Rekonstruksi Pemikiran Belajar Dan Pembelajaran Pkn Sd Sebagai Yadnya Dalam Rangka Perwujudan Dharma Agama Dan Dharma Negara Berbasis Konstruktivisme
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v42i3%20Okt.1757Abstract
Penelitian ini bertujuan mengembangkan model inovasi belajar dan pembelajaran PKn SD sebagai yadnya dengan menggunakan pendekatan budaya spiritual Hindu dan me-ngembangkan suplemen materi PKn SD bermuatan kearifan lokal berbasis ajaran Hindu tentang pelaksanaan dharma agama dan dharma negara. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan research and development yang bersifat multiyear. Untuk tahun pertama ini penelitian dilakukan dengan mensinergikan studi etnografi dan studi need assessment. Data yang diperlukan adalah tentang model belajar dan pembelajaran PKn sebagi yadnya dan pengembangan suplemen materi PKn kelas VI SD tentang hubungan antara dharma agama dan dharma negara. Data diperoleh dari subjek tokoh masyarakat, ilmuwan, dan praktisi guru-guru PKn dan guru-guru SD serta dokumen tertulis yang dipilih secara purpossive dan menggunakan teknik snowball sampling. Data dikumpulkan dengan metode wawancara mendalam, pencatatan dokumen, diskusi kelompok terarah, penilaian ahli, dan penilaian praktisi. Data dianalisis secara kualitatif dengan metode verbatim dan model prosedur analisis data menurut Spradley. Hasil penelitian ini menunjukkan sebagai berikut. Pertama, penelitian ini berhasil mengembangkan prototipe model belajar dan pembelajaran PKn SD sebagai yadnya. Model belajar dan pembelajaran PKn ini berbasis pada pandangan konstruktivisme budaya spiritual dan relevan dengan pandangan filosofis masyarakat Hindu tentang hakikat pengetahuan yang berperspektif kritis dan multidimensi. Kedua, penelitian ini juga berhasil mengembangkan prototipe suplemen materi PKn SD kelas VI berorientasi kearifan lokal tentang pelaksanaan dharma negara berbasis dharma agama.
Kata kunci: belajar dan pembelajaran PKn sebagai yadnya, dharma agama dan dharma negara, dan konstruktivisme
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Pendidikan dan Pengajaran agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)