PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES DIAGNOSTIK FOUR TIER UNTUK MENGIDENTIFIKASI MISKONSEPSI PESERTA DIDIK
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppii.v15i1.91287Keywords:
Miskonsepsi; Tes Diagnostik Four-TierAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan 1) Bagaimanakah validitas instrumen tes diagnostik four tier; 2) kepraktisan instrumen tes diagnostik four tier; 3) efektivitas instrumen tes diagnostik four tier dalam mengidentifikasi miskonsepsi peserta didik pada materi zat dan perubahannya. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D). Penelitian pengembangan ini dikembangkan dengan model pengembangan 4D dari Thiagarajan dengan tahap define, design, develop dan disseminate. Penelitian pengembangan yang dilakukan adalah pengembangan instrumen tes diagnostik four-tier. Pada tahap define dilakukan analisis kebutuhan, tahap design dikembangkan instrumen test four-tier, tahap develop dilakukan uji kelayakan butir soal untuk mengidentifikasi miskonsepsi yang terdiri dari uji validitas isi, uji kepraktsan dan uji efektivitas butir soal dalam mengidentifikasi miskonsepsi peserta didik. Subjek dan objek penelitian: 2 orang expert judgment untuk menilai validitas isi; Seorang guru dan 3 orang siswa menilai kepraktisan setiap butir soal; Siswa kelas VII (71 orang) mengerjakan tes diagnostik four-tier zat dan perubahannya. Hasil analisis data dinyatakan valid dari isi jika Koefisien validasi Gregory rentang 0,60-0,80; praktis jika rerata skor 66-79, dan efektif mengidentifikasi miskonsepsi jika masing-masing butir tes mampu mengidentifikasi miskonsepsi. Hasil penelitian menunjukkan instrumen tes diagnostik sangat valid, sangat praktis dan sangat efektif, sehingga layak digunakan untuk mengidentifikasi miskonsepsi siswa.
References
Abbas, M. L. H. (2016). Pengembangan Instrumen Three Tier Diagnostic Test Miskonsepsi Suhu dan Kalor. Education Humanistics, 01(2).
Coştu, B. (2008). Big bubbles in boiling liquids: Students’ views. Chemistry Education Research and Practice, 9(3). https://doi.org/10.1039/b812410h
Dounas-Frazer, D. R., & Lewandowski, H. J. (2018). The Modelling Framework for Experimental Physics: Description, development, and applications. European Journal of Physics, 39(6). https://doi.org/10.1088/1361-6404/aae3ce
Driver, R., Guesne, E., & Tiberghien, A. (1985). Children’s Ideas and the Learning of Science. In Children’s Ideas in Science.
Fries-Gaither, J. (2008). Common misconceptions about states and changes of matter and the water cycl. https://beyondpenguins.ehe.osu.edu/
Gregory, R. . (2000). Psychological Testing: History, Principles and Applications. Allyn & Bacon.
Guerra, P. T., Wong, L. J. G., Roldán, H. M., García, C., Padilla, C. R., Gómez, R. A., & Tamez, R. S. (2001). Bioinsecticidas: su empleo, producción y comercialización en México. Ciencia UANL, 4(2). https://www.redalyc.org/pdf/402/40240205.pdf
Habiddin, & Page, E. M. (2019). Development and validation of a four-tier diagnostic instrument for chemical kinetics (FTDICK). Indonesian Journal of Chemistry, 19(3). https://doi.org/10.22146/ijc.39218
Inabuy, V., Sutia, C., Maryana, O. F. T., Hardanie, B. D., & Lestari, S. H. (2021). Ilmu Pengetahuan Alam untuk SMP Kelas VII. In Pusat Kurikulum dan Perbukuan Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Istighfarin, L., Rachmadiarti, F., & Budiono, D. (2015). Profil Miskonsepsi Siswa pada Materi Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan. Bioedu, 4(3). https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu/article/view/13430
Keeley, P. (2011). Formative Assessment Probes: How Far Did It Go? Science and Children, ERIC, 48(5), 24-24. https://eric.ed.gov/?id=EJ912459
Kiray, S. A., & Simsek, S. (2021). Determination and Evaluation of the Science Teacher Candidates’ Misconceptions About Density by Using Four-Tier Diagnostic Test. International Journal of Science and Mathematics Education, 19(5). https://doi.org/10.1007/s10763-020-10087-5
Llanos, J., Fernández-Marchante, C. M., García-Vargas, J. M., Lacasa, E., De La Osa, A. R., Sanchez-Silva, M. L., De Lucas-Consuegra, A., Garcia, M. T., & Borreguero, A. M. (2021). Game-Based Learning and Just-in-Time Teaching to Address Misconceptions and Improve Safety and Learning in Laboratory Activities. Journal of Chemical Education, 98(10). https://doi.org/10.1021/acs.jchemed.0c00878
Mariyadi, M., & WA, I. R. (2023). Analisis Miskonsepsi Peserta Didik Kelas Vi Sekolah Dasar Pada Pembelajaran Ipa Materi Gaya Gravitasi. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 13(1). https://doi.org/10.24929/lensa.v13i1.225
Osborne, R., & Freyberg, P. (1985). Learning in science : the implications of children’s science. In Journal of Chemical Information and Modeling.
