Pengaruh Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition Berbantuan Multimedia Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA
DOI:
https://doi.org/10.23887/mi.v25i1.24479Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition berbantuan Multimedia dan kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran konvensional pada. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan menggunakan desain Nonequivalent Control Group Desain. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas IV SD Gugus V Mengwi yang berjumlah 8 kelas. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Random Sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas IV SD No. 2 Abianbase dengan jumlah 32 siswa dan kelas IV B SD No. 3 Buduk dengan jumlah 34 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes dengan jenis tes objektif pilihan ganda biasa. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji-t. Hasil analisis data diperoleh thitung = 4,103 pada taraf signifikansi 5% dan dk = 64 diperoleh nilai ttabel = 2,000 sehingga thitung = 4,103 > ttabel = 2,000, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition berbantuan Multimedia dan kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran konvensional. Jadi, Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition berbantuan Multimedia berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas IV SD Gugus V Mengwi.References
Agung, A.A. Gede. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan. Malang: Aditya Publishing.
Arikunto, Suharsimi. 2015. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Dinata, I.B Dwi Putra Surya (2014). “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Berbantuan Multimedia Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Gugus 8 I Gusti Ngurah Rai”. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar FIP Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia, Volume 2, Nomor 1 (hlm.---). Tersedia pada https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/2277 (diakses tanggal 12 November 2018)
Huda. 2014. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Cetakan Ketiga. Malang: Pustaka Pelajar.
Kosasih. 2016. Strategi Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Yrama Widya.
Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 57 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah. Jakarta: Permendikbud.
Pribadi, Benny A. 2017. Media dan Teknologi Dalam Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Rusman. 2017. Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Samatowa, Usman. 2016. Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: PT Indeks.
Setyosari, Punaji. 2015. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Prenadamedia Group.
Shoimin, Aris. 2014. 68 Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.
Sugiyono. 2016. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Suryani, Nunuk, dkk. 2018. Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Susanto, Ahmad. 2015. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Grup.
Widiastuti, A.A Pt Yuni (2014). “Pengaruh Model Auditory Intellectually Repetition Berbantuan Tape Recorder Terhadap Keterempilan Berbicara”. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar FIP Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia, Volume 2, Nomor 1 (hlm.---). Tersedia pada https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/2223 (diakses tanggal 12 November 2018)
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.