EFL Students’ Learning Autonomy During Emergency Online Remote Learning

Authors

  • I Ketut Aptia Sledy Nugraha Undiksha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbi.v10i1.49315

Keywords:

Autonomy learning, distance learning, learning strategies, learning autonomy strategies.

Abstract

Dalam pembelajaran online masih banyak kendala seperti banyak siswa yang mengalami kesulitan belajar online. Masalah ini tentu berdampak pada hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini menganalisis strategi yang digunakan oleh siswa EFL dalam belajar otonomi selama pembelajaran jarak jauh dan tantangan yang dihadapi oleh siswa. Jenis penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan wawancara. Instrumen yang digunakan dalam penelitian yaitu lembar kuesioner. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa subjek pertama menggunakan 4 strategi dalam pembelajaran otonominya selama pembelajaran jarak jauh. Subjek kedua menggunakan 5 strategi dalam pembelajaran otonominya selama pembelajaran jarak jauh. Subjek ketiga menggunakan 4 strategi dalam pembelajaran otonominya selama pembelajaran jarak jauh. Subjek terakhir menggunakan 4 strategi dalam pembelajaran otonominya selama pembelajaran jarak jauh. Hasil analisis tersebut didukung oleh pernyataan siswa yang diperoleh melalui sesi wawancara mengenai alasan strategi yang digunakan dalam pembelajaran mandiri. Disimpulkan bahwa penggunaan strategi siswa memiliki tujuan yang sama sesuai dengan situasi saat ini dalam jangkauan pelajaran.

References

Abendroth, J., & Richter, T. (2021). How to understand what you don’t believe: Metacognitive training prevents belief-biases in multiple text comprehension. Learning and Instruction, 71(August 2020), 101394. https://doi.org/10.1016/j.learninstruc.2020.101394.

Agustin, M., Inten, D. N., Permatasari, A. N., & Mulyani, E. (2021). Strategi Guru PAUD dalam Mengembangkan Kecerdasan Interpersonal Anak Usia Dini di Saat Belajar dari Rumah. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2). https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1055.

Ahmad, F., & Mustika, D. (2021). Problematika Guru Dalam Menerapkan Media pada Pembelajaran Kelas Rendah Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2008–2014. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1056.

Anugrahana, A. (2020). Hambatan , Solusi dan Harapan : Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 282–289. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p282-289.

Asmuni, A. (2020). Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 dan Solusi Pemecahannya. Jurnal Paedagogy, 7(4), 281. https://doi.org/10.33394/jp.v7i4.2941.

Batubara, H. H., & Batubara, D. S. (2020). Penggunaan Video Tutorial Untuk Mendukung Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Virus Corona. Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 5(2), 21. https://doi.org/10.31602/muallimuna.v5i2.2950.

Benson, P. (2016). Language learner autonomy: Exploring teachers’ perspectives on theory and practice. In Language learner autonomy : Teachers’ beliefs and practices in Asian contexts (pp. xxxiii–xliii). IDP Education (Cambodia) Ltd. https://doi.org/10.5746/LEiA/LA_Asia.

Berger, J. L., & Karabenick, S. A. (2016). Construct Validity of Self-Reported Metacognitive Learning Strategies. Educational Assessment, 21(1), 19–33. https://doi.org/10.1080/10627197.2015.1127751.

Bharathi, P. (2014). Self – directed learning and learner autonomy in English language teacher education : Emerging trends. International Journal For Teachers of English, 4(1), 1–9.

Boyadzhieva, E. (2016). Learner-centered Teaching and Learner Autonomy. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 232, 35–40. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2016.10.008.

Chang, T. Y., Hong, G., Paganelli, C., Phantumvanit, P., Chang, W. J., Shieh, Y. S., & Hsu, M. L. (2020). Innovation of dental education during COVID-19 pandemic. Journal of Dental Sciences, 155. https://doi.org/10.1016/j.jds.2020.07.011.

Esi Febrina, & Mukhidin. (2019). Metakognitif sebagai Keterampilan Berfikir Tingkat Tinggi pada Pembelajaran Abad 21. Edusentris: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pengajaran, 6(1), 25–32. https://doi.org/10.17509/edusentris.v6i1.451.

Fikri, M., Ananda, M. Z., & Faizah, N. (2021). Kendala Dalam Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid-19 : Sebuah Kajian Kritis. Jurnal Education and Development, 9(1), 145–148. https://doi.org/10.37081/ed.v9i1.2290.

Firmansyah, D. (2013). Strategi Pembelajaran Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP), 6(2), 34–44. https://doi.org/10.24114/jtp.v6i2.4996.

