Efektivitas Media Pembelajaran Videoscribe Connected terhadap Minat Belajar Siswa
DOI:
https://doi.org/10.23887/jp2.v5i1.47009Kata Kunci:
Media Videoscribe Connected, Minat BelajarAbstrak
Permasalahan yang sering terjadi yaitu siswa sulit memahami materi dan mudah bosan dalam proses pembelajaran. Pembelajaran hanya terpaku pada buku pedoman saja. Kurangnya penggunaan dan pemanfaatan media pembelajaran oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media videoscribe connected pada materi volume bangun ruang sisi lengkung untuk minat belajar siswa sekolah dasar. Penelitian pengembangan dilaksanakan menggunakan Model 4D. Subjek pada penelitian ini 2 ahli materi, 2 ahli media, 2 orang guru wali kelas VI untuk praktisi, 6 orang siswa kelas VI uji coba produk dan mengukur efektifitas media dilakukan uji coba terhadap 43 sampel siswa kelas VI. Metode pengumpulan data melalui metode angket/kuisioner. Instrument yang digunakan angket rating scale yang telah teruji. Data dianalisis dengan rumus aiken menggunakan alat bantu SPSS dengan teknik one sample t-test untuk mengetahui keefektifan media videoscribe connected. Hasil penelitian memperoleh bahwa skor validitas isi media sebesar 4,9 dengan kualifikasi validitas sangat tinggi, skor rata-rata respons guru/praktisi sebesar 4,9 dengan kualifikasi sangat baik, skor rata-rata respons siswa sebesar 4,8 dengan kualifikasi sangat baik, dan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000 menunjukkan media videoscribe connected efektif digunakan dalam proses pembelajaran. Maka, media pembelajaran videoscribe connected yang dikembangkan dinyatakan valid dan efektif sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran di kelas VI sekolah dasar.
Referensi
Agung, A. A. G. (2014). Metodologi Penelitian Pendidikan. Aditya Media Publishing.
Agustini, M., Nulhakim, L., & Hakim, Z. R. (2021). Developing a Contextual Learning-Based Audio Visual Media on Material of The Energy Source And Its Change For Four Grade Students at Elementary Schools. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(2), 263–278. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v10i2.8069. DOI: https://doi.org/10.33578/jpfkip.v10i2.8069
Annur, M. F., & Hermansyah. (2020). Analisis Kesulitan Mahasiswa Pendidikan Matematika dalam Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan, 11(2), 195–201. https://doi.org/10.31764. DOI: https://doi.org/10.24235/edueksos.v10i1.8085
Anwar, N. T. (2018). Peran Kemampuan Literasi Matematis pada Pembelajaran Matematika Abad-21. Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 364–370.
Arkadiantika, I., Ramansyah, W., Effendi, M. A., & Dellia, P. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Virtual Reality pada Materi Pengenalan Termination dan Splicing Fiber Optic. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(2), 30–36. https://doi.org/10.24269/dpp.v0i0.2298. DOI: https://doi.org/10.24269/dpp.v0i0.2298
Astiti, K. A., Engge, B. Y., & Bani, M. D. S. (2020). Pengembangan Bahan Ajar IPA Terpadu Tipe Connected pada Materi Energi. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 3(2), 102–111. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jppsi.v3i2.29002.
Candiasa, I. M. (2011). Pengujian Instrumen Penelitian Disertai Aplikasi ITEMAN dan BIGSTEPS. Undiksha Pers.
Furi, A. Z., & Harmawati. (2019). Meningkatkan Kemampuan Kognitif melalui Penerapan Metode Eksperimen Menggunakan Media Loose Parts pada Anak Kelompok B. Emphaty Cons: Journal of Guidance and Counseling, 1(2), 7–19.
