Flipbook: Media Pembelajaran Inovatif Berbasis Etnomatematika pada Muatan Pelajaran Matematika Kelas V Sekolah Dasar

Authors

  • Ni Komang Taris Susiliastini Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Wayan Sujana Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpmu.v5i2.54596

Keywords:

flipbook, etnomatematika, matematika

Abstract

Perkembangan teknologi turut menuntut guru untuk menciptakan inovasi-inovasi baru dalam kegiatan pembelajaran. Penggunaan media pembelajaran yang sering digunakan di sekolah dasar masih cukup monoton dan menyebabkan siswa merasa bosan dan tidak aktif dalam pembelajaran. Pembelajaran matematika yang objek kajiannya bersifat abstrak semakin sulit dimengerti oleh siswa dengan penggunaan media yang monoton. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran flipbook berbasis etnomatematika budaya Bali untuk kelas V SD pada materi pecahan matematika. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa kuesioner dan tes hasil belajar. Subjek penelitian ini adalah 4 ahli dan 24 siswa. Data yang diperoleh dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan statistik inferensial. Hasil penilaian ahli rancang bangun dengan kualifikasi sangat baik (90,9%), hasil penilaian ahli materi pembelajaran dengan kualifikasi sangat baik (93,3%), hasil penilaian ahli media pembelajaran dengan kualifikasi baik (85%), hasil penilaian ahli desain pembelajaran dengan kualifikasi sangat baik (93%), hasil uji coba perorangan dengan kualifikasi baik (86,67%), dan hasil uji coba kelompok kecil dengan kualifikasi sangat baik (94,16%). Berdasarkan hasil uji efektivitas produk menggunakan teknik uji-t memperoleh hasil t hitung sebesar 17,754 dengan t tabel pada taraf signifikansi 5% adalah 2,021, sehingga dapat dinyatakan bahwa media pembelajaran flipbook berbasis etnomatematika efektif digunakan pada muatan pelajaran matematika materi pecahan kelas V SD. Implikasi penelitian ini adalah diperlukan media pembelajaran flipbook berbasis etnomatematika untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V Sekolah Dasar.

References

Agung, A. A. G. (2018). Metodologi Penelitian Kuantitatif (Perspektif Manajemen Pendidikan). Universitas Pendidikan Ganesha.

Amanullah, M. A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Digital Guna Menunjang Proses Pembelajaran Di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 8(1), 37. https://doi.org/10.24269/dpp.v0i0.2300. DOI: https://doi.org/10.24269/dpp.v0i0.2300

Anshori, S. (2017). Pemanfaatan TIK Sebagai Sumber dan Media Pembelajaran di Sekolah. Civic-Culture: Jurnal Ilmu Pendidikan PKn Dan Sosial Budaya, 1(1), 10–20.

Aprilia, T. (2021). Efektivitas Penggunaan Media Sains Flipbook Berbasis Kontekstual untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 14(1), 10–21. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v14i1.32059. DOI: https://doi.org/10.21831/jpipfip.v14i1.32059

Asih, T., & Ujianti, P. (2021). Inovasi Video Pembelajaran Berbantuan Aplikasi Powtoon pada Materi Keliling dan Luas Bangun Datar. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(3), 375. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i2.36665. DOI: https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i2.36665

Budiyono, B. (2020). Inovasi Pemanfaatan Teknologi Sebagai Media Pembelajaran di Era Revolusi 4.0. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(2), 300–309. https://doi.org/10.33394/jk.v6i2.2475. DOI: https://doi.org/10.33394/jk.v6i2.2475

Cholifah, T. N., & Muslihasari, A. (2022). Pengembangan Digital Flipbook Berbasis Dolanan Lokal untuk meningkatkan Literasi Membaca Siswa SD di Desa Palaan Era Covid-19. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar (JBPD), 6(2), 149–158. https://doi.org/10.21067/jbpd.v6i2.6843. DOI: https://doi.org/10.21067/jbpd.v6i2.6843

Daheri, M., Juliana, J., Deriwanto, D., & Amda, A. D. (2020). Efektifitas WhatsApp sebagai Media Belajar Daring. Jurnal Basicedu, 4(4), 775–783. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.445. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.445

Dewi, P. D. P., Agustika, G. N. S., & Suniasih, N. W. (2022). Media Video Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika pada Muatan Materi Pengenalan Bangun Datar Siswa Kelas I SD. Jurnal Edutech Undiksha, 10(1). https://doi.org/10.23887/jeu.v10i1.44775. DOI: https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i1.45350