Gharti, L. (2019). Self-directed learning for learner autonomy: Teachers’ and students’ perceptions. Journal of NELTA Gandaki, 1, 62–73. https://doi.org/10.3126/jong.v1i0.24461.

Hanifah Salsabila, U., Irna Sari, L., Haibati Lathif, K., Puji Lestari, A., & Ayuning, A. (2020). Peran Teknologi Dalam Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 17(2), 188–198. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v17i2.138.

Hawkins, M. W. (2018). Self-directed learning as related to learning strategies, self-regulation, and autonomy in an English language program: A local application with global implications. Studies in Second Language Learning and Teaching, 8(2), 445–469. https://doi.org/10.14746/ssllt.2018.8.2.12.

Herdiana, D., Rudiana, R., & Supriatna, S. (2021). Kejenuhan Mahasiswa dalam Mengikuti Perkuliahan Daring dan Strategi Penanggulangannya. Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 293–307. https://doi.org/10.51276/edu.v2i1.128.

Hutauruk, A., & Sidabutar, R. (2020). Kendala pembelajaran daring selama masa pandemi di kalangan mahasiswa pendidikan matematika: Kajian kualiatatif deskriptif. Journal of Mathematics Education and Applied, 02(01), 45–51. https://doi.org/10.36655/sepren.v2i1.364.

Karasmanaki, E., & Tsantopoulos, G. (2021). Impacts of social distancing during COVID-19 pandemic on the daily life of forestry students. Children and Youth Services Review, 120(December 2020), 105781. https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2020.105781.

Khoiriah, T. (2015). Strategi pembelajaran metakognitif terhadap hasil belajar siswa pada konsep sistem pencernaan pada manusia. Jurnal Pengajaran Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 20(2), 177–180. https://doi.org/10.18269/jpmipa.v20i2.581.

Khusniyah, N. L., & Hakim, L. (2019). Efektivitas Pembelajaran Berbasis Daring: Sebuah Bukti Pada Pembelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Tatsqif, 17(1), 19–33. .

Koçak, R., & Boyacı, M. (2010). The predictive role of basic ability levels and metacognitive strategies of students on their academic success. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 2(2). https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2010.03.099

Kural, M., & Kocakülah, M. S. (2016). Teaching for Hot Conceptual Change: Towards A New Model, Beyond the Cold And Warm Ones. European Journal of Education Studies, 2(8), 1–40. https://doi.org/10.5281/zenodo.163535.

Kurnia, V. T., Damayani, A. T., & Kiswoyo, K. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran Number Head Together (NHT) Berbantu Media Puzzle Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(2), 192. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i2.17772.

Kurnia, W., & Lena, M. S. (2021). Pengaruh Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ)LuringTerhadap Hasil BelajarSiswaSD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1743–1749. https://doi.org/10.31004/jptam.v5i1.1161.

Malyana, A. (2020). Pelaksanaan Pembelajaran Daring Dan Luring Dengan Metode Bimbingan Berkelanjutan Pada Guru Sekolah Dasar Di Teluk Betung Utara Bandar Lampung. Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Indonesia, 2(1), 67–76. https://doi.org/10.52217/pedagogia.v2i1.640.

Maulana, H. A., & Hamidi, M. (2020). Persepsi Mahasiswa terhadap Pembelajaran Daring pada Mata Kuliah Praktik di Pendidikan Vokasi. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 8(2), 224–231. https://doi.org/10.26618/equilibrium.v8i2.3443.

Meilani, D., Dantes, N., & Tika, I. N. (2020). Pengaruh Implementasi Pembelajaran Saintifik Berbasis Keterampilan Belajar dan Berinovasi 4C terhadap Hasil Belajar IPA dengan Kovariabel Sikap Ilmiah pada Peserta Didik Kelas V SD Gugus 15 Kecamatan Buleleng. Jurnal Elementary: Kajian Teori Dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar, 3(1), 1–5. https://doi.org/10.31764/elementary.v3i1.1412.

Mpungose, C. B. (2021). Lecturers’ reflections on use of Zoom video conferencing technology for e-learning at a South African university in the context of coronavirus. African Identities. https://doi.org/10.1080/14725843.2021.1902268.

Nurvrita, A. S. (2020). Otonomi Pembelajaran Bahasa Inggris Kampus Merdeka – Merdeka Belajar. JPAK: Jurnal Pendidikan Agama Katolik, 20(2), 107–126. https://doi.org/10.34150/jpak.v20i2.282.

Prahmana, R. C. I., Hartanto, D., Kusumaningtyas, D. A., Ali, R. M., & Muchlas. (2021). Community radio-based blended learning model: A promising learning model in remote area during pandemic era. Heliyon, 7(7), e07511. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2021.e07511.

