Pengaruh Model Problem Based Learning Berlandaskan Tat Twam Asi Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS

Kadek Agus Sanjaya Pande, I Wayan Sujana, I.G.A Agung Sri Asri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning berlandaskan Tat Twam Asi terhadap kompetensi pengetahuan IPS siswa kelas IV SDN Gugus Dr. Soetomo Kecamatan Denpasar Selatan. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan menggunakan rancangan non equivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN Gugus Dr. Soetomo Kecamatan Denpasar Selatan yang berjumlah 229 orang. Penentuan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling dengan pengundian pada kelas yang setara. Hasil pengundian ditetapkan kelas IV A SDN 12 Sesetan sebagai kelompok eksperimen yang berjumlah 30 orang siswa, dan kelas IV B SDN 9 Sesetan sebagai kelompok kontrol yang berjumlah 35 orang siswa. Data kompetensi pengetahuan IPS dikumpulkan dengan teknik tes bentuk pilihan ganda biasa, dan data dianalisis menggunakan teknik uji-t. Dari hasil analisis diperoleh rata-rata siswa yang dibelajarkan dengan model problem based learning berlandaskan Tat Twam Asi dengan rata-rata gain skor ternormalisasi 0,361, dan siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional dengan rata-rata gain skor ternormalisasi 0,280. Hasil uji t diperoleh  sebesar 2,038, sedangkan nilai  dengan taraf signifikansi 5% dengan dk = 63 adalah sebesar 1,998. Ini berarti  >  (2,038 > 1,998). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model problem based learning berlandaskan Tat Twam Asi terhadap kompetensi pengetahuan IPS siswa kelas IV SDN Gugus Dr. Soetomo Kecamatan Denpasar Selatan.


References


Arikunto, Suharsimi. 2016. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara

Koyan, I. Wayan . 2011. Asesmen Dalam Pendidikan. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha

Koyan, I. Wayan. 2012. Statistik Pendidikan Teknik Analisis Data Kuantitatif. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha Press.

Santiani, Ni Wayan. (2017). “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based

Learning Berbantuan Media Konkret Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa

Kelas V SD”. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Mimbar

PGSD, Volume 5, Nomor 2.

Subagiasta, I Ketut. 2007. Etika Pendidikan Agama Hindu. Surabaya:Paramita.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar.

Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003. Jakarta: Presiden Republik Indonesia. diakses pada tanggal: 3 Oktober 2019

Widayati, Ninik Sri dan Muaddab, Hafiz. 2012. 29 Model-Model Pembelajaran Inovatif. Surabaya : CV Garuda Mas Sejahtera




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jpmu.v3i2.27267

Article Metrics

Abstract view : 316 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia  is published by:

LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (LPPM)

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Kode Pos 81116
Telp. 0362-22928
Homepage: https://lppm.undiksha.ac.id
Email: wayanwidiana85@undiksha.ac.id

 


Jurnal Pendidikan Multikultural indexed by:

CrossrefAkreditasi SINTA

 

Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Multikultural is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.