Dwijayani, N. M. (2019). Development of circle learning media to improve student learning outcomes. Journal of Physics: Conference Series, 1321(2), 171–187. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1321/2/022099. DOI: https://doi.org/10.1088/1742-6596/1321/2/022099

Eko, W., Afandi, A., & Wolly, C. (2021). Kelayakan film dokumenter pada materi jenis-jenis bahan baku pakan Kelas X SUPM Negeri Pontianak. Bioma : Jurnal Ilmiah Biologi, 10(2), 248–262. https://doi.org/10.26877/bioma.v10i2.7903. DOI: https://doi.org/10.26877/bioma.v10i2.7903

Fatkhiyyah, I., Winarso, W., & Manfaat, B. (2019). Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Ditinjau dari Perbedaan Gaya Belajar Menurut David Kolb. Jurnal Elemen, 5(2), 93–107. https://doi.org/10.29408/jel.v5i2.928. DOI: https://doi.org/10.29408/jel.v5i2.928

Fauzia, H. A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika SD. Asimetris: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 7(1), 40–47. https://doi.org/10.51179/asimetris.v2i2.811. DOI: https://doi.org/10.33578/jpfkip.v7i1.5338

Febriani, P., Widada, W., & Herawaty, D. (2019). Pengaruh Pembelajaran Matematika Realistik Berbasis Etnomatematika Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMA Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 4(2), 120–135. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr/article/view/9761/4795.

Febriyanti, D. A., & Ain, S. Q. (2021). Pengembangan Modul Matematika Berbasis Etnomatematika pada Materi Bangun Datar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1409–1416. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.933. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.933

Feriyanti, N., Hidayat, S., & Asmawati, L. (2019). Pengembangan E-Modul Matematika untuk Siswa SD. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(1), 1–12.

Hamid, A., & Alberida, H. (2021). Pentingnya Mengembangkan E-Modul Interaktif Berbasis Flipbook di Sekolah Menengah Atas. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 911–918. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i3.452. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i3.452

Harjanto, A., Suroto, S., & Sumargono, S. (2021). Bahan Ajar Tematik Integratif Kearifan Lokal Berbasis Kvisoft Flipbook Maker untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD. Lentera: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 14(1), 173–184.

Haryanto, Asrial, M., Ernawati, D. W., Syahri, W., & Sanova, A. (2019). E-Worksheet Using Kvisoft Flipbook: Science Process Skills And Student Attitudes. International Journal Of Scientific & Technology Research, 8(12), 1073–1079. https://doi.org/10.21154/insecta.v2i1.2555. DOI: https://doi.org/10.21154/insecta.v2i1.2555

Hidayati, A. U. (2017). Melatih Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi dalam Pembelajaran Matematika pada Siswa Sekolah Dasar. Terampil: Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 4(2), 143–156. https://doi.org/10.24042/terampil.v4i2.2222.

Hidayatulloh, M. (2019). Developing Electrical Circuits Flipbook Using Flipbuilder. International Journal of Innovation Education and Research, 7(2), 124–134. https://doi.org/10.31686/ijier.vol7.iss2.1331. DOI: https://doi.org/10.31686/ijier.vol7.iss2.1331

Huda, I. A. (2020). Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi ( TIK ) Terhadap Kualitas Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 121–125. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.622. DOI: https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.622

Isnaeni, N., & Hildayah, D. (2020). Media Pembelajaran dalam Pembentukan Interaksi Belajar Siswa. Jurnal Syntax Transformation, 1(5), 148–156. https://doi.org/10.46799/jst.v1i5.69. DOI: https://doi.org/10.46799/jst.v1i5.69

Karo-Karo, I. R., & Rohani, R. (2018). Manfaat Media dalam Pembelajaran. AXIOM : Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 7(1), 91–96. https://doi.org/10.30821/axiom.v7i1.1778. DOI: https://doi.org/10.30821/axiom.v7i1.1778

Khurriyati, Y., Setiawan, F., & Mirnawati, L. B. (2021). Dampak Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Siswa Mi Muhammadiyah 5 Surabaya. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 91. https://doi.org/10.30659/pendas.8.1.91-104. DOI: https://doi.org/10.30659/pendas.8.1.91-104