Primasari, I. F. N. D., & Zulela. (2021). Kendala Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Secara Online Selama Masa Pandemik Covid-19 di Sekolah Dasar. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 5(1), 64–73. https://doi.org/10.26858/jkp.v5i1.16820.

Raharja, U., Lutfiani, N., Handayani, I., & Suryaman, F. M. (2019). Motivasi Belajar Mahasiswa Terhadap Metode Pembelajaran Online iLearning+ Pada Perguruan Tinggi. Sisfotenika, 9(2), 192. https://doi.org/10.30700/jst.v9i2.497.

Rahmayani, V., & Amalia, R. (2020). Strategi Peningkatan Motivasi Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Di Kelas. Journal on Teacher Education, 2(1), 18–24. https://doi.org/10.31004/jote.v2i1.901.

Redondo, B., Cózar-Gutiérrez, R., González-Calero, J. A., & Sánchez Ruiz, R. (2020). Integration of Augmented Reality in the Teaching of English as a Foreign Language in Early Childhood Education. Early Childhood Education Journal, 48(2), 147–155. https://doi.org/10.1007/s10643-019-00999-5.

Royanto, L. R. (2012). The Effect of An Intervention Program based on Scaffolding to Improve Metacognitive Strategies in Reading: A Study of Year 3 Elementary School Students in Jakarta. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 69(Iceepsy), 1601–1609. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.12.105.

Salam, A., & Miriam, S. (2017). Pembelajaran Berbasis Learner autonomy Untuk Melatih Keterampilan Proses Sains. Jurnal Sains Dan Pendidikan Fisika, 12(3). https://doi.org/10.35580/jspf.v12i3.3051.

Sindiani, A. M., Obeidat, N., Alshdaifat, E., Elsalem, L., Alwani, M. M., Rawashdeh, H., Fares, A. S., Alalawne, T., & Tawalbeh, L. I. (2020). Distance education during the COVID-19 outbreak: A cross-sectional study among medical students in North of Jordan. Annals of Medicine and Surgery, 59, 186–194. https://doi.org/10.1016/J.AMSU.2020.09.036.

Suardana, I. K. (2012). Implementasi Model Belajar Mandiri Untuk Meningkatkan Aktivitas, Hasil, dan Kemandirian Belajar Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 45(1), 56–65. https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v45i1.1785.

Suhendro, E. (2020). Strategi Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Golden Age, 5(3), 133–140. https://doi.org/10.14421/jga.2020.53-05.

Suriadi, H. J., Firman, F., & Ahmad, R. (2021). Analisis Problema Pembelajaran Daring Terhadap Pendidikan Karakter Peserta Didik. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 165–173. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i1.251.

Szőcs, K. (2017). Teachers’ and learners’ beliefs about language learning autonomy and its implications in the classroom: A mixed method study. Apples - Journal of Applied Language Studies, 11(2), 125–145. https://doi.org/10.17011/apples/urn.201708233542.

Tanang, H., Djajadi, M., Abu, B., & Mokhtar, M. (2014). Challenges of Teaching Professionalism Development: A Case Study in Makassar Indonesia. Journal of Education and Learning, 8(2), 132–143. https://doi.org/10.11591/edulearn.v8i2.215.

Van Der Horst, C. A., & Albertyn, R. M. (2018). The importance of metacognition and the experiential learning process within a cultural intelligence–based approach to cross-cultural coaching. SA Journal of Human Resource Management, 16(1), 1–11. https://doi.org/10.4102/sajhrm.v16i0.951.

Weinstein, S., & Preiss, D. (2017). Scaffolding to promote critical thinking and learner autonomy among pre-service education students. Journal of Education Training, 4(1), 69–87. https://doi.org/10.5296/jet.v4i1.987.

Wicaksono, A. G., Irmade, O., & Jumanto, J. (2018). Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Komik Kontekstual Dalam Pembelajaran Sains Sd. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 1(2), 112. https://doi.org/10.32585/jkp.v1i2.23.

Widyantari, N. K. S., Suardana, I. N., & Devi, N. L. P. . (2019). Pengaruh Strategi Belajar Kognitif, Metakognitif dan Sosial Afektif Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia, 2(2). https://doi.org/10.23887/jppsi.v2i2.19384.

Yuzulia, I. (2020). EFL tecahers’ perceptions and stratgeies in inplementing learner autonomy. Journal of Linguistics and Language Teaching, 6(1), 36–54. https://doi.org/10.29300/ling.v6i1.2744.

Downloads

Published

2022-08-09

Issue

Section

Articles