Instrumen Evaluasi Model Discrepancy-CSE-UCLA Dalam Rangka Menunjang Evaluasi Efektivitas Pelaksanaan Pembelajaran Synchronous

Authors

DOI:

https://doi.org/10.23887/jp2.v5i2.48447

Keywords:

Instrumen Evaluasi, Discrepancy, CSE-UCLA, Efektivitas, Synchronous

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menunjukkan validitas dan reliabilitas isi instrumen evaluasi Discrepancy-CSE-UCLA yang valid dan reliabel yang digunakan dalam mengevaluasi efektivitas pelaksanaan pembelajaran synchronous di SMK di Bali. Pendekatan penelitian ini adalah pengembangan instrumen. Langkah-langkah penelitian ini meliputi: mendefinisikan variabel, menjabarkan indikator, menyusun butir-butir instrumen, menguji butir-butir instrumen, dan menganalisis validitas dan reliabilitas instrumen. Responden yang terlibat dalam uji validitas isi instrumen adalah dua orang ahli. Responden yang dilibatkan dalam uji reliabilitas item instrumen sebanyak 40 orang ahli. Rumus yang digunakan untuk uji validitas isi instrumen adalah Gregory, sedangkan uji reliabilitasnya adalah koefisien Alpha Cronbach. Teknik yang digunakan untuk menganalisis hasil validitas isi instrumen adalah dengan membandingkan hasil perhitungan validitas isi instrumen dengan kategorisasi validitas isi Guilford. Analisis hasil uji reliabilitas instrumen dengan membandingkan hasil perhitungan uji reliabilitas dengan kategorisasi reliabilitas Guilford. Hasil penelitian menunjukkan 64 item valid dan 12 item tidak valid. Tingkat validitas instrumen termasuk dalam kategori sangat tinggi. Reliabilitas instrumen termasuk dalam kategori tinggi.

Author Biographies

P. Wayan Arta Suyasa, Universitas Pendidikan Ganesha

Prodi Pendidikan Teknik Informatika

Dewa Gede Hendra Divayana, [SCOPUS ID: 57194336662] Universitas Pendidikan Ganesha

Department of Information Technology Education

References

Adawiyah, R., Amin, S. M., Ibrahim, M., & Hartatik, S. (2021). Peningkatan Ketuntasan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Pada Pembelajaran Tematik Melalui E-LKPD dengan Bantuan Aplikasi Google Meet. Jurnal Basicedu, 5(5), 3393–3398. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1339. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1339

Anugrahana, A. (2020). Hambatan , Solusi dan Harapan : Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 282–289. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p282-289. DOI: https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p282-289

Atmojo, A. E. P., & Nugroho, A. (2020). EFL classes must go online! Teaching activities and challenges during COVID-19 pandemic in Indonesia. Register Journal, 13(1), 49–76. https://doi.org/10.18326/rgt.v13i1.49-76. DOI: https://doi.org/10.18326/rgt.v13i1.49-76

Cahyawati, D., & Gunarto, M. (2020). Persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran daring pada masa pandemi Covid-19: Hambatan, tingkat kesetujuan , materi, beban tugas , kehadiran, dan pengelasan dosen. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 7(2), 150–161. https://doi.org/10.21831/jitp.v7i2.33296. DOI: https://doi.org/10.21831/jitp.v7i2.33296

Cai, P. (2021). Thinking skills development in mobile learning: The case of elementary school students studying environmental studies. Thinking Skills and Creativity, 42(July), 100922. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2021.100922. DOI: https://doi.org/10.1016/j.tsc.2021.100922

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89

Endrizal, E. (2021). Evaluasi Program Pembelajaran Pemeliharaan Kelistrikan Sepeda Motor Menggunakan Model CIPP. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 17–26. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i2. DOI: https://doi.org/10.23887/jipp.v5i1.30786

Fadhilaturrahmi, F., Ananda, R., & Yolanda, S. (2021). Persepsi Guru Sekolah Dasar terhadap Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Basicedu, 5(3), 1683–1688. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.1187. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.1187

Fitri, R., & Bundo, M. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Industri Rumah Tangga Pangan di Kota Padang. Jesya (Jurnal Ekonomi Dan Ekonomi …, 4(2), 784–793. https://doi.org/10.36778/jesya.v4i2.379. DOI: https://doi.org/10.36778/jesya.v4i2.379

Gunawan, G., Suranti, N. M. Y., & Fathoroni, F. (2020). Variations of Models and Learning Platforms for Prospective Teachers During the COVID-19 Pandemic Period. Indonesian Journal of Teacher Education, 1(2), 61–70. https://doi.org/0000-0001-8546-0150.

