PENERAPAN PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO PADA MATA KULIAH TATA BOGA II

Authors

  • Lise Asnur Pascasarjana Program Doktor Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang
  • Ambiyar Ambiyar Pascasarjana Program Doktor Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.23887/mi.v23i3.16435

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hasil belajar mahasiswa pada perkuliahan tata boga II  menggunakan video (2)  hasil belajar mahasiswa pada perkuliahan tata boga II  menggunakan pembelajaran konvensional. (3)  Ada tidaknya perbedaan hasil belajar mahasiswa menggunakan video dengan pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan bentuk Quasi Experimental Design  dengan bentuk posttest-only control group design. Penelitian ini dilakukan di Program Studi D4 Manajemen Perhotelan Universitas Negeri Padang dengan sampel penelitian diambil dari kelas eksperimen dan kelas kontrol, melalui teknik simpel random sampling. Pengumpulan data menggunakan pengukuran melalui tes essay. Uji asumsi yakni uji normalitas menggunakan kolmogrov smirnov, uji homogenitas menggunakan Levene Test,  sedangkan uji hipotesis menggunakan t-test. Adapun hasil penelitian yang diperoleh sebagai berikut. (1) rata-rata hasil belajar mahasiswa menggunakan video sebesar 61,58  (2) rata-rata hasil belajar mahasiswa menggunakan pembelajaran konvensional sebesar 55,86  (3) Terdapatnya perbedaan hasil belajar  mahasiswa menggunakan video dengan pembelajaran konvensional.

 

Kata kunci: penggunaan video, mata kuliah tata boga II

References

Ariani, Haryanto. 2010. Pembelajaran multimedia di sekolah. Jakarta: Prestasi Pustakaray.

Arsyad, A. 2004. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Arsyad, A, 2008. Media Pembelajaran, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Conrad, R.M.¸ & Donaldson, J. A. 2004. Jossey-bass guides to online teaching and learning engaging the online learner activities and resources for creative instruction. San Francisco:Jossey-Bass.

Munir, 2012. Multimedia konsep dan aplikasi dalam pendidikan. Bandung:

Sanaky, H.A. 2011. Media Pembelajaran Buku Pegangan Wajib Guru dan Dosen. Yogyakarta: Kaukaba Dipantara.

Sertifikasi Guru Rayon 120 Universitas Tanjung Pura. 2011. Bahan Ajar. Pontianak: Kami Pontianak.

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

.

Uno, H. B. dan Lamatenggo, N. 2010. Teknologi Komunikasi dan Informasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Pramono, Gatot. 2008. Pelatihan Pemanfaatan TIK untuk Pembeljaran: Pemanfaatan Multimedia Pembelajaran. Jakarta: Depdiknas

Putri, Nadya. 2012. EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MEDIA VIDEO UNTUK MENINGKATKAN PENGENALAN ALAT MUSIK DAERAH PADA PEMBELAJARAN IPS BAGI ANAK TUNAGRAHITA RINGAN DI SDLB 20 KOTA SOLOK. E-JUPEKhu (JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN KHUSUS). Volume 1 Nomor 2 Mei 2012.

Rusman. 2012. Belajar dan pembelajaran berbasis komputer. Bandung: Alfabeta

dkk, 2012. Pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Downloads

Published

2018-12-21

How to Cite

Asnur, L., & Ambiyar, A. (2018). PENERAPAN PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO PADA MATA KULIAH TATA BOGA II. Mimbar Ilmu, 23(3), 193–199. https://doi.org/10.23887/mi.v23i3.16435

Issue

Section

Articles