PEMANFAATAN METODE LECTURING COMMITTEE DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PERKULIAHAN
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v43i3.126Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas perkuliahan dengan menerapkanmodifikasi metode ceramah (lecture) dalam perkuliahan Teaching English as a Foreign Language
(TEFL) yaitu perkuliahan dipandu oleh panitia kuliah (Lecturing Committee) yang terdiri dari dosen
dan sejumlah mahasiswa. Dosen mengantarkan perkuliahan secara umum dan masing-masing
anggota panitia mendapat bagian untuk menjelaskan secara terfokus dengan simulasi contohcontoh
yang riil untuk setiap konsep-konsep yang disampaikan. Metode ini berhasil membangun
atmosfir baru dalam perkuliahan dimana setiap mahasiswa merasa termotivasi untuk mendengar
dan berpartisipasi dalam perkuliahan. Apalagi pada akhir setiap perkuliahan, panitia memberikan
kuis tentang materi yang telah disampaikan sehingga setiap mahasiswa mengembangkan strategi
belajar mandiri sebelum perkuliahan berlangsung. Ini berdampak pada peningkatan hasil belajar
pada mata kuliah TEFL tersebut.
Kata-kata kunci: metode lecturing committee, kualitas perkuliahan, teaching English as a
Foreign Language
Downloads
Published
2010-10-01
How to Cite
Artini, L. P. (2010). PEMANFAATAN METODE LECTURING COMMITTEE DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PERKULIAHAN. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 43(3). https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v43i3.126
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with Jurnal Pendidikan dan Pengajaran agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)