ANALISIS MINAT BELAJAR SISWA KELAS XI MIA PADA MATA PELAJARAN KIMIA

Authors

  • Ketut Lia Hemayanti Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Wayan Muderawan Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Nyoman Selamat Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpk.v4i1.24060

Keywords:

minat belajar, mata pelajaran kimia.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan (1) minat belajar siswa pada mata pelajaran kimia dan (2) faktor-faktor yang memengaruhi minat belajar siswa pada mata pelajaran kimia di SMAS Laboratorium Undiksha Singaraja. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Jumlah sampel yang digunakan untuk mendapatkan data tentang minat belajar siswa dalam penelitian adalah sebanyak 45 orang siswa kelas XI MIA SMAS Laboratorium Undiksha Singaraja yang diambil dengan teknik sensus, sedangkan jumlah sampel yang digunakan untuk mendapatkan data faktor-faktor yang memengaruhi minat belajar adalah 15 orang siswa yang diambil dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa profil minat belajar kimia siswa kelas XI MIA SMAS Laboratorium Undiksha Singaraja adalah 38% siswa yang tergolong tinggi, 51% siswa yang tergolong sedang, dan 11% siswa yang tergolong rendah. Minat belajar kimia siswa di SMAS Laboratorium Undiksha Singaraja dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal yang memengaruhi minat belajar kimia adalah keingintahuan, cita-cita, motivasi, serta intelegensi sedangkan faktor eksternal yang memengaruhi yakni lingkungan keluarga, cara guru mengajar, teman sebaya, dan bahan pelajaran.

ABSTRACT

 The purpose of this study is to describe (1) interest in learning of student’s chemistry subject matter and (2) the factors that affect student’s interest in learning chemistry subject matter at Laboratory SMAS Undiksha Singaraja. This research is a qualitative descriptive study with a phenomenological approach. The number of samples used to get data about student’s learning interest in the study were 45 students of class XI MIA at Laboratory SMAS Undiksha Singaraja taken by census techniques, while the number of samples used to obtain data on factors affect learning interest were 15 students were taken by purposive sampling techniques. The results showed that the profile of student’s interest in learning chemistry subject matter of class XI MIA at Laboratory SMAS Undiksha Singaraja in general was 38% students classified as high, 51% students classified as moderate, and 11% students classified as low. Student’s interest in learning chemistry subject matter at Laboratory SMAS Undiksha Singaraja was affected by internal factors and external factor. Internal factors that affect the interest in learning chemistry was curiosity, future goals, motivation, and intelligence mean while external factors affecting was family environment, teachers, peers, and teaching materials.


References

Adodo, S. O. & Gbore, L. O. 2012. Prendicition of attitude and interest of science students of different ability on their academic performance in basic science. International Journal of psychology and Counselling, 4(6), 68-72.

Akram, T. M., Ijaz, A., & Ikram, H. 2017. Exploring the Factors Responsible for Declining Students Interest in Chemistry. International Journal of Information and Education Technology, 7(2), 88-94.

A’yuningsih, D. Q., Suardana, I. N., & Suwenten, I. M. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament) Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 1(2), 37-47.

Budiariawan, I. P. (2019). Hubungan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Kimia. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 3(2), 103-111.

Dalyono. M. 2004. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Departemen Pendidikan Nasional, 2003. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003,

Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta: Depdiknas.

Depdiknas. 2006. Permendiknas No. 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. Jakarta: Depdiknas.

Jayadiningrat, M. G., Tika, I. N., & Yuliani, N. P. (2017). Meningkatkan Kesiapan Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Kimia Dengan Pemberian Kuis Di Awal Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 1(1), 7-12.

Jirana, Nur, dan Nurmiati. 2015. Faktor-faktor yang Memengaruhi Kesulitan dan Minat Belajar Mahasiswa Jurusan Pendidikan Biologi Universitas Sumatera Barat. Jurnal Saintifik, 1, 89-94.

Marsita., Priatmoko., dan Kusuma., 2010. Analisis Kesulitan Belajar Kimia Siswa SMA dalam Memahami Materi Larutan Penyangga dengan Menggunakan Two-tier Multiple-Choice Diagnostic Instrument, Jurnal inovasi pendidikan kimia 4:512-520.

Passler, K., Beinicke, A., & Hell, B. 2015. Interests and intelligence: A meta-analysis. Intelligence, 50, 30-51. http://doi.org/10.1177/1069072710382615.

Putri, G.A.P.W.A. 2017. Minat Belajar Siswa SMA Negeri 1 Sukasada terhadap Mata Pelajaran Kimia. Skripsi (tidak diterbitkan). Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Rumansyah 2002. Penerapan Metode Latihan Berstruktur dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa terhadap Konsep Persamaan Kimia. Tersedia pada http//www.org/mod/data/view.php?d=3&rid=24 (diakses pada tanggal 15 Agustus 2016).

Santrock, J. W. 2007. Psikologi Perkembangan. Edisi 11 Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Downloads

Published

2020-04-30

How to Cite

Hemayanti, K. L., Muderawan, I. W., & Selamat, I. N. (2020). ANALISIS MINAT BELAJAR SISWA KELAS XI MIA PADA MATA PELAJARAN KIMIA. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 4(1), 20–25. https://doi.org/10.23887/jpk.v4i1.24060

Issue

Section

Articles