STUDI KOMPARASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION DAN TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA PADA TOPIK STRUKTUR ATOM

Authors

  • I G A Gita Permata Dewi
  • I Nyoman Selamat
  • I Nyoman Suardana

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpk.v2i2.16614

Abstract

Penelitian ini bertujuan membandingkan hasil belajar kimia antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe TAI dan tipe NHT. Jenis penelitian ini termasuk penelitian semu (quasi exsperiment) dengan rancangan penelitian pre-test post-test nonequivlent control group design. Pupulasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Sidemen yang berjumlah 178 siswa. Sampel ditentukan secara cluster random sampling dan diperoleh siswa kelas X3 sebagai kelas Eksperimen 1 yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe TAI, sedangkan siswa kelas X2 sebagai kelas Eksperimen 2 yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT. Data hasil belajar siswa dikumpulkan dengan menggunakan tes pilihan ganda dan esai. Data hasil belajar siswa dianalisis secara deskriptif dan inferensial dengan menggunakan independent sample t-test, dengan taraf signifikasi 5%. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan hasil belajar kimia antara siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TAI dan tipe NHT, dari hasil penelitian didapatkan rata-rata skor hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe TAI sebesar 75,54 dan tipe NHT sebesar 80,03.

References

Asnawiyah, R., Luk, E., Leica, D. F. 2015. “Penerapan Model Pembelajaran Koope NHT terhadap Hasil

Belajar Matematika Kelas X MIA SMA Negeri 1 Bangun Purba”. E-Journal UPP Pasir Pengarai, Vol 1,

No 1 (hlm. 5-11).

Chang, R. 2005. Kimia Dasar: Konsep-Konsep Inti Jilid I (Terjemahan). Jakarta: Erlangga.

Danti, D. P. N., Supriayitno, I., Prihaswati, M. 2015. “Perbandingan Pembelajaran NHT dengan TAI

Berpendekatan Kontruktivisme Terhadap Prestasi Belajar”. Jurnal Kependidikan Matematika, Vol 2,

No 1 (hlm. 15-21).

Fatimah, S., Jalmo, T., Marpawng, R.R.T. 2014. “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe

NHT terhadap Keterampilan Berpikir Siswa”. Jurnal Pendidikan, Vol 2, No 1 (hlm. 49-60).

Firmansyah. Y., Mahardika, I. K., Gani, A. A. 2017. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT

Berbantuan Media Simulasi PHET terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa SMA di Jember”.

Jurnal Pembelajaran Fisika, Vol 6, No 1 (hlm. 97-102).

Hartika, H. 2015. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Berbasis VCT terhadap Hasil

Belajar, Aktivitas, dan Keterampilan Berkomunikasi”. Jurnal Pendidikan, Vol 21, No 1 (hlm. 151).

Johnstone, A. H. 2006. Chemical Education Research in Glasgow in Perspective. The Journal Of Chemistry

Education Research And Practice, Vol 7, No 2, (hlm. 49-63).

Mahmudah, Suyanto, Widodo, W. 2015. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Berbasis

Multiple Representasi terhadap Hasil Belajar Siswa SMA N Pekanbaru” Jurnal Pendidikan, Vol 1, No

(hlm. 1-9).

Malikan, M. 2014. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT terhadap Hasil Belajar Siswa

pada Pembelajaran Kimia”. E-Journal Pembelajaran Kimia, Vol 17, No 5 (hlm. 101).

Mulyana, H. 2016. “Penerapan model pembelajaran kooperatif Tipe NHT untuk Meningkatkan Hasil

Belajar”. Jurnal Pendidikan, Vol 3, No 2 (hlm.75-81).

Vol. 2, No. 2, Tahun 2018 , pp. 50-58

Novieza, M. 2014. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT terhadap Motivasi dan Hasil

Belajar Ekonomi pada Siswa Kelas X MAN X Kota Singkarak”. Jurnal Pendidikan, Vol 1, No 1 (hlm. 1-

.

Putriani, D. D. S. 2016. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT terhadap Hasil Belajar Kimia

di SMA N Pekanbaru” Jurnal Pendidikan, Vol 1, No 1 (hlm. 1-9).

Rofiqoh, F. 2015. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Disertai Media Monopoli Games

Terintegrasi Pendekatan Problem Solving pada Pembelajaran Fisika Di SMA” Jurnal Pembelajaran

Fisika, Vol 4, No 3 (hlm. 35).

Ruslan, J. M. 2014. “Komparasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI Dan NHT terhadap Hasil Belajar

Kimia Siswa Kelas XI MAN Pekanbaru”. Jurnal Pendidikan MIPA, Vol 34, No 7 (hlm. 60).

Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT

Rajagrafindo Persada.

Sarwendah, R.H, Martini, K. S., Utami B. 2013. “Studi Komparasi Pembelajaran Kimia Menggunakan Model

Pembelajaran Kooperatif Metode TGT dan TAI pada Materi Pokok Sistem Koloid Kelas XI IPA SMA

Negeri 2 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2011/2012”. Jurnal Pendidikan Kimia, Vol 2, No 1 (hlm. 42-

.

Slavin, R. E. 2008. Cooperative Learning Teori Risert dan Praktik. Terjemahan Lita. Bandung: Nusa Media.

Solahudin, A. 2002. “Analisis Pemahaman Konsep Siswa SMA Kelas X pada Materi Struktur Atom Melalui

Pendekatan Saintifik”. Jurnal Pendidikan Nasional dan Kebudayaan, Vol 2, No 1 (hlm. 36-47).

Stefany & Suliyanah. 2012. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT dengan Metode Snow

Ball Throwing terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Kalor di Kelas X SMA Negeri 2 Bangkalan”.

Jurnal Pendidikan, Vol 3, No 5 (hlm. 35-42).

Sukmayasa, I. M. H., Budi, M. 2013. “ Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Berbantuan

Senam Otak terhadap Keaktifan dan Prestasi Belajar Matematika” Jurnal Pendidikan, Vol 3, No 4

(hlm. 35-47).

Sutirman. 2013. Media dan Model-Model Pembelajaran Inofatif. Yogyakarta: Graha Ilmu)

Downloads

Published

2019-01-24

How to Cite

Dewi, I. G. A. G. P., Selamat, I. N., & Suardana, I. N. (2019). STUDI KOMPARASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION DAN TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA PADA TOPIK STRUKTUR ATOM. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 2(2), 50–58. https://doi.org/10.23887/jpk.v2i2.16614

Issue

Section

Articles