Palmer, D. (2001). Students’ alternative conceptions and scientifically acceptable conceptions about gravity. International Journal of Science Education, 23(7). https://doi.org/10.1080/09500690010006527
Piaget, J. (1952). The origins of intelligence in children New York. In International Universities Press.
Prodjosantoso, A. K., Hertina, A. M., & Irwanto. (2019). The misconception diagnosis on ionic and covalent bonds concepts with three tier diagnostic test. International Journal of Instruction, 12(1). https://doi.org/10.29333/iji.2019.12194a
Putri E, Subekti H. Analisis miskonsepsi menggunakan metode four- tier certainty of response index: studi eksplorasi di SMP Negeri 60 Surabaya. Pensa E-Jurnal Pendidikan Sains. Juli 2021; 9(2):220-226. Tersedia dari: https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/index
Resbiantoro, G., Wanda Nugraha, A. (2017). Miskonsepsi Mahasiswa Pada Konsep Dasar Gaya Dan Gerak Untuk Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sains (JPS), 5(2). https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/JPKIMIA/article/view/2991
Sheftyawan, W. B., Prihandono, T., & Lesmono, A. D. (2018). Identifikasi Miskonsepsi Siswa Menggunakan Four-Tier Diagnostic Test Pada Materi Optik Geometri. Jurnal Pembelajaran Fisika, 7(2). https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPF/article/view/7921
Simamora, R., Maison, & Kurniawan, W. (2023). Identifikasi Miskonsepsi Peserta Didik Menggunakan Five-Tier Diagnostic Test pada Materi Fluida Statis di SMAN 7 Kota Jambi. Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika, 8(2). https://doi.org/10.36709/jipfi.v8i2.18
Smith, J. M. (1950). Introduction to chemical engineering thermodynamics. Journal of Chemical Education, 27(10). https://doi.org/10.1021/ed027p584.3
Sudiatmika, A. A. I. A. R., & Subagia, I. W. (2022). Profil Miskonsepsi Mahasiswa Prodi S2 Pendidikan IPA pada Materi Optik Menggunakan Tes Diagnostik Four Tier Test. Jurnal Matematika, Sains, Dan Pembelajarannya, 16(2). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPM/article/view/41118
Suparno. (2017). Miskonsepsi Dan Perubahan Konsep Pendidikan Fisika.
Thiagarajan. (1974). Thiagarajan, Sivasailam; And Others Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children: A Sourcebook. Research and Development, Mc.
Ubabuddin. (2019). Hakikat Belajar dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. IAIS Sambas, 1(1).
Üce, M., & Ceyhan, İ. (2019). Misconception in Chemistry Education and Practices to Eliminate Them: Literature Analysis. Journal of Education and Training Studies, 7(3). https://doi.org/10.11114/jets.v7i3.3990
Vosniadou, S. (2020). Students’ Misconceptions and Science Education. In Oxford Research Encyclopedia of Education. https://doi.org/10.1093/acrefore/9780190264093.013.965
Widiarini, P. (2020). Profil Miskonsepsi Mahasiswa Calon Guru Fisika Pada Konsep Gaya. Wahana Matematika Dan Sains: Jurnal Matematika, Sains, Dan Pembelajarannya., 14(1). https://doi.org/10.23887/wms.v14i1.24265
Widodo, A. dan W. (2020). Penggunaan Media Visual untuk Mengurangi Miskonsepsi Siswa. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 8(2), 123–130.
Yuliati, Y. (2017). Miskonsepsi Siswa Pada Pembelajaran Ipa Serta Remediasinya. Jurnal Bio Education, 2(2). http://dx.doi.org/10.31949/be.v2i2.1197
Zhang, L. (2017). Research on Financial Risk Prevention and Control. Based on Real Estate Asset Bubbles. https://doi.org/10.2991/emle-17.2017.31