PENGARUH PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN PENGGUNAAN APLIKASI SPSS MATA KULIAH STATISTIK
DOI:
https://doi.org/10.23887/mi.v23i3.16440Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh pemahaman konsep matematika terhadap penggunaan aplikasi SPSS. Jenis penelitian ini adalah assosiatif, alat pengumpulan data menggunakan tes yang disebarkan kepada 35 orang sampel yang diambil secara acak. Analisis data yang dipakai adalah analisis deskriptif dan analisis regresi linier sederhana dengan menggunakan program SPSS 20 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan variabel pemahaman konsep matematika signifikan terhadap kemampuan penggunaan Aplikasi SPSS pada mata kuliah statistik, dengan demikian maka hipotesis(H0) diterima.
Kata kunci : Pemahaman, Konsep Matematika, Aplikasi SPSSReferences
Creswell, Jhon W. (2013). Research Design : Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Ter. Achmad Fawaid. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Iskandar, A. (2012). Peningkatan Kemampuan Pemahaman dan Komunikasi Matematika Siswa SD Melalui Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME). Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika FMIPA UNY. Yogyakarta : 10 Nopember 2012.
Kadir. (2016). Statistika Terapan Konsep, contoh dan Analisis Data dengan Program SPSS/Lisrel dalam Penelitian. Jakarta : PT. Rajagrafindo.
Mulyanta & Marlon. (2009). Tutorial Pembangunan Multimedia Interaktif. Yogyakarta : Universitas Atmajaya.
Trias, I. (2010). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Melalui Pemberian Tugas Concept Mapping pada Akhir Pembelajaran. Skripsi FPMIPA UPI Bandung. Tidak diterbitkan
Santoso, Singgih. (2018). Menguasai Statistik dengan SPSS 25.PT Elex Media Komputindo : Jakarta.
Sujatmikowati, Ani. (2010). Peningkatan Kemampuan Pemahaman dan Generalisasi Siswa dalam Matematika melalui Pembelajaran dengan Pendekatan Open-Ended. Tesis Pasca Sarjana UPI Bandung. Tidak Diterbitkan.
Susanti, Meila Nur Indah. (2010). Statistik Deskriptif dan Induktif. Graha ilmu : Yogyakarta
Uno, Hamzah. (2008). Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta : Bumi Aksara
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.