PEMANFAATAN METODE LECTURING COMMITTEE DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PERKULIAHAN

Penulis

  • Luh Putu Artini

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v43i3.126

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas perkuliahan dengan menerapkan
modifikasi metode ceramah (lecture) dalam perkuliahan Teaching English as a Foreign Language
(TEFL) yaitu perkuliahan dipandu oleh panitia kuliah (Lecturing Committee) yang terdiri dari dosen
dan sejumlah mahasiswa. Dosen mengantarkan perkuliahan secara umum dan masing-masing
anggota panitia mendapat bagian untuk menjelaskan secara terfokus dengan simulasi contohcontoh
yang riil untuk setiap konsep-konsep yang disampaikan. Metode ini berhasil membangun
atmosfir baru dalam perkuliahan dimana setiap mahasiswa merasa termotivasi untuk mendengar
dan berpartisipasi dalam perkuliahan. Apalagi pada akhir setiap perkuliahan, panitia memberikan
kuis tentang materi yang telah disampaikan sehingga setiap mahasiswa mengembangkan strategi
belajar mandiri sebelum perkuliahan berlangsung. Ini berdampak pada peningkatan hasil belajar
pada mata kuliah TEFL tersebut.
Kata-kata kunci: metode lecturing committee, kualitas perkuliahan, teaching English as a
Foreign Language

Diterbitkan

2010-10-01

Cara Mengutip

Artini, L. P. (2010). PEMANFAATAN METODE LECTURING COMMITTEE DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PERKULIAHAN. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 43(3). https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v43i3.126

Terbitan

Bagian

Articles