Muhammad Fikri, Muhammad Zaki Ananda, N. F. (2021). Kendala Dalam Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid-19 : Sebuah Kajian Kritis. Jurnal Education and Development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, 9(1), 145–148. https://doi.org/10.37081/ed.v9i1.2290.

Naibaho, L. (2021). Online Learning Evaluation during Covid-19 using CSE-UCLA Evaluation Model at English Education Department Universitas Kristen Indonesia. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 4(2), 1987–1997. https://doi.org/10.33258/birci.v4i2.1887. DOI: https://doi.org/10.33258/birci.v4i2.1887

Nurwati, R. A. M. dan R. N. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Peningkatan Angka Pengangguran di Indonesia. Rahma Ainul Mardiyah R. Nunung Nurwati.

Prayogo, D. (2020). Evaluasi Distance Learning Mata Kuliah Ilmu Bahan Saat Pandemi Covid-19 Menggunakan Model CIPP. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 7(2), 91–98. https://doi.org/10.36706/jptm.v7i2.11898 .

Pudyastuti, A. T., & Budiningsih, C. A. (2021). Efektivitas Pembelajaran E-Learning pada Guru PAUD Selama Pandemic Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 1667–1675. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.873. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.873

Quezada, R. L., Talbot, C., & Quezada-Parker, K. B. (2020). From Bricks and Mortar to Remote Teaching: A Teacher Education Program‘s Response to COVID-19. Journal of Education for Teaching, 46(4), 472–483. https://doi.org/10.1080/02607476.2020.1801330. DOI: https://doi.org/10.1080/02607476.2020.1801330

Semadi, I. G. P., Dantes, N., & Mertasari, N. M. S. (2019). Studi Evaluatif Berbasis Model CSE-UCLA Tentang Pelaksanaan Program Pendidikan Bintara di Sekolah Polisi Negara Polda Bali. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan Indonesia, 9(2), 89–105. https://doi.org/10.23887/jpepi.v9i2.289. DOI: https://doi.org/10.23887/jpepi.v9i2.2899

Simamora, R. M. (2020). The Challenges of Online Learning during the COVID-19 Pandemic: An Essay Analysis of Performing Arts Education Students. Studies in Learning and Teaching, 1(2), 86–103. https://doi.org/10.46627/silet.v1i2.38. DOI: https://doi.org/10.46627/silet.v1i2.38

Syifa, A. (2020). Evaluasi Penerapan E-Learning Melalui Model CIPP di Program Studi Psikologi Islam IAIN Pontianak. Jurnal As-Salam, 4(2), 180–194. https://doi.org/10.37249/as-salam.v4i2.210. DOI: https://doi.org/10.37249/as-salam.v4i2.210

Taufik, A. (2019). Perspektif Tentang Perkembangan Sistem Pembelajaran Jarak Jauh Di Kabupaten Kutai Kartanegara Kalimantan Timur. Jurnal Pendidikan&Konseptual, 3(2), 88–98. https://doi.org/DOI:http://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v2i4.111. DOI: https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v3i2.111

Yeni, D. I., Wulandari, H., & Hadiati, E. (2020). Pelaksanaan Program Pemberian Makanan Sehat Anak Usia Dini: Studi Evaluasi Program CIPP. MURHUM: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 1–15. https://doi.org/10.37985/murhum.v1i2.9. DOI: https://doi.org/10.37985/murhum.v1i2.9

Downloads

Published

2022-07-26

How to Cite

Suyasa, P. W. A., & Divayana, D. G. H. (2022). Instrumen Evaluasi Model Discrepancy-CSE-UCLA Dalam Rangka Menunjang Evaluasi Efektivitas Pelaksanaan Pembelajaran Synchronous. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 5(2), 197–207. https://doi.org/10.23887/jp2.v5i2.48447

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)