Rekonstruksi Pemikiran Belajar Dan Pembelajaran Pkn Sd Sebagai Yadnya Dalam Rangka Perwujudan Dharma Agama Dan Dharma Negara Berbasis Konstruktivisme

Authors

  • Sukadi .
  • Dewa Bagus Sanjaya
  • I Wayan Kertih

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v42i3%20Okt.1757

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan model inovasi belajar dan pembelajaran PKn SD sebagai yadnya dengan menggunakan pendekatan budaya spiritual Hindu dan me-ngembangkan suplemen materi PKn SD bermuatan kearifan lokal berbasis ajaran Hindu tentang pelaksanaan dharma agama dan dharma negara. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan research and development yang bersifat multiyear. Untuk tahun pertama ini penelitian dilakukan dengan mensinergikan studi etnografi dan studi need assessment. Data yang diperlukan adalah tentang model belajar dan pembelajaran PKn sebagi yadnya dan pengembangan suplemen materi PKn kelas VI SD tentang hubungan antara dharma agama dan dharma negara. Data diperoleh dari subjek tokoh masyarakat, ilmuwan, dan praktisi guru-guru PKn dan guru-guru  SD serta dokumen tertulis yang dipilih secara purpossive dan menggunakan teknik snowball sampling. Data dikumpulkan dengan metode wawancara mendalam, pencatatan dokumen, diskusi kelompok terarah, penilaian ahli, dan penilaian praktisi. Data dianalisis secara kualitatif dengan metode verbatim dan model prosedur analisis data menurut Spradley. Hasil penelitian ini menunjukkan sebagai berikut. Pertama, penelitian ini berhasil mengembangkan prototipe model belajar dan pembelajaran PKn SD sebagai yadnya. Model belajar dan pembelajaran PKn ini berbasis pada pandangan konstruktivisme budaya spiritual dan relevan dengan pandangan filosofis masyarakat Hindu tentang hakikat pengetahuan yang berperspektif kritis dan multidimensi. Kedua, penelitian ini juga berhasil mengembangkan prototipe suplemen materi PKn SD kelas VI berorientasi kearifan lokal tentang pelaksanaan dharma negara berbasis dharma agama.

Kata kunci: belajar dan pembelajaran PKn sebagai yadnya, dharma agama dan dharma negara, dan konstruktivisme

Downloads

Published

2009-10-31

How to Cite

., S., Sanjaya, D. B., & Kertih, I. W. (2009). Rekonstruksi Pemikiran Belajar Dan Pembelajaran Pkn Sd Sebagai Yadnya Dalam Rangka Perwujudan Dharma Agama Dan Dharma Negara Berbasis Konstruktivisme. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 42(3). https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v42i3 Okt.1757

Issue

Section

Articles