Hadiprayitno, G., & Makhrus, M. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran Macromedia Flash Berorientasi Pembelajaran IPA Terpadu Tipe Connected. VI(2), 42–49. https://doi.org/https://doi.org/10.29303/jpm.v7i2.93. DOI: https://doi.org/10.29303/jpm.v7i2.93
Handaya, A. Y., Fauzi, A. R., Andrew, J., Hanif, A. S., Tjendra, K. R., & Aditya, A. F. K. (2021). Effectiveness of Tutorial Videos Combined with Online Classes in Surgical Knotting Course During COVID-19 Pandemic: a Cohort Study. Annals of Medicine and Surgery, 69(102751). https://doi.org/10.1016/j.amsu.2021.102751. DOI: https://doi.org/10.1016/j.amsu.2021.102751
Hasanudin, C., Fitrianingsih, A., & Saddhono, K. (2019). The Use of Wondershare Filmora Version 7.8.9 Media Apps in Flipped Classroom Teaching. Review of Computer Engineering Studies, 6(3), 51–55. https://doi.org/10.18280/rces.060301. DOI: https://doi.org/10.18280/rces.060301
Hasiru, D., Badu, S. Q., & Uno, H. B. (2021). Media-Media Pembelajaran Efektif dalam Membantu Pembelajaran Matematika Jarak Jauh. Jambura Journal of Mathematics Education, 2(2), 59–69. https://doi.org/10.34312/jmathedu.v2i2.10587. DOI: https://doi.org/10.34312/jmathedu.v2i2.10587
Husain, R., & Kaharu, A. (2021). Menghadapi Era Abad 21: Tantangan Guru Pendidikan Anak Usia Dini di Kabupaten Bone Bolango. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 85–92. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.527. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.527
Ilhami, R. S., & Rimantho, D. (2017). Penilaian Kinerja Karyawan dengan Metode AHP dan Rating Scale. Jurnal Optimasi Sistem Industri, 16, 150–157. https://doi.org/https://doi.org/10.25077/josi.v16.n2.p150-157.2017. DOI: https://doi.org/10.25077/josi.v16.n2.p150-157.2017
Istiqomah, N., & Maemonah. (2021). Konsep Dasar Teori Perkembangan Kognitif pada Anak Usia Dini Menurut Jean Piaget. Khazanah Pendidikan, 15(2), 151. https://doi.org/10.30595/jkp.v15i2.10974. DOI: https://doi.org/10.30595/jkp.v15i2.10974
Juwantara, R. A. (2019). Analisis Teori Perkembanagn Kognitif Piaget PadaTahap Anak Usia Operasional Konkret 7-12 Tahun dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Oendidikan Guru Madrasah Ibtibdaiyah, 9(1), 27–34. DOI: https://doi.org/10.18592/aladzkapgmi.v9i1.3011
Khairani, A., & Qurata Ain, S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Sparkol Videoscribe untuk Statistika Siswa Kelas IV SDN 104 Pekanbaru. Qalamuna - Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 13(2), 219–238. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i2.898. DOI: https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i2.898
Komara, E. (2018). Penguatan Pendidikan Karakter dan Pembelajaran Abad 21. SIPATAHOENAN: South-East Asian Journal for Youth, Sports & Health Education, 4(1), 17–26. https://doi.org/10.2121/sip.v4i1.991.
Koyan, I. W. (2012). Statistik Teknik Analisis Data Kuantitatif. Statistik Teknik Analisis Data Kuantitatif.
Kulkarni, R., Thiagalingam, A., Kim, S., Chow, C., & McIntyre, D. (2021). EDUCATE MI Multicultural Clinician Created Video Education Feasibility and Pilot Results. Heart, Lung and Circulation, 30(3), S288–S289. https://doi.org/10.1016/j.hlc.2021.06.432. DOI: https://doi.org/10.1016/j.hlc.2021.06.432
Kurnio, Y. D. (2017). Penerapan Realistic Mathematic Education dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V pada Materi Volume Bangun Ruang di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas Universitas Majalengka, 3(2), 37–47. DOI: https://doi.org/10.31949/jcp.v3i2.594
Marshel, J., & Ratnawulan. (2020). Analysis of Students Worksheet (LKPD) Integrated Science with The Theme of The Motion in Life Using Integrated Connected Type 21st Century Learning. Journal of Physics: Conference Series, 1481(1). https://doi.org/10.22219/jppg.v1i1.12462. DOI: https://doi.org/10.1088/1742-6596/1481/1/012046
Mediatati, N., & Suryaningsih, I. (2017). Penggunaan Model Pembelajaran Course Review Horay dengan Media Flipchart sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar PKn. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(2), 113–121. https://doi.org/10.23887/jisd.v1i2.10146. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v1i2.10146
Muliani, N. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Terpadu Tipe Connected pada Materi Pencemaran Lingkungan Terhadap Literasi Lingkungan Siswa Kelas VII Di SMPN 02 Rumbio Jaya. 2(1).
