PENINGKATAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS IX MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DI SMP KRISTEN 1 SALATIGA

Authors

  • Yohanes Eka Puspawan Program Studi Bimbingan dan Konseling, Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga
  • Tritjahjo Danny Soesilo Program Studi Bimbingan dan Konseling, Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga

DOI:

https://doi.org/10.23887/mi.v24i1.17455

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas IX melalui layanan bimbingan kelompok di SMP Kristen 1 Salatiga. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan bimbingan konseling (PTBK). Subjek penelitian adalah siswa kelas IX yang mempunyai minat belajar kategori rendah yaitu berjumlah 4 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa instrumen penelitian dengan skala minat belajar berdasar teori Hilgard (Slameto, 2010), dan pedoman observasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan  teknik analisis deskripsi komparatif. Hasil penelitian ialah terdapat peningkatan minat belajar siswa melalui 3 tahap siklus pemberian bimbingan kelompok dan berdasar observasi selama proses pembelajaran. Hasil penelitian terbukti bahwa bimbingan kelompok sudah meningkatkan minat belajar keseluruhan siswa.

 

Kata Kunci: Minat Belajar, Bimbingan Kelompok

References

Astuti, Heni. 2016. Hubungan Bimbingan Kelompok dengan Minat Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Pajangan Bantul Tahun Ajaran 2015/2016 dalam jurnal online. (http://repository.upy.ac.id/1307/1/1.%20ARTIKEL.pdf) diakses 12 Juni 2018 pukul 20.21 WIB.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2008. Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Fatmaningsih, Z., Sugiharto, D.Y.P. and Hartati, M.T.S., 2018. MENINGKATKAN SIKAP DISIPLIN BERLALU LINTAS MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK ROLE PLAYING. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 7(1).

Haryanti, Usmani. 2016. Pengaruh Bimbingan Kelompok terhadap Minat Belajar Siswa Kelas VIII di SMP Murni Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017 dalam jurnal online. (http://ejournal.utp.ac.id/index.php/JIS/article/download/430/414) diakses pada tanggal 7 Mei 2018 Pukul 17.54 WIB.

Hilgard, Ernet R. 1962. Introduction to Psychology. New York and Burlingame: Harcourt Brace and World Inc.

Prayitno. 2004. Pedoman Bimbingan Kelompok. Padang: Universitas Padang Press.

............... 2010. Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Septiyani, Dewi. 2017. Penggunaan Layanan Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas VIII SMP Sriwijaya Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2015/2016 (Skripsi) Bandar Lampung : FKIP (http://digilib.unila.ac.id/26605/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf ) diakses pada tanggal 5 Mei 2018 pukul 17.42 WIB.

Shaleh, A.R. dan M.A. Wahab. 2005. Psikologi Suatu Pengantar dalam Perseptif Islam. Jakarta: Prenada Media.

Slameto. 1988. Bimbingan di Sekolah. Salatiga: Universitas Kristen Satya

Wacana.

Soesilo, Tritjahjo Danny. 2014. Strategi Pelaksanaan Penelitian Tindakan dalam Bimbingan & Konseling. Salatiga: Griya Media.

Syah, Muhibbin. 1997. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Luh Suardani / Meningkatkan Minat & Hasil Belajar Siswa dalam Berkomunikasi Bahasa Inggris melalui Metode Role Play pada Mata Pelajaran Memproses Reservasi Siswa Lestari, E.D., 2018. Manajemen Persekolahan: Pengembangan Song, Word Map, Game dan Role Play Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Untuk Meningkatkan Speaking Skill Dan Keterlibatan Siswa Kelas III SD Kristen Pelita Bangsa Lumajang. Manajemen Bisnis Kompetensi, 13(1).

Downloads

How to Cite

Eka Puspawan, Y., & Danny Soesilo, T. (2019). PENINGKATAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS IX MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DI SMP KRISTEN 1 SALATIGA. Mimbar Ilmu, 24(1), 83–88. https://doi.org/10.23887/mi.v24i1.17455

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)