PENERAPAN PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO PADA MATA KULIAH TATA BOGA II
DOI:
https://doi.org/10.23887/mi.v23i3.16435Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hasil belajar mahasiswa pada perkuliahan tata boga II menggunakan video (2) hasil belajar mahasiswa pada perkuliahan tata boga II menggunakan pembelajaran konvensional. (3) Ada tidaknya perbedaan hasil belajar mahasiswa menggunakan video dengan pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan bentuk Quasi Experimental Design dengan bentuk posttest-only control group design. Penelitian ini dilakukan di Program Studi D4 Manajemen Perhotelan Universitas Negeri Padang dengan sampel penelitian diambil dari kelas eksperimen dan kelas kontrol, melalui teknik simpel random sampling. Pengumpulan data menggunakan pengukuran melalui tes essay. Uji asumsi yakni uji normalitas menggunakan kolmogrov smirnov, uji homogenitas menggunakan Levene Test, sedangkan uji hipotesis menggunakan t-test. Adapun hasil penelitian yang diperoleh sebagai berikut. (1) rata-rata hasil belajar mahasiswa menggunakan video sebesar 61,58 (2) rata-rata hasil belajar mahasiswa menggunakan pembelajaran konvensional sebesar 55,86 (3) Terdapatnya perbedaan hasil belajar mahasiswa menggunakan video dengan pembelajaran konvensional.
Kata kunci: penggunaan video, mata kuliah tata boga II
References
Ariani, Haryanto. 2010. Pembelajaran multimedia di sekolah. Jakarta: Prestasi Pustakaray.
Arsyad, A. 2004. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Arsyad, A, 2008. Media Pembelajaran, Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Conrad, R.M.¸ & Donaldson, J. A. 2004. Jossey-bass guides to online teaching and learning engaging the online learner activities and resources for creative instruction. San Francisco:Jossey-Bass.
Munir, 2012. Multimedia konsep dan aplikasi dalam pendidikan. Bandung:
Sanaky, H.A. 2011. Media Pembelajaran Buku Pegangan Wajib Guru dan Dosen. Yogyakarta: Kaukaba Dipantara.
Sertifikasi Guru Rayon 120 Universitas Tanjung Pura. 2011. Bahan Ajar. Pontianak: Kami Pontianak.
Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
.
Uno, H. B. dan Lamatenggo, N. 2010. Teknologi Komunikasi dan Informasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Pramono, Gatot. 2008. Pelatihan Pemanfaatan TIK untuk Pembeljaran: Pemanfaatan Multimedia Pembelajaran. Jakarta: Depdiknas
Putri, Nadya. 2012. EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MEDIA VIDEO UNTUK MENINGKATKAN PENGENALAN ALAT MUSIK DAERAH PADA PEMBELAJARAN IPS BAGI ANAK TUNAGRAHITA RINGAN DI SDLB 20 KOTA SOLOK. E-JUPEKhu (JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN KHUSUS). Volume 1 Nomor 2 Mei 2012.
Rusman. 2012. Belajar dan pembelajaran berbasis komputer. Bandung: Alfabeta
dkk, 2012. Pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.