Muskania, R. T., Badariah, S., & Mansur, M. (2019). Pembelajaran Tematik Menggunakan Media Video Scribe pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Elementary: Islamic Teacher Journal, 7(1). https://doi.org/10.21043/elementary.v7i1.4927. DOI: https://doi.org/10.21043/elementary.v7i1.4927
Mustofa, S. P., Wihidayat, E. S., & Hatta, P. (2018). Can The Use of Video Learning Increase Student’s Interest in Traditional Music? IJIE (Indonesian Journal of Informatics Education), 2(1), 13. https://doi.org/10.20961/ijie.v2i1.12998. DOI: https://doi.org/10.20961/ijie.v2i1.12998
Nasrullah, M., Adib, H., Misbah, M., Syafrawi, & Sahibudin, M. (2021). Dale ’ S Theory Dan Bruner ’ S Theory (Analisis Media Dalam Pentas Wayang Santri Ki Enthus Susmono). Jurnal Penelitian Dan Pemikiran Keislaman, 8(2), 225–238.
Novita, S., & Pratama. (2019). Penggunaan Media Pembelajaran Video Terhadap Hasil Belajar Siswa SD. Indonesian Journal of Primary Education, 3(2), 64–72. https://ejournal.upi.edu/index.php/IJPE/article/view/22103. DOI: https://doi.org/10.17509/ijpe.v3i2.22103
Novitasari, Y. (2018). Analisis Permasalahan "Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini”. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(01), 82–90. https://doi.org/10.31849/paudlectura.v2i01.2007. DOI: https://doi.org/10.31849/paudlectura.v2i01.2007
Pambudi, R. G. (2018). Aplikasi Monitoring dan Media Pembelajaran Bagasta Les Musik Jombang Berbasis Android. JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), 2(1), 139–143.
Pamungkas, A. S., Ihsanudin, I., Novaliyosi, N., & Yandari, I. A. V. (2018). Video Pembelajaran Berbasis Sparkol Videoscribe: Inovasi pada Perkuliahan Sejarah Matematika. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 127. https://doi.org/10.31000/prima.v2i2.705. DOI: https://doi.org/10.31000/prima.v2i2.705
Pinahayu, E. A. R. (2015). Problematika Pembelajaran Matematika pada Pokok Bahasan Eksponen dan Alternatif Pemecahannya. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(3), 182–191. https://doi.org/10.30998/formatif.v5i3.642. DOI: https://doi.org/10.30998/formatif.v5i3.642
Putra, I. W. D. P., Gading, I. K., & Dibia, I. K. (2021). Science Learning with Videoscribe-Based Learning Video for Elementary School Students. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 5(2), 260–268. https://doi.org/10.23887/jisd.v5i2.35883. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v5i2.35883
Putri, B. B. A., Muslim, A., & Bintaro, T. Y. (2019). Analisis Faktor Rendahnya Minat Belajar Matematika Siswa Kelas V Di SD Negeri 4 Gumiwang. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 5(2), 68–74. https://doi.org/10.31949/educatio.v5i2.14. DOI: https://doi.org/10.31949/educatio.v5i2.14
Putri, L. G. R. A., Japa, I. G. N., & Riastini, P. N. (2021). Media Pembelajaran Videoscribe-Hots Bermuatan IPA Pada Topik Struktur dan Fungsi Bagian Tumbuhan Kelas IV SD. Mimbar Ilmu Undiksha, 26(3), 451–460. https://doi.org/10.23887/mi.v26i3.38830. DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v26i3.38830
Rahma, D. ayu, & Arwin. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Sparkol Videoscribe pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9(3), 1328–1334.
Rahmaniar, E., Maemonah, & Mahmudah, I. (2022). Kritik Terhadap Teori Perkembangan Kognitif Piaget pada Tahap Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 531–539. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.1952. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.1952
Retnawati, H. (2016). Analisis Kuantitatif Instrumen Penelitian. Parama Publishing.
