Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Berbantuan Mind Mapping Berpengaruh terhadap Keterampilan Berbicara

Authors

  • Deswinta Febiyanti Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Made Citra Wibawa Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Wayan Arini Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/mi.v25i2.26620

Abstract

Penelitiantinitbertujuantuntuktmengetahuitpengaruhtmodel pembelajaran kooperatif tipetjigsaw berbantuan mind mappingtterhadap keterampilan berbicaratsiswa kelas IV SD. Jenis penelitian ini merupakan eksperimen semu dengan rancangan nonequivalent post-test only control group design. Dalam penelitian ini jumlah populasinya adalah 176 siswa, sedangkan sampel dalam penelitian ini berjumlah 76 siswa yang ditentukan melalui teknik random sampling. Keterampilan berbicara adalah data dari penelitian ini yang dikumpulkan menggunakan metode non tes dengan teknik unjuk kerja atau performance. Data keterampilan berbicara diuji dengan menggunakan uji statistik deskriptif dan inferensial. Hasil yang diperoleh dari pengujian menunjukkan model kooperatif tipe jigsaw dengan bantuan mind mapping memiliki pengaruh terhadap keterampilan berbicara siswa kelas IV SD (thitung = 2,971 > ttabel = 1,6657). Berdasarkan hasil temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbantuan mind mapping berpengaruh terhadap keterampilan berbicara siswa kelas IV. Maka dari itu masalah adanya kesenjangan antara harapan penerapan Kurikulum 2013 dengan fakta di lapangan mengenai rendahnya keterampilan berbicara siswa kelas IV telah teratasi dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbantuan mind mapping.

Author Biographies

Deswinta Febiyanti, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

I Made Citra Wibawa, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

Ni Wayan Arini, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

References

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 67 Tahun 2013 Tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Dasar/ Madrasah Ibtidaiyah. Jakarta: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Aprinawati, I. (2017). Penggunaan Media Gambar Seri Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 72.

Arianto. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Terpadu Untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak dan Berbicara Siswa Kelas Ix-2 Smpn 17 Kendari. Al-Izzah: Jurnal Hasil-Hasil Penelitian, 13(1), 48.

Halimah, L., & Sukmayadi, V. (2019). The Role of Jigsaw Method in Enhancing Indonesian Prospective Teachers Pedagogical Knowledge and Communication Skill. International Journal of Instruction, 12(2), 289–304.

Hambali. (2017). Cooperatif Learning sebagai Upaya Membangkitkan Kembali Extinction Motivasi Belajar. 01(01), 13–24.

Harsini. (2017). Pengelolaan Pembelajaran dengan Menerapkan Metode Bermain Peran untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas IV SD. Manajer Pendidikan, 11(1).

Hasanah, N., Ishartiwi, & Hayati, N. (2019). Meningkatkan Kemampuan Menyimak Cerita Menggunakan Media Bulletin Board pada Anak Kelompok B di TK Negeri Pembina Yogyakarta. Journal of Primary Education, 1(2), 124–133.

Herlina, E. (2020). Penggunaan Metode Diskusi Kelompok Terbimbing dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Geografi pada Siswa SMAN 1 Cisarua Kabupaten Bandung Barat. Universal Journal of Educational Research, 1(1), 1–11.

Indriani. (2019). Mendikbud: Hasil PISA tunjukkan perspektif pendidikan Indonesia. Antaranews.Com. https://www.antaranews.com/berita/1191792/mendikbud-hasil-pisa-tunjukkan-perspektif-pendidikan-indonesia

Irianto, P. O., & Febrianti, L. Y. (2017). Pentingnya Penguasaan Literasi bagi Generasi Muda dalam Menghadapi MEA. Proceedings Education and Language International Conference, 1, 640–647.

Kamaruddin, S., & Yusoff, N. M. R. N. (2019). The Effectiveness of Cooperative Learning Model Jigsaw and Team Games Tournament (TGT) towards Social Skills. Creative Education, 10(12), 2529–2539.

Karacop, A. (2017). The Effects of Using Jigsaw Method Based on Cooperative Learning Model in the Undergraduate Science Laboratory Practices. Universal Journal of Educational Research, 5(3), 420–434.

Kartika, Ni Made, D., Margunayasa, I. G., & Wibawa, I. M. C. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Peta Pikiran dan Motivasi Berprestasi terhadap Hasil Belajar IPA. MIMBAR PGSD, 5(2).

