PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP IPA DAN SIKAP ILMIAH

Authors

  • Devi Octaviani Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Nyoman Murda Universitas Pendidikan Ganesha
  • Dewa Nyoman Sudana Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/mi.v24i3.21678

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) perbedaan yang signifikan pemahaman konsep IPA antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan siswa yang tidak dibelajarkan dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing, 2) perbedaan yang signifikan sikap ilmiah antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan siswa yang tidak dibelajarkan dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing, 3) secara simultan apakah terdapat perbedaan yang signifikan pemahaman konsep IPA dan sikap ilmiah antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan siswa yang tidak dibelajarkan dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan rancangan non-equivalent post-test only kontrol group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas IV di SD di Gugus VII Kecamatan Mengwi Tahun Pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 163 orang yang diambil dengan Teknik simple random sampling. Sampel penelitian ini yaitu siswa kelas IV SD Negeri 3 Mengwitani yang berjumlah 18 orang sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas IV SD Negeri 5 Mengwitani yang berjumlah 21 orang sebagai kelompok kontrol. Data penelitian dikumpulkan menggunakan metode tes dan non tes dengan instrumen tes objektif untuk mengukur pemahaman konsep IPA dan lembar kuesioner untuk mengukur sikap ilmiah siswa. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial (Manova). Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1)terdapat perbedaan yang signifikan pemahaman konsep IPA antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan siswa yang tidak dibelajarkan dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing (0,001<0,05) 2) terdapat perbedaan yang signifikan sikap ilmiah antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan siswa yang tidak dibelajarkan dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing (0,005<0,05) 3) secara simultan terdapat perbedaan yang signifikan pemahaman konsep IPA dan sikap ilmiah antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan siswa yang tidak dibelajarkan dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing (0,000<0,05).

 

Kata-kata kunci : Inkuiri Terbimbing, Sikap Ilmiah, Pemahaman Konsep IPA.

References

Agung. A. A. Gede. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan. Malang: Aditya Media Publishing.

Agung. A. A. Gede. 2016. Statitiska Dasar untuk Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish.

Artayana, Pt. Erwin, 2013 “Penerapan Model Inkuiri Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep IPA Dan Sikap Ilmiah Siswa Kelas IV SDN 1 Depeha Kecamatan Kubutambahan” Vol. 1, No 1.Tersedia Pada: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/842 Diakses, 20 Januari 2019

Bundu, P. 2006.Penilaian Ketrampilan Proses Dan Sikap Ilmiah Dalam Pembelajaran Sains Sekolah Dasar. Jakarta: Depdiknas Dirjen Pendidikan Tinggi Direktorat Ketenagaan.

Candiasa, I Made, 2010, Statistik Multivariat Dirsertai SPSS. Singaraja: Undiksha Pers

Candiasa, I Made. 2011, Pengujian Instrument Penelitian Disertai Aplikasi ITEMAN dan BIGSTEP. Singaraja: Undiksha Pers.

Dantes, Nyoman. 2014. Landasan Pendidikan Tinjauan Dari Dimensi Makropedagogis. Singaraja: Graha Ilmu.

Dwi Ariantari, Ni Md, dkk. 2013. “Pengaruh Model Pembelajaran Tandur terhadap Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Gugus VI Kecamatan Buleleng”. Ejournal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Mimbar Pgsd, Vol. 1, No. 1, Tahun 2013.Tersediapada:https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/893. Diakses tanggal 13 Juli 2019.

Fenica, I., Muderawan, I. W., & Widiartini, P. (2017). Implementasi Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kimia. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 1(1), 1-6.

Koyan, I Wayan, 2011, Assasment dalam Pendidikan, Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha

Koyan, I Wayan. 2012, Statistitik Pendidikan Teknik Analisis Data Kuantitatif cetakan Pertama, Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha

Sagita Krissandi, A.D. 2017. Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk SD (Pendekatan Teknis). Bekasi: Media Maxima

Setyosari. 2015. Metode Penelitian pendidikan dan pengembangan. Jakarta:Prenadamedia Group.

Sudana, Dewa Nyoman, 2016, Buku Ajar Perguruan Tinggi Pendidikan IPA SD, Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Hawkins, H.S. 1999. Penyuluhan Pertanian. Yogyakarta: Kanisius

Kt. Puspawati. 2013. “Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Media Konkret Terhadap Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas V SD Gugus V Kecamatan Buleleng” Ejournal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Mimbar Pgsd, Vol 1, No 1 2013. Tersedia pada : https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/1282/1143. Diakses tanggal 13 Juli 2019.

Linda Jayanthi, Ni Wayan, dkk. 2013. “Pengaruh Metode PQRST terhadap Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas V SD di Gugus V Kecamatan Kediri”. Ejournal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Mimbar Pgsd, Vol. 1, No. 1, Tahun 2013. Tersedia pada: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/751. Diakses tanggal 13 Juli 2019.

L. Pt. Mutiara Rushita Adi, 2013 “Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Teknik Peta Konsep Terhadap Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas V SD Di Desa Kaliasem” Ejournal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Mimbar Pgsd, Vol 1, No 1 2013. Tersediapada:https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/794Diakses tanggal 13 Juli 2019.

Nurdin, Syafruddin. 2016. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers

Putri Widya Astuti, Ni Md, dkk. 2013. “Pengaruh Strategi Concept Mapping Berbantuan Media Presentasi Pembelajaran terhadap Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas IV Sekolah Dasar di Desa Lelateng”. Ejournal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Mimbar Pgsd, Vol 1, No. 1, Tahun 2013. Tersedia pada : https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/1282.Diakses tanggal 13 Juli 2019.

Riastini, Nanci dkk. 2016. Pembelajaran IPA SD. Singaraja: Undiksha

Sanjaya, Wina. 2008. Perencanaan Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana

Sanjaya, Wina. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana

Sanjaya, Wina.2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Samatowa. 2010. Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta Barat: PT Indeks.

Susanti, N. M., Suardana, I. N., & Suwenten, M. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Guided Inquiry Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Kimia Di Kelas X MIPA. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 1(2), 53-59.

Susanto. 2014. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.

Sunaryo. 2004. Psikologi untuk keperawatan. Jakarta: Buku Kedokteran EGC

Sugiono, 2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta Bandung

Trianto. 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek Jakarta: Prestasi Pustaka

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Trianto. 2012. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta:PT Bumi Aksara

Zubaedi. 2011. Desain Pendidikan Karakter Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Downloads

Published

2019-10-30

How to Cite

Octaviani, D., Murda, I. N., & Sudana, D. N. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP IPA DAN SIKAP ILMIAH. Mimbar Ilmu, 24(3), 364–376. https://doi.org/10.23887/mi.v24i3.21678

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)