KEMAMPUAN SISWA SEKOLAH DASAR DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA REAL

Penulis

  • I Gusti Putu Suharta Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v49i3.9018

Kata Kunci:

Pemecahan Masalah, Pendidikan Matemátika Realistik, Masalah Matemátika Real, Alasan Realistik

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan siswa dalam pemecahan masalah matematika real, dan  alasan realistik yang diberikan oleh siswa dilihat dari perbedaan jenis kelamin. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan rancangan studi kasus pada siswa kelas V SD No. 5 Penarukan dan SD No, 4 Kampung Baru Singaraja. Kedua SD tersebut merupakan sekolah binaan Jurusan Pendidikan Matemátika FMIPA Undiksha dalam pengembangan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI). Data tentang kemampuan siswa dalam pemecahan masalah matemátika real  dan alasan realistik yang diberikan oleh siswa dikumpulkan dengan tes dan wawancara. Selanjutnya análisis data menggunakan statistik deskriptif.  Hasil penelitian adalah: (1) kemampuan siswa dalam pemecahan masalah matematika real tergolong sangat lemah, baik dalam melakukan operasi numerik maupun dalam memberi alasan realistik, (2) lemahnya kemampuan siswa dalam memberikan pertimbangan realistik karena guru belum membiasakan siswa untuk memberikan masalah yang menuntut adanya pertimbangan realistik,  minat siswa rendah, dan kemampuan siswa dalam matematika sangat rendah, (3) siswa cenderung memecahkan masalah hanya memperhatikan bilangan yang ada, tanpa memikirkan apa yang dimaksud oleh masalah tersebut, dan (4) dilihat dari perbedaan jenis kelamin, cenderung tidak ada perbedaan kemampuan siswa dalam memberikan alasan realistik.

Diterbitkan

2016-12-11

Cara Mengutip

Suharta, I. G. P. (2016). KEMAMPUAN SISWA SEKOLAH DASAR DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA REAL. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 49(3), 137–147. https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v49i3.9018

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama