PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE BERBASIS TRI KAYA PARISUDHA TERHADAP HASIL BELAJAR IPS

Authors

  • I Made Raka Paryanata
  • Anak Agung Gede Agung
  • I Made Suarjana

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpmu.v2i1.20789

Abstract

Sampai saat ini rata-rata hasil belajar IPS siswa di Gugus II Kecamatan Susut yaitu 64,96 dan berada pada kategori rendah sedangkan KKM Nasional 75,00. Rendahnya rata-rata IPS tersebut dipengaruhi oleh banyak faktor baik faktor internal dan eksternal. Salah satu faktor eksternal yang diduga berpengaruh adalah strategi atau model pembelajaran. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model pelajaran Think Pair Share berbasis Tri Kaya Parisudha terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V Gugus II Kecamatan Susut Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan desain non-equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Gugus II Kecamatan Susut Tahun Pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 119 siswa. Sampel diambil dengan teknik Cluster Random Sampling. Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V SD Negeri 1 Pengiangan sebagai kelompok eksperimen yang berjumlah 26 siswa dan siswa kelas V SD Negeri 2 Pengiangan  yang berjumlah 22 siswa sebagai kelompok kontrol. Data hasil belajar dikumpulkan dengan metode tes yaitu tes objektif pilihan ganda dengan empat pilihan jawaban (a, b, c, d). Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial (uji-t). Perolehan rata-rata skor pre-test eksperiment adalah 16,19 yang berada pada kategori sedang, dan rata-rata skor pre-test kontrol yaitu 15,9 yang berada pada kategori sedang. Rata-rata skor post-test eksperiment adalah 18,04 yang berada pada kategori tinggi, sedangkan rata-rata post-test kontrol adalah 16,5 yang berada pada kategori sedang. Hasil analisi uji-t diperoleh thitung = 9,167 dan ttabel (pada taraf signifikansi 5%) = 2,021. Hal ini menunjukkan bahwa thitung > ttabel sehingga H0 ditolak dan H¬1 diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Think Pair Share berbasis Tri kaya Parisuda terhadap hasil belajar siswa kelas V SD gusus II Kecamatan Susut Tahun Pelajaran 2018/2019.

References

DAFTAR PUSTAKA

Asmariani, A. A. R. 2012. Tri Kaya Parisudha Sebagai Kontrol Sosial Prilaku Remaja Dalam Kehidupan Bermasyarakat di Era Globalisasi dan Modernisasi. IHDN Denpasar, 1–16.

Astawan, I. G, dkk. 2018. Teori dan Aplikasi Model Pembelajaran Trikaya Parisudha. (D. P. Parniti, Ed.). Bali: Undiksha Press.

Budiarta, I. K., & Krismayani, N. W. 2018. Improving Speaking Skill and Developing Character of the Students through Collaboration of Think Pair Share and the Concept of Tri Kaya Parisudha. Journal Pendidikan Bahasa Inggri Universitas Mahasaraswati Denpasar, 565–573.

Irmayanti, dkk. 2012. Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation Berbasis Kearifan Lokal Tri Kaya Parisudha Terhadap Hasil Belajar IPS. Singaraja, Volume 5 Nomor 2.

Kosasih, E. 2014. Strategi Belajar dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Yrama Widya.

Lasmawan, Wayan. 2010. Menelisik Pendidikan IPS. Singaraja: Mediakom Indonesia Press Bali

Maryatun, I. B., & Kusumadewi, N. 2012. Penerapan Students Centered Approach pada Pembelajaran Taman Kanak-Kanak Kelompok B ( Studi Kasus di Sekolah Laboratorium Rumah Citta ). Jurnal Pendidian Anak, 1, Edisi 1.

Mudjrimin, dkk. 2013. Pengaruh Model Thini Pair Share Terhadap Motivasi Berprestasi Dan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas V SDN Gugus 02 Kopang. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 3(2).

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Suprijono, A. 2009. Cooperatif Learning dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Susanto, A. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Trianto. 2007. Model- Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. (F. Yustianti, Ed.) (4th ed.). Jakarta: PT. Bumi Aksaraa.

Wulandari, P, dkk. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Berbasis Penilaian Portofolio Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Kelas IV SD Negeri Gugus Kapten Kompyang Sujana Denpasar Barat Tahun 2017/ 2018. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 6 No.1, 1–9

Downloads

Published

2019-09-06

How to Cite

Paryanata, I. M. R., Agung, A. A. G., & Suarjana, I. M. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE BERBASIS TRI KAYA PARISUDHA TERHADAP HASIL BELAJAR IPS. Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia, 2(1), 22–31. https://doi.org/10.23887/jpmu.v2i1.20789

Issue

Section

Articles