Hubungan Sikap Belajar dan Kebiasaan Belajar dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran Teknologi Dasar Otomotif (TDO)

Authors

  • Fauzan Fauzan Universitas Negeri PAdang
  • Hasan Maksum
  • Wawan Purwanto
  • Eko Indrawan

DOI:

https://doi.org/10.23887/mi.v26i1.31347

Abstract

Kurangnya minat siswa dalam belajar membuat hasil belajar siswa dibawah rata-rata nilai ketuntasan minimal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan sikap belajardan kebiasaan belajar dengan hasil belajar mata pelajaran Teknologi Dasar Otomotif (TDO) Kelas X TAB. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif melalui pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X berjumlah 36 orang siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data pada penelitian ini adalah angket. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data yaitu uji normalitas, reliabilitas, dan uji prasyarat data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan sikap belajar dengan hasil belajar TDO siswa kelas X TAB berada pada kategori kuat. Kontribusi sikap belajar terhadap hasil belajar TDO siswa kelas X TABK sebesar 56,1%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan kebiasaan belajar dengan hasil belajar TDO siswa kelas X TAB berada pada kategori kuat. Kontribusi kebiasaan belajar terhadap hasil belajar TDO siswa sebesar 32,4%. Dapat disimpulkan bahwa kebiasaan belajar dengan hasil belajar berpengaruh pada hasil belajar siswa.

Author Biography

Fauzan Fauzan, Universitas Negeri PAdang

Universitas Negeri Padang

References

Agus Suprijono. 2010. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Arikunto, Arikunto. 2015. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta

Aunurrahman. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Azwar, Saifuddin. 2015. Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Çakıroğlu, Ünal. 2014. Analyzing the Effect of Learning Styles and Study Habits of Distance Learners on Learning Performances: A Case of an Introductory Programming Course. Creative Commons Attribution. International Review of Research in Open and Distributed. Learning, 15 (4), 161–185

Dalyono. 2012. Psikologi Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta.

Djaali. 2017. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara

Dimyati. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Erviana, Lilis. 2016. Effect Of Students’ Learning Interests, Attitudes, And Perception About Teacher’s Teaching Technique Toward Math Learning Outcomes In Class VIII SMP Negeri In The District Bulukumba. Journal of Mathematics Edpucation.

Hamalik, Oemar. 2012. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.Nana

Rosyda, Fatiya. 2016. Pengaruh Kebiasaan Belajar Dan Self-Efficacy Terhadap Hasil Belajar Geografi Di SMA. JURNAL PENDIDIKAN GEOGRAFI:

Kajian, Teori, dan Praktek dalam Bidang Pendidikan dan Ilmu Geografi Tahun 21, No. 2

Risnowali MS, Andi. 201. Pengaruh Motivasi Berprestasi, Minat Belajar Matematika, Dan Sikap Belajar Matematika Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Siswa SMAN 2 Watampone. Jurnal Matematika dan Pembelajaran. Volume 5, No 2.

Priyatno, Duwi. 2010. Paham Analisa Statistik Data SPSS. PT Buku Seru, Yogyakarta

Riadi, Edi. 2016. “Statistika Penelitian (analisis Manual dan IBM SPSS)”. Yogyakarta : Andi

Riduwan. 2011. Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung Alfabeta

Risnowali MS, Andi. 201. Pengaruh Motivasi Berprestasi, Minat Belajar Matematika, Dan Sikap Belajar Matematika Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Siswa SMAN 2 Watampone. Jurnal Matematika dan Pembelajaran. Volume 5, No 2.

Rosyda, Fatiya. 2016. Pengaruh Kebiasaan Belajar Dan Self-Efficacy Terhadap Hasil Belajar Geografi Di SMA. JURNAL PENDIDIKAN GEOGRAFI:

Kajian, Teori, dan Praktek dalam Bidang Pendidikan dan Ilmu Geografi Tahun 21, No. 2

Rumahlewang, Emma. 2019. Effect of Motivation on Learning and Learning Habits on Student Learning Outcomes in the High School of Ambon City. Asia Proceedings of Social Sciences 4(3) 14-16

Syah, Muhibbin. 2017. TPsikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Downloads

Published

2021-04-07

How to Cite

Fauzan, F., Maksum, H., Purwanto, W., & Indrawan, E. (2021). Hubungan Sikap Belajar dan Kebiasaan Belajar dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran Teknologi Dasar Otomotif (TDO). Mimbar Ilmu, 26(1), 45–51. https://doi.org/10.23887/mi.v26i1.31347

Issue

Section

Articles