Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua dengan Motivasi Belajar Matematika Siswa

Authors

  • Ayu Pradnya Wulandari Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ndara Tanggu Renda Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/mi.v25i2.26068

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini di antaranya 1) Pola asuh yang tidak sesuai dengan perkembangan anak dan 2) siswa yang memiliki motivasi belajar rmatematika rendah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara pola asuh orang tua dengan motivasi belajar matematika siswa kelas IV SD. Pada penelitian ini rancangan yang digunakan adalah rancangan penelitian Expost Facto. Penelitian expost facto adalah penelitian yang terjadi secara alami tanpa adanya kontrol variabel (objek) yang akan diteliti. Populasi pada penelitian ini adalah kelas IV SD yang berjumlah 138 siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 120 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik proposional random sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode non-tes yaitu kuisioner. Kuisioner yang digunakan berisi 25 butir pernyataan. Data yang diperoleh di analisis menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Analisis statistik deskriptif yang digunakan meliputi mean (M) dan standar deviasi (SD) dan analisis statistik inferensial yang digunakan meliputi 1) uji normalitas (chi-square), 2) uji linieritas, 3) uji hipotesis (korelasi product moment). Hasil penelitian menunjukan hubungan antara pola asuh orang tua dengan motivasi belajar matematika siswa kelas IV SD sebesar 0.95 tergolong sangat kuat. Hasil analisis product moment diperoleh harga rxyhitung (0.95) > rxytabel (0.195). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara pola asuh orang tua dengan motivasi belajar matematika siswa kelas IV SD. Jadi, pola asuh orang tua yang tepat dan sesuai dengan perkembangan anak akan membantu meningkatkan motivasi belajar anak.

Author Biographies

Ayu Pradnya Wulandari, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

Ndara Tanggu Renda, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

References

Agung, A. A. Gede. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Aditya Medika Publishing.

Agung, A. A. Gede. 2016. Statistika Dasar Untuk Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish.

Apriastuti, Dwi Anita. “Analisis Tingkat Pendidikan dan Pola Asuh Orang Tua dengan Perkembangan Anak Usia 48-60 bulan. Jurnal Publikasi Kebidanan Akbid YLPP Purwekerto, Volume 4 Nomor 1 (hlm 4)

Budang, Pinsessius. 2017. “Korelasi Pola Asuh orang Tua dengan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 5 Tengadak. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa, Volume 3, Nomor 2 (hlm 350)

Budiarnawan, Kt. Agus. 2014. “Hubungan Antara Konsep Diri dan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD di Desa Selat. Jurnal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, Volume 2, Nomor 1 (Hlm 2-4).

Djamarah, Syiful Bahri. 2014. Pola Asuh Orang Tua dan Komunikasi dalam Keluarga: Upaya Membangun Citra Membentuk Pribadi Anak. Jakarta: PT Rineka Cipta

Egok, Asep S. 2016. “Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemandirian belajar dengan Hasil Belajar Matematika”. Jurnal Pendidikan Dasar. Volume 7, Nomor 2 (hlm 187).

Fimansyah, Dani. 2015. “Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika”.Jurnal Pendidikan UNSIKA. Volume 3, Nomor 1.

Hanafiah, Nanang dan Cucu. 2009. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Refika Aditama.

Lestari, Indah. 2015. “Pengaruh Waktu Belajar dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika”. Jurnal Formatif, Volume 3 Nomor 2 (hlm115).

Marisa Cindy, dkk. 2018. “Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Motivasi Belajar Remaja. Jurnal Konseling dan Pendidikan. Volume 6, Nomor 1.

Sardiman, A.M. 2007. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sudijono, Anas. 2009. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Suwatra, dkk. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Utami, Nabilah Kartiyasa. 2017. “Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua dengan Motivasi Belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kotabumi Tahun Ajaran 2016/2017”. Jurnal Bimbingan dan Konseling, Volume 5 Nomor 5.

Wahyudin, Dinn, dkk. 2007. Pengantar Pendidikan. Jakarta: Univeritas Terbuka.

Wibowo, A. 2012. Pendidikan Karakter Strategi Membangun Karakter Bangsa Berperadaban. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Downloads

Published

2020-09-27

How to Cite

Wulandari, A. P., & Renda, N. T. (2020). Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua dengan Motivasi Belajar Matematika Siswa. Mimbar Ilmu, 25(2), 251–261. https://doi.org/10.23887/mi.v25i2.26068

Issue

Section

Articles