Listya, A. (2018). Konsep dan Pengunaan Warna dalam Infografis. Jurnal Desain, 6(1), 10–19. https://doi.org/10.30998/jurnaldesain.v6i01.2837. DOI: https://doi.org/10.30998/jurnaldesain.v6i01.2837

Mahendra, E. (2017). Project Based Learning Bermuatan Etnomatematika Dalam Pembelajar Matematika. Jurnal Pendidikan Indonesia, 6(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v6i1.9257. DOI: https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v6i1.9257

Martatiyana, D. R., Novita, L., & Purnamasari, R. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Flipbook Manfaat Energi Kelas IV di Sekolah Dasar. Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 8(1), 44–57. https://doi.org/10.31602/muallimuna.v8i1.7244. DOI: https://doi.org/10.31602/muallimuna.v8i1.7244

Martyanti, A., & Suhartini, S. (2018). Etnomatematika: Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Budaya dan Matematika. IndoMath: Indomanesian Mathematics Education, 1(1), 35–41. https://doi.org/10.30738/indomath.v1i1.2212. DOI: https://doi.org/10.30738/indomath.v1i1.2212

Mirnawati, M. (2020). Penggunaan Media Gambar dalam Pembelajaran untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa. Didaktita: Jurnal Kependidikan, 9(1), 98–112. https://doi.org/10.58230/27454312.14.

Monawati., M., & Fauzi., F. (2018). Hubungan Kreativitas Mengajar Guru dengan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pesona Dasar, 6(2), 33–43. https://doi.org/10.24815/pear.v6i2.12195. DOI: https://doi.org/10.24815/pear.v6i2.12195

Munisah, E. (2020). Pengelolaan Media Pembelajaran Sekolah Dasar. Jurnal Elsa, 18(1), 23–32. https://doi.org/10.47637/elsa.v18i1.231. DOI: https://doi.org/10.47637/elsa.v18i1.231

Muslimahayati, M., & Wardani, A. K. (2019). Implementasi Etnomatematika Masyarakat Suku Anak Dalam (SAD) Kabupaten Batanghari Provinsi Jambi pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Elemen, 5(2), 108124. https://doi.org/10.29408/jel.v5i2.957. DOI: https://doi.org/10.29408/jel.v5i2.957

Oktaviani, W., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 5 SD. Jurnal Basicedu, 2(2), 5–10. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v2i2.41

Permatasari, K. G. (2021). Problematika pembelajaran matematika di sekolah dasar/ madrasah ibtidaiyah. Jurnal Ilmiah Pedagogy, 17(1), 68–84. http://www.jurnal.staimuhblora.ac.id/index.php/pedagogy/article/view/96.

Perusso, A., & Baaken, T. (2020). Assessing the authenticity of cases, internships and problem-based learning as managerial learning experiences: Concepts, methods and lessons for practice. International Journal of Management Education, 18(3), 100425. https://doi.org/10.1016/j.ijme.2020.100425. DOI: https://doi.org/10.1016/j.ijme.2020.100425

Prasasti, D. E., Koeswanti, H. D., & Giarti, S. (2019). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Discovery Learning di Kelas IV SD. Jurnal Basicedu, 3(1), 174–179. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i1.98. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i1.98

Putra, G., & Agustiana, I. (2021). E-LKPD Materi Pecahan dalam Pembelajaran Daring. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(2), 220–228. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i2.35813 DOI: https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i2.35813

Putri, R. A., Uchtiawati, S., & Fauziyah, N. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Flip Book Menggunakan Kvisoft Flip Book Maker Berbasis Seni Budaya Lokal. DIDAKTIKA: Jurnal Pemikiran Pendidikan, 26(2), 1–13. https://doi.org/10.30587/didaktika.v26i2.1468. DOI: https://doi.org/10.30587/didaktika.v26i2.1468

Putria, H., Maula, L. H., & Uswatun, D. A. (2020). Analisis Proses Pembelajaran Dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi Covid- 19 pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 861–870. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.460. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.460

Rahadhian, L. N. R., Fajriah, N., & Suryaningsih, Y. (2022). Pengembangan Modul Pembelajaran Flipbook Pada Materi Aritmetika Sosial Berbasis Etnomatematika Pasar Terapung. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 55–64. https://doi.org/10.20527/edumat.v10i1.12939. DOI: https://doi.org/10.20527/edumat.v10i1.12939

