PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK BERBANTUAN LAGU TRADISIONAL TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA

Authors

  • Ni Made Asih Megita Rani Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Ketut Ardana Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gusti Agung Oka Negara Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/mi.v24i3.21676

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh  model pembelajaran Talking Stick berbantuan Lagu Tradisional terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas V SD Gugus I Gusti Ngurah Rai Denpasar Barat tahun ajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini merupakan eksperimen semu dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Populasi dari penelitian ini siswa kelas V Gugus I Gusti Ngurah Rai yang berjumlah 11 kelas terdiri dari 385 siswa. Sampel ditentukan dengan teknik random sampling. Sampel dalam penelitian  ini adalah siswa kelas VA SDN 18 Padangsambian dengan jumlah siswa 38 siswa sebagai kelompok eksperimen  dan siswa kelas V SDN 17 Padangsambian dengan jumlah siswa 38 orang sebagai kelompok kontrol. Pengumpulan data kompetensi pengetahuan IPA dilakukan dengan metode tes dan instrumen yang digunakan berupa tes objektif pilihan ganda biasa. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji-t. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan model pembelajaran talking stick berbantuan lagu tradisional terhadap kompetensi pengetahuan IPA dengan pembelajaran konvensional siswa kelas V SD Gugus I Gusti Ngurah Rai Denpasar Barat tahun ajaran 2018/2019. Dengan demikian dapat disimpulkan, model pembelajaran Talking Stick berbantuan Lagu Tradisional berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas V SD Gugus  I Gusti Ngurah Rai Denpasar Barat Tahun Ajaran 2018/2019.

 

Kata-kata kunci : Talking Stick , Lagu Tradisional , kompetensi pengetahuan IPA.

References

Adnyana, Wira Surya. 2017. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Talking Stick Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Kelas V SD Gugus Kapten Kompyang Sujana”. Universitas Pendidikan Ganesha. Volume 5 nomor 3. (Diakses pada tanggal 1 Februari 2019).

Agung, 2016. Statistik Dasar untuk Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish.

Aqib, Zainal. 2013. Model-model,Media,dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Astuti, Ni Kadek Sri. 2017.”Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Berbasis Concept Song Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Kelas V SD Gugus Budi Utomo Denpasar Timur Tahun Ajaran 2016/2017”. Universitas Pendidikan Ganesha. Volume 5 nomor 2. (Diakses pada tanggal 1 Februari 2019).

Dantes, Nyoman. 2012. Metode Penelitian . Yogyakarta: Andi Offset.

Darmadi, Hamid. 2013. Dimensi-dimensi Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial. Bandung: Alfabeta.

Hasan, Iqbal. 2008. Analisis Data Penelitian dengan Statistik. Jakarta: Bumi Aksara.

Huda, Miftahul. 2014. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta :Pustaka Pelajar.

Kemendikbud. 2014. Permendikbud No. 103 Tahun 2014 tentang Pembelajaran Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah . Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Kosasih. 2014. Strategi Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Yrama Widya.

Kurniasih, Imas dan Berlin Sani. 2016. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran untuk Peningkatan Profesionalitas Guru. Surabaya : Kata Pena.

Lestari, Ni Ketut Trianti. 2017. “Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Berbantuan Lagu Daerah Terhadap Hasil Belajar IPS”. Universitas Pendidikan Ganesha. Volume 1 nomor 4. (Diakses pada tanggal 1 Februari 2019).

Pramudita, Meylana. 2016. Pembelajaran Lagu Daerah Dalam Menanamkan Apresiasi Siswa Kelas V Di SD 3 Blimbing Kidul Kabupaten Kudus. Universitas Negeri Semarang. (Diakses pada tanggal 1 Februari 2019).

Samatowa, Usman. 2011. Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: PT Indeks.

Setyosari, Punaji. 2015. Metode Penelitian Pendidikan & Pengembangan, Jakarta :Kharisma Putra Utama.

Sudijono, Anas. 2012. Pengantar Evaluasi Pendidikan, Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. 2010. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan kuantitatif kualitatif,dan R&D. Bandung: Alfabeta .

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif,dan R&D . Bandung: Alfabeta.

Sukardi. 2007. Metodelogi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta :Bumi Aksara.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar, Jakarta : Kharisma Putra Utama.

Widoyoko, Eko Putro. 2013. Evaluasi Program Pembelajaran.Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Downloads

Published

2019-10-30

How to Cite

Megita Rani, N. M. A., Ardana, I. K., & Oka Negara, I. G. A. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK BERBANTUAN LAGU TRADISIONAL TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA. Mimbar Ilmu, 24(3), 345–353. https://doi.org/10.23887/mi.v24i3.21676

Issue

Section

Articles