PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK BERBANTUAN LAGU TRADISIONAL TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA
DOI:
https://doi.org/10.23887/mi.v24i3.21676Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Talking Stick berbantuan Lagu Tradisional terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas V SD Gugus I Gusti Ngurah Rai Denpasar Barat tahun ajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini merupakan eksperimen semu dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Populasi dari penelitian ini siswa kelas V Gugus I Gusti Ngurah Rai yang berjumlah 11 kelas terdiri dari 385 siswa. Sampel ditentukan dengan teknik random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VA SDN 18 Padangsambian dengan jumlah siswa 38 siswa sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas V SDN 17 Padangsambian dengan jumlah siswa 38 orang sebagai kelompok kontrol. Pengumpulan data kompetensi pengetahuan IPA dilakukan dengan metode tes dan instrumen yang digunakan berupa tes objektif pilihan ganda biasa. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji-t. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan model pembelajaran talking stick berbantuan lagu tradisional terhadap kompetensi pengetahuan IPA dengan pembelajaran konvensional siswa kelas V SD Gugus I Gusti Ngurah Rai Denpasar Barat tahun ajaran 2018/2019. Dengan demikian dapat disimpulkan, model pembelajaran Talking Stick berbantuan Lagu Tradisional berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas V SD Gugus I Gusti Ngurah Rai Denpasar Barat Tahun Ajaran 2018/2019.
Kata-kata kunci : Talking Stick , Lagu Tradisional , kompetensi pengetahuan IPA.
References
Adnyana, Wira Surya. 2017. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Talking Stick Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Kelas V SD Gugus Kapten Kompyang Sujana”. Universitas Pendidikan Ganesha. Volume 5 nomor 3. (Diakses pada tanggal 1 Februari 2019).
Agung, 2016. Statistik Dasar untuk Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish.
Aqib, Zainal. 2013. Model-model,Media,dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya.
Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Astuti, Ni Kadek Sri. 2017.”Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Berbasis Concept Song Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Kelas V SD Gugus Budi Utomo Denpasar Timur Tahun Ajaran 2016/2017”. Universitas Pendidikan Ganesha. Volume 5 nomor 2. (Diakses pada tanggal 1 Februari 2019).
Dantes, Nyoman. 2012. Metode Penelitian . Yogyakarta: Andi Offset.
Darmadi, Hamid. 2013. Dimensi-dimensi Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial. Bandung: Alfabeta.
Hasan, Iqbal. 2008. Analisis Data Penelitian dengan Statistik. Jakarta: Bumi Aksara.
Huda, Miftahul. 2014. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta :Pustaka Pelajar.
Kemendikbud. 2014. Permendikbud No. 103 Tahun 2014 tentang Pembelajaran Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah . Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.
Kosasih. 2014. Strategi Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Yrama Widya.
Kurniasih, Imas dan Berlin Sani. 2016. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran untuk Peningkatan Profesionalitas Guru. Surabaya : Kata Pena.
Lestari, Ni Ketut Trianti. 2017. “Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Berbantuan Lagu Daerah Terhadap Hasil Belajar IPS”. Universitas Pendidikan Ganesha. Volume 1 nomor 4. (Diakses pada tanggal 1 Februari 2019).
Pramudita, Meylana. 2016. Pembelajaran Lagu Daerah Dalam Menanamkan Apresiasi Siswa Kelas V Di SD 3 Blimbing Kidul Kabupaten Kudus. Universitas Negeri Semarang. (Diakses pada tanggal 1 Februari 2019).
Samatowa, Usman. 2011. Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: PT Indeks.
Setyosari, Punaji. 2015. Metode Penelitian Pendidikan & Pengembangan, Jakarta :Kharisma Putra Utama.
Sudijono, Anas. 2012. Pengantar Evaluasi Pendidikan, Jakarta : Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. 2010. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan kuantitatif kualitatif,dan R&D. Bandung: Alfabeta .
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif,dan R&D . Bandung: Alfabeta.
Sukardi. 2007. Metodelogi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta :Bumi Aksara.
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar, Jakarta : Kharisma Putra Utama.
Widoyoko, Eko Putro. 2013. Evaluasi Program Pembelajaran.Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.