Kurniasih, I., & Sani, B. (2014). Sukses Mengimplementasikan Kurikulum 2013. In Jakarta: Kata Pena. Kata Pena.

Mahendra, I. W. E. (2017). Mengembangkan Kemampuan Research dalam Menghadapi Era SDGs. Seminar Nasional Mengembangkan Kemampuan Research Dalam Menghadapi SDGs.

Mahendra, I. W. Ek. (2019). Pembelajaran dan Asesmen di Era Revolusi Industri 4.0. Seminar Nasional Pada FPMIPA IKIP Saraswati Tabanan.

Munawaroh, S., Suratmat, & Fathani, A. H. (2019). Kemampuan Penalaran Dan Pemecahan Masalah Matematis Melalui Model Pembelajaran (Air) Menggunakan Media Mind Mapping Pada Materi Bilangan Bulat Kelas Vii Smp Shalahuddin Malang. Pendidikan Matematika, 14(8), 91–99.

Munte, B. (2019). The Effect of Cooperative Model “Jigsaw Type” in Improving Students’ Achievement at Christian Education Subject Case: Grade XII IPA 1-2 SMA Negeri 1 Tebing Syahbandar. International Journal of English Literature and Social Sciences, 4(2), 344–350.

Musyawir, & Mangesa, R. (2016). Pengaruh Model Active Learning Teknik Jigsaw terhadap Keterampilan Berbicara Efektif Siswa Kelas VII SMP/MTs Se-Kecamatan Namlea Kabupaten Buru. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(2), 44–59.

Nahgiyah, E., & Relmasira, S. C. (2019). Upaya Peningkatan Keterampilan Berbicara dan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Jigsaw. Journal of Education Action Research, 3(3), 201.

Ningrat, S. P., & Sumantri, M. (2018). Kontribusi Gaya Belajar dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(3), 257.

Nugraha, Purnamasari, I., & Tanuatmodjo, H. (2016). Interaction Between the Type of School and Learning Outcomes in Student’s Soft Skills Enhancement through Cooperative Learning Model (Quasi Experiment on Vocational Students in Bandung). Procedia - Social and Behavioral Sciences, 219, 838–845.

Rezeki, N., Syahrial, & Surya, Y. F. (2019). Peningkatan Keterampilan Berbicara dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share. 36(12), 57–74.

Sari, D. P. (2019). Meningkatkan Kemampuan Menyimak dan Berbicara melalui Metode Bercerita dengan Bantuan Media Audio. Journal on Early Childhood Education Research (JOECHER), 1(1), 21–31.

Sari, P. A. P. (2020). Hubungan Literasi Baca Tulis Dan Minat Membaca Dengan Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Journal for Lesson and Learning Studies, 3(1), 141–152.

Satriani, N., Soendari, T., & Warnandi, N. (2019). Pengembangan Program Literasi untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara dan Membaca Anak dengan Hambatan Pendengaran. International Conference on Special Education in Southeast Asia Region (ICSAR) 9th, 124.

Septiana, T. I., & Ibrohim, B. (2020). Berbagai Kegiatan Membaca untuk Memicu Budaya Literasi di Sekolah Dasar. Jurnal Keilmuan Dan Kependidikan Dasar, 12(01), 41–54.

Sulistyaningrum, H., Winata, A., & Cacik, S. (2019). Analisis Kemampuan Awal 21st Century Skills Mahasiswa Calon Guru SD. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 5(1), 142.

Sulistyowati, W. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Berbicara Teks Prosedur Melalui Metode Presentasi Power Point Mata Pelajaran Bahasa Inggris Pada Peserta Didik Kelas IX G Semester 1Tahun Pelajaran 2017 / 2018 SMP Negeri 1 Tugu. BRIGHT: A Journal of English Language Teaching, Linguistics and Literature, 2(1), 79–100.

Trisianawati, E., Djufin, T., & Setiawan, R. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe jigsaw terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Vektor di Kelas X SMA Negeri 1 Sanggau Ledo. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Aplikasinya (JPFA), 06(02), 51–60.

Downloads

Published

2020-09-27

How to Cite

Febiyanti, D., Wibawa, I. M. C., & Arini, N. W. (2020). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Berbantuan Mind Mapping Berpengaruh terhadap Keterampilan Berbicara. Mimbar Ilmu, 25(2), 282–294. https://doi.org/10.23887/mi.v25i2.26620

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)