Kesiapan Belajar dan Aktualisasi Diri Meningkatkan Hasil Belajar IPA
DOI:
https://doi.org/10.23887/mi.v25i3.25486Abstract
Rendahnya hasil belajara IPA disebabkan oleh ketidaksiapan siswa dalam mengikuti pembelajaran serta tidak maksimalnya pengaktualisasian diri siswa. Penelitian bertujuan untuk menganalisis pengaruh kesiapan belajar dan aktualisasi diri terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V. Rancangan penelitian ini, yaitu “ex post facto” dengan studi pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian berjumlah 162 orang. Sampel penelitian ditetapkan dari populasi dengan menggunakan teknik “proportional random sampling”. Jumlah sampel penelitian adalah 116 siswa. Metode pengumpulan menggunakan metode non tes, yaitu angket dan pencatatan dokumen. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa, (1) terdapat pengaruh yang signifikan kesiapan belajar terhadap hasil belajar IPA dibuktikan berdasarkan nilai Fhitung = 18,86 > Ftabel = 3,92 dan kontribusinya sebesar 14%, (2) terdapat pengaruh yang signifikan aktualisasi diri terhadap hasil belajar IPA dibuktikan berdasarkan nilai Fhitung = 20,03 > Ftabel = 3,92 dan kontribusinya sebesar 8,6%, dan (3) terdapat pengaruh yang signifikan kesiapan belajar dan aktualisasi diri terhadap hasil belajar IPA dibuktikan berdasarkan nilai Fhitung = 13,92 > Ftabel = 3,08 dan kontribusinya sebesar 19,8%. Implikasi penelitian ini ialah factor kesiapan belajar dan aktualisasi diri yang maksimal berpengaruh terhadap pencapaian hasil belajar IPA yang optimal.
References
Alviana, D., & Warto, W. (2018). Hubungan prokrastinasi Akademik dengan Aktualisasi Diri Mahasiswa Fakultas Dakwah IAIN Purwokerto. KOMUNIKA: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 12(1), 171–186. https://doi.org/10.24090/komunika.v12i1.1355
Boeree, G. C. (2013). Personality Theories. Prismashopie.
Effendi. (2017). Hubungan Readiness (kesiapan) Belajar Siswa dengan Hasil Belajar Fisika Kelas X SMK Muhammadiyah 03 Sukaraja. Jurnal Pendidikan Fisika (JPF), 5(1), 15–24. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24127/jpf.v5i1.740
Fadillah, A. (2016). Analisis Minat Belajar Dan Bakat Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. M A T H L I N E : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(2), 113–122. https://doi.org/10.31943/mathline.v1i2.23
Fadillah, & Jamilah. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Struktur Aljabar Untuk Meningkatkan Kemampuan Pembuktian Matematis Mahasiswasyarifah. Cakrawala Pendidikan, 35(1), 106–108. Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/article/view/8379/pdf.
Ferdian, A., Maryam, S., & Selamat, I. N. (2018). Analisis Kesapan Belajar Siswa Kelas X Mipa Dalam Pembelajaran Kimia. Jurnal Pendidikan Kimia Undiksha, 2(1), 8. https://doi.org/10.23887/jjpk.v2i1.21177
Hambali, A., & Jaenudin, U. (2013). Psikologi Kepribadian (Lanjutan) Studi atas Teori dan Tokoh Psikologi Kepribadian. Bandung: Pustaka Setia.
Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.
Hanafy, M. S. (2014). Konsep Belajar Dan Pembelajaran. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 17(1), 66–79. https://doi.org/10.24252/lp.2014v17n1a5
Jayadiningrat, M. G. (2017). Meningkatkan Kesiapan dan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Kimia dengan Pemberian Kuis di Awal Pembelajaran. E-Journal Pendidikan Kimia Indonesia, 1(1), 7–12. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jpk.v1i1.12806
Junianto, D., & Wagiran, W. (2013). Pengaruh kinerja mengajar guru, keterlibatan orang tua, aktualisasi diri dan motivasi berprestasi terhadap prestasi. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(3), 307–319. https://doi.org/10.21831/jpv.v3i3.1845
Karwono, & Mularsih, H. (2018). Belajar dan Pembelajaran: Serta Pemanfaatan Sumber Belajar. Depok: Rajawali Pers.
Lonanda, S., Yolamalinda, & Stevi. (2015). Pengaruh Kesiapan Belajar, Lingkungan Belajar Dan Peranan Orangtua Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas Ips Di SMA PGRI 4 Padang. Journal of Economic and Economic Education, 5(2), 178–190. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Marhaeni, A. A. I. N. (2012). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Mulyani, D. (2013). Hubungan Kesiapan Belajar Siswa Dengan Prestasi Belajar. Konselor, 2(1), 27–31. https://doi.org/10.24036/0201321729-0-00
Pangestu, D. P. (2018). Pengaruh Kesiapan Belajar Terhadap Keaktifan Peserta Didik dalam Proses Pembelajaran AUD. Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini. https://doi.org/https://doi.org/10.14421/jga.2018.81-90
Pindo, H., & Rinci, S. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Alat Peraga Pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SDN Nomor 14 Simbolon Purba. SEJ (School Education Journal), 8(2), 112. https://doi.org/https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v8i2.9770
Rikawati, J. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Menggunakan Metode Eksperimen Kelas V Sekolah Dasar. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Sahara, A. (2018). Pengaruh Kesiapan Belajar Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Tematik Di Kelas 1 SDN 01 Penggarit Kecamatan Taman Kabupaten Pemalang (UIN Syarif Hidayatullah Jakarta; Vol. 7). Retrieved from http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/42021
Setyosari, P. (2015). Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Prenadamedia Group.
Sinta, V. (2017). Pengaruh Kesiapan Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X Di Sma Bina Jaya Palembang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Ekonomi, 1,(1), 11–20. Retrieved from http://journal.stkipnurulhuda.ac.id/index.php/utility/article/view/59
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudarsana, G. N. (2017). Pengaruh Cybertherapy terhadap Pengambangan Aktulisasi Diri Remaja Kelas XI SMA Negeri 1 Singaraja. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran PPs Universitas Pendidikan Ganesha, 1(1), 20–31. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jipp.v1i1.11958
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfa Beta.
Sukardi. (2012). Metodelogi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT. Bhumi Aksara.
Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.
Susanto, A. (2019). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar (P. Group, Ed.). Jakarta.
Tias, I. W. U. (2017). Penerapan Model Penemuan Terbimbing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Sekolah Dasar. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 1(1), 50–60. https://doi.org/10.20961/jdc.v1i1.13060
Utami, S., Gede Agung, A. A., & Sudiana, I. W. (2013). Pengaruh Model Experiential Learning Berbantuan Media Benda Asli Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Iv Sd Gugus 1 Kecamatan Tabanan. Mimbar PGSD, 1(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.920
Widayanti; dkk. (2013). Indonesian Journal of Guidance and Counseling : Theory and Application Hubungan Locus Of Control Dengan Motivasi Konselor. Indonesian Journal of Guidance and Counseling : Theory and Application, 2(3), 41–49.
Widiarti, E. (2018). Pengaruh motivasi dan kesiapan belajar terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X di SMA N 2 Banguntapan. Jurnal Pendidikan Dan Ekonomi, 7(4), 298–305. Retrieved from http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/57318
Wulandari, & Dkk. (2020). Pengembangan Pembelajaran Blended Pada Mata Kuliah Ahara Yoga Semester II di IHDN Denpasar. Jurnal Edutech Undiksha, 8(1), 1–15. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jeu.v8i1.26459
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.