Kontribusi Bimbingan Belajar Dari Orang Tua Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS
DOI:
https://doi.org/10.23887/mi.v25i1.24480Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan Bimbingan Belajar Dari Orang Tua terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS siswa kelas IV SD Gugus VII Mengwi, pengaruh yang signifikan Motivasi Berprestasi terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS siswa kelas IV SD Gugus VII Mengwi serta Bimbingan Belajar Dari Orang Tua dan Motivasi Berprestasi terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS siswa kelas IV SD Gugus VII Mengwi. Pengambilan sampel dilakukan secara proporsional random sampling, didapat sampel sebanyak 117 orang. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi sederhana dan analisis regresi berganda. Setelah itu, dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas, uji linieritas, uji multikolinearitas dan uji heterokesdastisidas. Hasil pengujian hipotesis pertama diperoleh Freg = 115. Pada taraf signifikansi 5% n= 115, maka diperoleh Ftabel = 3,92. Dikarenakan Freg 115 > Ftabel = 3,92 maka H0 ditolak dan disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan bimbingan belajar dari orang tua terhadap kompetensi pengetahuan IPS dengan kontribusi sebesar 12,25%. Hasil pengujian hipotesis kedua diperoleh Freg = 115. Pada taraf signifikansi 5% n= 115, maka diperoleh Ftabel = 3,92. Dikarenakan Freg 115 > Ftabel = 3,92 maka H0 ditolak dan disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan motivasi berprestasi terhadap kompetensi pengetahuan IPS dengan kontribusi sebesar 19,36%. Hasil pengujian hipotesis ketiga diperoleh Freg = 17,81. Pada taraf signifikansi 5% n = 115, maka diperoleh Ftabel = 3,08. Dikarenakan Freg 17,81 > Ftabel = 3,08 maka H0 ditolak dan disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan bimbingan belajar dari orang tua dan motivasi berprestasi terhadap kompetensi pengetahuan IPS dengan kontribusi sebesar 24,01%.Downloads
Published
2020-04-20
How to Cite
Wahyu Ariyana, I. M., & Ganing, N. N. (2020). Kontribusi Bimbingan Belajar Dari Orang Tua Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS. Mimbar Ilmu, 25(1), 87–97. https://doi.org/10.23887/mi.v25i1.24480
Issue
Section
Articles
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.