Rahayu, S., & Hidayati, W. N. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Penggunaan Media Bangun Ruang Dan Bangun Datar Pada Siswa Kelas V Sdn Jomin Barat I Kecamatan Kotabaru Kabupaten Karawang. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 4(2), 204. https://doi.org/10.30870/jpsd.v4i2.3854. DOI: https://doi.org/10.30870/jpsd.v4i2.3854

Rohman, M. G., & Susilo, P. H. (2019). Peran Guru dalam Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Studi Kasus di TK Muslimat Nu Maslakul Huda. Reforma: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 8(1), 173–177. https://doi.org/10.30736/rfma.v8i1.140. DOI: https://doi.org/10.30736/rfma.v8i1.140

Rosmiati, M. (2019). Animasi Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris Menggunakan Metode ADDIE. Paradigma - Jurnal Komputer Dan Informatika, 21(2), 261–268. https://doi.org/10.31294/p.v21i2.6019. DOI: https://doi.org/10.31294/p.v21i2.6019

Rudyanto, H. E., Kartikasari, H. A., & Pratiwi, D. (2019). Etnomatematika Budaya Jawa: Inovasi Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar (JBPD), 3(2), 25–32. https://doi.org/10.21067/jbpd.v3i2.3348. DOI: https://doi.org/10.21067/jbpd.v3i2.3348

Rusnilawati, R., & Gustiana, E. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Elektronik (BAE) Berbantuan Flipbook Berbasis Keterampilan Pemecahan Masalah Dengan Pendekatan CTL pada Pembelajaran Matematika Kelas V Sekolah Dasar. Profesi Pendidikan Dasar, 4(2), 190–201. https://doi.org/10.23917/ppd.v4i2.5450. DOI: https://doi.org/10.23917/ppd.v4i2.5450

Salsabila, U. H., Lestari, W. M., Habibah, R., Andaresta, O., & Yulianingsih, D. (2020). Pemanfaatan Teknologi Media Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2), 1–13. https://doi.org/10.33648/alqiyam.v3i1.200. DOI: https://doi.org/10.30742/tpd.v2i2.1070

Sari, F. F. K., & Atmojo, I. R. W. (2021). Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Digital Berbasis Flipbook untuk Memberdayakan Keterampilan Abad 21 Peserta Didik pada Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 6079–6085. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1715. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1715

Sari, W. N., & Ahmad, M. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Digital di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2819–2826. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.1012. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.1012

Sarwoedi, Marinka, D. O., Febriani, P., & Wirne, I. N. (2018). Efektivitas Etnomatematika dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 3(2), 171–176. https://doi.org/10.33449/jpmr.v3i2.7521.

Setiadi, M. I., Muksar, M., & Suprianti, D. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Flipbook untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan (JISIP), 5(4), 1067–1075. https://doi.org/10.36312/jisip.v5i4.2542/http. DOI: https://doi.org/10.58258/jisip.v5i4.2542

Setiawan, Y. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran Matematika SD Berbasis Permainan Tradisional Indonesia dan Pendekatan Matematika Realistik. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(1), 12–21. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i1.p12-21. DOI: https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i1.p12-21

Sintiya, M. W., Astuti, E. P., & Purwoko, R. Y. (2021). Pengembangan E-modul Berbasis Etnomatematika Motif Batik Adi Purwo untuk Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 6(1), 1–15. https://doi.org/10.33369/jpmr.v6i1.12556.

SisteIswanto, E., Sumiharsono, R., & Hidayat, S. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Powerpoint Dan Buku Teks Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Materi Tata Surya Siswa Kelas VI Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018-2019 di MI Negeri 2 Jember. Journal of Education Tech, 1(2), 7–20. https://doi.org/10.31537/jeti.v1i2.172. DOI: https://doi.org/10.31537/jeti.v1i2.172

Sriyanti, I., Almafie, M. R., Marlina, L., & Jauhari, J. (2020). The effect of Using Flipbook-Based E-modules on Student Learning Outcomes. Kasuari: Physics Education Journal (KPEJ), 3(2), 69–75. https://doi.org/10.37891/kpej.v3i2.156. DOI: https://doi.org/10.37891/kpej.v3i2.156

Suardipa, I. P., & Primayana, K. H. (2020). Peran Desain Evaluasi Pembelajaran untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Widyacarya: Jurnal Pendidikan, Agama & Budaya, 4(2), 88–100. https://doi.org/10.55115/widyacarya.v4i2.796.

