2), 120–132. https://doi.org/10.25273/linguista.v3i2.5734. DOI: https://doi.org/10.25273/linguista.v3i2.5734
Putrayasa, I. B. (2015). Pembelajaran Menulis Paragraf Deskripsi Berbasis Mind Mapping Pada Siswa Kelas Vii Smp Laboratorium Undiksha. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 4(2), 637–646. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v4i2.6060. DOI: https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v4i2.6060
Roestiyah. (2001). Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta.
Rusmawan, P. N. (2018). Analisis Butir Soal Ujian Akhir Semester Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas VII SMPN 2 Tegalsiwalan. Linguista: Jurnal Ilmiah Bahasa, Sastra, Dan Pembelajarannya, 2(1), 39. https://doi.org/10.25273/linguista.v2i1.2686. DOI: https://doi.org/10.25273/linguista.v2i1.2686
Salim., Suryaman., &Rusmawati, R. D. (2019). Keefektifan Tingkatan Pembelajaran Inkuiri (Levels Of Inquiry) terhadap Peningkatan Keterampilan Proses Sains pada Siswa dengan Pengetahuan Awal Berbeda. Edcomtech (Jurnal KajianTeknologi Pendidikan), 4(2). http://dx.doi.org/10.17977/um039v4i22019p096. DOI: https://doi.org/10.23887/jpk.v4i2.27118
Supriyana, A. (2018). Penyuntingan Aspek Kebahasaan dalam Naskah Berbahasa Indonesia. Arkhais-Jurnal Ilmu Bahasa Dan Sastra Indonesia, 9(2), 133–138. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/arkhais/article/view/10425.
Wahyuni, S., & Arisa, A. (2018). Efektifitas Model Pembelajaran Inquiry Based Learning dalam Meningkatkan Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa SMP Kecamatan Sabbangparu. Jurnal KIBASP (Kajian Bahasa, Sastra Dan Pengajaran), 1(2), 212–222. https://doi.org/10.31539/kibasp.v1i2.225. DOI: https://doi.org/10.31539/kibasp.v1i2.225
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 lutfi lutfi lutfi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)