Penilaian Kompetemsi Kepala Sekolah dan Guru dalam Bekerja di Sekolah

Penulis

  • I Wayan Subagia
  • I Gusti Lanang Wiratma

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v45i3.1838

Abstrak

Penelitian ini merupakan studi kasus yang bertujuan untuk mengungkapkan secara mendalam penilaian kompetensi kepala sekolah dan guru dalam bekerja di sekolah. Penelitian ini dilakukan di sekolah menengah (SMA dan SMK) di kota Singaraja Kabupaten Buleleng dengan teknik penilaian silang. Informan yang dilibatkan dalam penelitian ini sebanyak 16 orang terdiri atas empat orang kepala sekolah dan 12 orang guru. Seluruh data dikumpulkan melalui wawancara dan dianalisis secara interpretatif dengan teknik triangulasi sumber informasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penilaian kompetensi kepala sekolah dan guru dapat dikelompokkan menjadi dua, yaitu penilaian keprofesionalan dan kepribadian. Cara yang digunakan untuk menilai kompetensi kepala sekolah dan guru adalah dengan cara observasi secara terus menerus, baik kinerja maupun hasil kerjanya. Berdasarkan temuan tersebut dapat disimpukan bahwa penilaian kompetensi kepala sekolah dan guru di sekolah dilakukan sesuai dengan tindakan atau aktivitas yang dilakukan selama bekerja.

Kata-kata Kunci: penilaian kompetensi, kompetensi kepala sekolah, kompetensi guru.

Diterbitkan

2012-10-01

Cara Mengutip

Subagia, I. W., & Wiratma, I. G. L. (2012). Penilaian Kompetemsi Kepala Sekolah dan Guru dalam Bekerja di Sekolah. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 45(3). https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v45i3.1838

Terbitan

Bagian

Articles