Suartama, I. K. (2016). Evaluasi dan Kriteria Kualitas Multimedia Pembelajaran. Universitas Pendidikan Ganesha. https://www.researchgate.net/publication/335541585.

Sudarma, I. K. (2015). Desain Pesan Kajian Analitis Desain Visual Teks dan Image. Graha Ilmu.

Suwaib, S., Riyanto, Y., & Subroto, W. T. (2020). Mapping Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SD Negeri 002 Sebatik Utara Kabupaten Nunukan. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(2), 163–173. https://doi.org/10.26740/jrpd.v6n2.p163-173. DOI: https://doi.org/10.26740/jrpd.v6n2.p163-173

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103–114. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113. DOI: https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113

Tegeh, I. M. (2014). Model Penelitian Pengembangan. Universitas Pendidikan Ganesha.

Umbara, Sujana, I. W., & Negara, I. G. A. O. (2020). Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Gambar Seri BerpengaruhTerhadap Kompetensi Pengetahuan IPS Siswa. Jurnal Mimbar Ilmu, 25(2), 174–186. https://doi.org/10.23887/mi.v25i2.25154. DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v25i2.25154

Wahyuningsih, S., Nurjanah, N. E., Rasmani, U. E. E., Hafidah, R., Pudyaningtyas, A. R., & Syamsuddin, M. M. (2020). STEAM Learning in Early Childhood Education: A Literature Review. International Journal of Pedagogy and Teacher Education, 4(1), 33. https://doi.org/10.20961/ijpte.v4i1.39855. DOI: https://doi.org/10.20961/ijpte.v4i1.39855

Wibowo, E., & Pratiwi, D. D. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Menggunakan Aplikasi Kvisoft Flipbook Maker Materi Himpunan. Desimal: Jurnal Matematika, 1(2), 147. https://doi.org/10.24042/djm.v1i2.2279. DOI: https://doi.org/10.24042/djm.v1i2.2279

Widodo, L. S., Prayitno, H. J., & Widyasari, C. (2021). Kemandirian Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar melalui Daring dengan Model Pembelajaran Flipped Classroom. Jurnal Basicedu, 5(5), 3902–3911. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1404. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1404

Yanti, D., Widada, W., & Zamzaili, Z. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Open Ended Peserta Didik Sekolah Negeri dan Swasta dalam Pembelajaran Matematika Realistik Berorientasi Etnomatematika Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 3(1), 21–31. https://doi.org/https://doi.org/10.31186/jpmr.v3i1.6284.

Yantoro, Y., Hariandi, A., Mawahdah, Z., & Muspawi, M. (2021). Inovasi Guru dalam Pembelajaran di Era Pandemi Covid-19. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 7(1), 8–15. https://doi.org/10.29210/02021759. DOI: https://doi.org/10.29210/02021759

Yestiani, D. K., & Zahwa, N. (2020). Peran Guru dalam Pembelajaran pada Siswa Sekolah Dasar. Fondatia: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 41–47. https://doi.org/10.36088/fondatia.v4i1.515. DOI: https://doi.org/10.36088/fondatia.v4i1.515

Yunianto, T., Negara, H. S., & Suherman, S. (2019). Flip Builder: Pengembangannya pada Media Pembelajaran Matematika. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 6(2), 115–127. https://doi.org/10.24042/terampil.v6i2.5056. DOI: https://doi.org/10.24042/terampil.v6i2.5056

Yuniawardani, V., & Mawardi, M. (2021). Peningkatan Hasil Belajar pada Pembelajaran Matematika dengan Model Problem Based Learning Kelas IV SD. JARTIKA : Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan, 1(2), 24–32.

Zahwa, F. A., & Syafi’i, I. (2022). Pemilihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi, 19(01), 61–78. https://doi.org/10.25134/equi.v19i01.3963. DOI: https://doi.org/10.25134/equi.v19i01.3963

Zulhelmi, Z. (2021). Pemanfaatan Kvisoft Flipbook Maker dalam Rangka Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(2), 217–226. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i2.31209. DOI: https://doi.org/10.23887/jipp.v5i2.31209

Downloads

Published

2022-12-24

How to Cite

Susiliastini, N. K. T., & Sujana, I. W. (2022). Flipbook: Media Pembelajaran Inovatif Berbasis Etnomatematika pada Muatan Pelajaran Matematika Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia, 5(2), 105–118. https://doi.org/10.23887/jpmu.v5i2.54596

Issue

Section

Articles