Pengaruh Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition Berbantuan Multimedia Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA

Authors

  • A D Yulanita Rara Dewi Ganesha Education of University
  • MG Rini Kristiantari

DOI:

https://doi.org/10.23887/mi.v25i1.24479

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition berbantuan Multimedia dan kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran konvensional pada. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan menggunakan desain Nonequivalent Control Group Desain. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas IV SD Gugus V Mengwi yang berjumlah 8 kelas. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Random Sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas IV SD No. 2 Abianbase dengan jumlah 32 siswa dan kelas IV B SD No. 3 Buduk dengan jumlah 34 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes dengan jenis tes objektif pilihan ganda biasa. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji-t. Hasil analisis data diperoleh thitung = 4,103 pada taraf signifikansi 5% dan dk = 64 diperoleh nilai ttabel = 2,000 sehingga thitung = 4,103 > ttabel = 2,000, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition berbantuan Multimedia dan kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran konvensional. Jadi, Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition berbantuan Multimedia berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas IV SD Gugus V Mengwi.

References

Agung, A.A. Gede. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan. Malang: Aditya Publishing.

Arikunto, Suharsimi. 2015. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Dinata, I.B Dwi Putra Surya (2014). “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Berbantuan Multimedia Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Gugus 8 I Gusti Ngurah Rai”. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar FIP Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia, Volume 2, Nomor 1 (hlm.---). Tersedia pada https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/2277 (diakses tanggal 12 November 2018)

Huda. 2014. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Cetakan Ketiga. Malang: Pustaka Pelajar.

Kosasih. 2016. Strategi Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Yrama Widya.

Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 57 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah. Jakarta: Permendikbud.

Pribadi, Benny A. 2017. Media dan Teknologi Dalam Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Rusman. 2017. Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Samatowa, Usman. 2016. Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: PT Indeks.

Setyosari, Punaji. 2015. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Prenadamedia Group.

Shoimin, Aris. 2014. 68 Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.

Sugiyono. 2016. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suryani, Nunuk, dkk. 2018. Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Susanto, Ahmad. 2015. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Grup.

Widiastuti, A.A Pt Yuni (2014). “Pengaruh Model Auditory Intellectually Repetition Berbantuan Tape Recorder Terhadap Keterempilan Berbicara”. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar FIP Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia, Volume 2, Nomor 1 (hlm.---). Tersedia pada https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/2223 (diakses tanggal 12 November 2018)

Downloads

Published

2020-04-20

How to Cite

Rara Dewi, A. D. Y., & Kristiantari, M. R. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition Berbantuan Multimedia Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Mimbar Ilmu, 25(1), 75–86. https://doi.org/10.23887/mi.v25i1.24479

Issue

Section

Articles