Riyanto, M., Jamaluddin, U., & Pamungkas, A. S. (2019). Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Aplikasi VideoScribe pada Mata Pelajaran IPS di Sekolah Dasar. Madrasah, 11(2), 53–63. https://doi.org/10.18860/madrasah.v11i2.6419. DOI: https://doi.org/10.18860/madrasah.v11i2.6419
Sailer, M., Schultz-Pernice, F., & Fischer, F. (2021). Contextual Facilitators for Learning Activities Involving Technology in Higher Education: The C♭-model. Computers in Human Behavior, 121(October 2020), 106794. https://doi.org/10.1016/j.chb.2021.106794. DOI: https://doi.org/10.1016/j.chb.2021.106794
Sari, R. K. (2019). Analisis Problematika Pembelajaran Matematika di Sekolah Menengah Pertama dan Solusi Alternatifnya. Prismatika: Jurnal Pendidikan Dan Riset Matematika, 2(1), 23–32. https://doi.org/10.33503/prismatika.v2i1.510. DOI: https://doi.org/10.33503/prismatika.v2i1.510
Sholeh, M., & Sutanta, E. (2019). Pendampingan Pengembangan Bahan Ajar dengan Videoscribe pada Guru SMK Tembarak Temanggung. JURNAL ABDIMAS BSI Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 1–9.
Siagian, M. D. (2016). Kemampuan Koneksi Matematik dalam Pembelajaran Matematika. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 2(1), 58–67. https://doi.org/https://doi.org/10.30743/mes.v2i1.117.
Silmi, M. ., & Rachmadyanti, P. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Sparkol Videoscribe tentang Persiapan Kemerdekaan RI SD Kelas V. Jpgsd, 6(4).
Siregar, L., & Sukmawarti. (2022). Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Sparkol Videoscribe pada Pembelajaran IPS di SD. Journal Pusat Studi Pendidikan Rakyat, 2(1), 11–21.
Suartama, I. K. (2016). Evaluasi dan Kriteria Kualitas Multimedia Pembelajaran. Universitas Pendidikan Ganesha.https://www.researchgate.net/publication/335541585_Evaluasi_dan_Kriteria_Kualitas_Multimedia_Pembeajaran
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitaif, Kualitatif dan R&D. Jakarta: Alfabeta.
Sukadana, I. K., & Japa, I. G. N. (2021). Improving Students ’ Understanding of Animals ’ Movement Organs through VideoScribe-based Learning. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 5(2), 269–278. https://doi.org/10.23887/jet.v5i1.32314. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v5i2.36205
Supartayasa, G., Tegeh, I. M., & Suartama, I. K. (2019). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Berbasis Masalah pada Mata Pelajaran IPA di SMP Negeri 3 Singaraja. 9(2), 57–67. https://doi.org/10.23887/jeu.v5i1.20629.
Ulfah, A. A., Dimyati, D., & Putra, A. J. A. (2021). Analisis Penerapan Senam Irama dalam Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1844–1852. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.993. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.993
Wiana, W. (2018). Interactive Multimedia-Based Animation: A Study of Effectiveness on Fashion Design Technology Learning. Journal of Physics: Conference Series, 953(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/953/1/012024. DOI: https://doi.org/10.1088/1742-6596/953/1/012024
Wulandari, Y., Ruhiat, Y., & Nulhakim, L. (2020). Pengembangan Media Video Berbasis Powtoon pada Mata Pelajaran IPA di Kelas V. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 8(2), 269–279. https://doi.org/10.24815/jpsi.v8i2.16835. DOI: https://doi.org/10.24815/jpsi.v8i2.16835
Yuanta, F. (2020). Pengembangan Media Video Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada Siswa Sekolah Dasar. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(02), 91. https://doi.org/10.30742/tpd.v1i02.816. DOI: https://doi.org/10.30742/tpd.v1i02.816
Yusyana, I. N. Y. (2021). Penggunaan Metode Eksperimen Berbantuan Media Konkret untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Seraya Barat. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 498–514. https://doi.org/10.37329/cetta.v4i3.1464. DOI: https://doi.org/10.37329/cetta.v4i3.1464
Zamil, M. R. R., & Udyaningsih, P. S. (2021). Profil Implementasi Model Connected pada Pembelajaran IPA di Indonesia : Kajian Literatur 2012 - 2021*. Jurnal Inovasi Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, 1(2), 63–73. https://doi.org/10.53621/jippmas.v1i2.9. DOI: https://doi.org/10.53621/jippmas.v1i2.9
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Ni Putu Manda Yuniarti, Sukma Trisna
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)