Korelasi Antara Rasa Ingin Tahu dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V
DOI:
https://doi.org/10.23887/mi.v25i1.24472Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi antara: 1) rasa ingin tahu dengan hasil belajar IPA, 2) motivasi belajar dengan hasil belajar IPA, dan 3) secara bersama-sama antara rasa ingin tahu dan motivasi belajar dengan hasil belajar IPA siswa kelas V di SD Gugus I Pandu Jembrana Tahun Pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian ex-post facto. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas V di SD Gugus I Pandu Jembrana Tahun Pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 159 orang. Pada penelitian ini menggunakan teknik sampel jenuh, sehingga keseluruhan dari populasi digunakan sebagai sampel. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode angket atau kuesioner dan pencatatan dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis regresi sederhana, dan analisis regresi ganda. Hasil yang didapat menunjukkan: 1) terdapat korelasi yang positif dan signifikan antara rasa ingin tahu dengan hasil belajar IPA yang rx1 = 0,817 dan koefisien determinasinya sebesar 66,8%, 2) terdapat korelasi yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar IPA yang rx2 = 0,166 dan koefisien determinasinya adalah 2,8%, 3) terdapat korelasi yang positif dan signifikan secara bersama-sama antara rasa ingin tahu dan motivasi belajar dengan hasil belajar IPA yang rx1x2 = 0,817 dan koefisien determinasinya adalah 66,8%. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat korelasi yang positif dan signifikan secara bersama-sama antara rasa ingin tahu dan motivasi belajar dengan hasil belajar IPA siswa kelas V di SD Gugus I Pandu Jembrana Tahun Pelajaran 2018/2019.
References
Agung, A. A. Gede. 2016. Statistika Dasar Untuk Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish.
Agung, A. A. Gede. 2016. Statistika Dasar Untuk Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish.
Agustiana, Tri, I. G. A & Tika, I. N. 2017. Konsep Dasar IPA: Aspek Fisika dan Kimia Dilengkapi dengan Model Pembelajaran Berbasis Proyek dan Kearifan Lokal. Yogyakarta: Penerbit Ombak.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2002. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Ghufron, M. Nur dan Rini Risnawati S. 2016. Teori-Teori Psikologi. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Hamalik, Oemar. 2009. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Angkasa.
Kementrian Pendidikan Nasional. 2010. Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa: Pedoman Sekolah. Jakarta: Balai Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum.
Muakhirin, B. 2014. Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Pendekatan Pembelajaran Inkuiri Pada Siswa SD. Jurnal Ilmiah Guru Caraka Olah Pikir Edukatif, Nomor 1.
Mustari, Mohamad. 2014. Nilai Karakter Refleksi Untuk Pendidikan. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Rohmawati, Elysa. 2017. Hubungan Motivasi Belajar dan Rasa Ingin Tahu dengan Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial SD Bagi Siswa Kelas V Se-Gugus Sendangadi Mlati Sleman. Skripsi (tidak diterbitkan) Program Studi Pendidikan guru Sekolah Dasar, Jurusan Pendidikan Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta.
Sardiman. 2011. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Sugianto, R.V. 2018. “Pengaruh Self-Congruity, Curiosity, dan Shopping Well-Being terhadap Pola Konsumsi Fast Fashion pada Generasi Millennial di Surabaya”. Agora, Volume 6, Nomor 1 (hlm.1-6).
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sukardi. 2012. Metodelogi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Uno, Hamzah B. 2008. Teori Motivasi & Pengukuran. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.