Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Realistik untuk Meningkat-kan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP

Penulis

  • Luh Dewi Murniati
  • I Made Candiasa
  • I Made Kirna

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v46i2%20Juli.2670

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembang-kan perangkat pembelajaran matematika realistik yang teruji validitas, kepraktisan dan efektivi-tasnya dalam upaya meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa SMP kelas VII. Model pengembangan yang digunakan adalah model Plomp yang terdiri atas lima tahap yaitu: (1) investigasi awal, (2) desain, (3) realisasi, (4) tes, evaluasi, dan revisi, dan (5) implementasi. Subjek coba pada uji perorangan, kelompok kecil dan uji lapangan adalah siswa SMPN 2 Semarapura yang masing-masing berjumlah 3, 12, dan 30 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran tergolong kriteria baik yang telah memenuhi persyaratan validitas dan kepraktisan. Implementasi perangkat pembelajaran matematika realistik juga efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa SMP sebagai subjek coba

 

Kata-kata Kunci:bahan ajar matematika, matematika realistik, pemecahan masalah

Diterbitkan

2013-07-01

Cara Mengutip

Murniati, L. D., Candiasa, I. M., & Kirna, I. M. (2013). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Realistik untuk Meningkat-kan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 46(2). https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v46i2 Juli.2670

Terbitan

Bagian

Articles