PENGARUH PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN PENGGUNAAN APLIKASI SPSS MATA KULIAH STATISTIK

Authors

  • Auliana Nasution UMN Al Washliyah, UNP
  • Ambiyar Ambiyar UMN Al Washliyah, UNP

DOI:

https://doi.org/10.23887/mi.v23i3.16440

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh pemahaman konsep matematika terhadap penggunaan aplikasi SPSS. Jenis penelitian ini adalah assosiatif, alat pengumpulan data menggunakan tes yang disebarkan kepada 35 orang sampel yang diambil secara acak. Analisis data yang dipakai adalah analisis deskriptif dan analisis regresi linier sederhana dengan menggunakan program SPSS 20 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan variabel pemahaman konsep matematika signifikan terhadap kemampuan penggunaan Aplikasi SPSS pada mata kuliah statistik, dengan demikian maka hipotesis(H0) diterima.

Kata kunci : Pemahaman, Konsep Matematika, Aplikasi SPSS

References

Creswell, Jhon W. (2013). Research Design : Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Ter. Achmad Fawaid. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Iskandar, A. (2012). Peningkatan Kemampuan Pemahaman dan Komunikasi Matematika Siswa SD Melalui Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME). Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika FMIPA UNY. Yogyakarta : 10 Nopember 2012.

Kadir. (2016). Statistika Terapan Konsep, contoh dan Analisis Data dengan Program SPSS/Lisrel dalam Penelitian. Jakarta : PT. Rajagrafindo.

Mulyanta & Marlon. (2009). Tutorial Pembangunan Multimedia Interaktif. Yogyakarta : Universitas Atmajaya.

Trias, I. (2010). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Melalui Pemberian Tugas Concept Mapping pada Akhir Pembelajaran. Skripsi FPMIPA UPI Bandung. Tidak diterbitkan

Santoso, Singgih. (2018). Menguasai Statistik dengan SPSS 25.PT Elex Media Komputindo : Jakarta.

Sujatmikowati, Ani. (2010). Peningkatan Kemampuan Pemahaman dan Generalisasi Siswa dalam Matematika melalui Pembelajaran dengan Pendekatan Open-Ended. Tesis Pasca Sarjana UPI Bandung. Tidak Diterbitkan.

Susanti, Meila Nur Indah. (2010). Statistik Deskriptif dan Induktif. Graha ilmu : Yogyakarta

Uno, Hamzah. (2008). Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta : Bumi Aksara

Downloads

Published

2018-12-21

How to Cite

Nasution, A., & Ambiyar, A. (2018). PENGARUH PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN PENGGUNAAN APLIKASI SPSS MATA KULIAH STATISTIK. Mimbar Ilmu, 23(3), 231–236. https://doi.org/10.23887/mi.v23i3.16440

Issue

Section

Articles