Hubungan Sikap Belajar dan Kebiasaan Belajar dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran Teknologi Dasar Otomotif (TDO)
DOI:
https://doi.org/10.23887/mi.v26i1.31347Abstract
Kurangnya minat siswa dalam belajar membuat hasil belajar siswa dibawah rata-rata nilai ketuntasan minimal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan sikap belajardan kebiasaan belajar dengan hasil belajar mata pelajaran Teknologi Dasar Otomotif (TDO) Kelas X TAB. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif melalui pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X berjumlah 36 orang siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data pada penelitian ini adalah angket. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data yaitu uji normalitas, reliabilitas, dan uji prasyarat data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan sikap belajar dengan hasil belajar TDO siswa kelas X TAB berada pada kategori kuat. Kontribusi sikap belajar terhadap hasil belajar TDO siswa kelas X TABK sebesar 56,1%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan kebiasaan belajar dengan hasil belajar TDO siswa kelas X TAB berada pada kategori kuat. Kontribusi kebiasaan belajar terhadap hasil belajar TDO siswa sebesar 32,4%. Dapat disimpulkan bahwa kebiasaan belajar dengan hasil belajar berpengaruh pada hasil belajar siswa.
References
Agus Suprijono. 2010. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Belajar
Arikunto, Arikunto. 2015. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta
Aunurrahman. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta
Azwar, Saifuddin. 2015. Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Çakıroğlu, Ünal. 2014. Analyzing the Effect of Learning Styles and Study Habits of Distance Learners on Learning Performances: A Case of an Introductory Programming Course. Creative Commons Attribution. International Review of Research in Open and Distributed. Learning, 15 (4), 161–185
Dalyono. 2012. Psikologi Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta.
Djaali. 2017. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara
Dimyati. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Erviana, Lilis. 2016. Effect Of Students’ Learning Interests, Attitudes, And Perception About Teacher’s Teaching Technique Toward Math Learning Outcomes In Class VIII SMP Negeri In The District Bulukumba. Journal of Mathematics Edpucation.
Hamalik, Oemar. 2012. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.Nana
Rosyda, Fatiya. 2016. Pengaruh Kebiasaan Belajar Dan Self-Efficacy Terhadap Hasil Belajar Geografi Di SMA. JURNAL PENDIDIKAN GEOGRAFI:
Kajian, Teori, dan Praktek dalam Bidang Pendidikan dan Ilmu Geografi Tahun 21, No. 2
Risnowali MS, Andi. 201. Pengaruh Motivasi Berprestasi, Minat Belajar Matematika, Dan Sikap Belajar Matematika Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Siswa SMAN 2 Watampone. Jurnal Matematika dan Pembelajaran. Volume 5, No 2.
Priyatno, Duwi. 2010. Paham Analisa Statistik Data SPSS. PT Buku Seru, Yogyakarta
Riadi, Edi. 2016. “Statistika Penelitian (analisis Manual dan IBM SPSS)”. Yogyakarta : Andi
Riduwan. 2011. Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung Alfabeta
Risnowali MS, Andi. 201. Pengaruh Motivasi Berprestasi, Minat Belajar Matematika, Dan Sikap Belajar Matematika Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Siswa SMAN 2 Watampone. Jurnal Matematika dan Pembelajaran. Volume 5, No 2.
Rosyda, Fatiya. 2016. Pengaruh Kebiasaan Belajar Dan Self-Efficacy Terhadap Hasil Belajar Geografi Di SMA. JURNAL PENDIDIKAN GEOGRAFI:
Kajian, Teori, dan Praktek dalam Bidang Pendidikan dan Ilmu Geografi Tahun 21, No. 2
Rumahlewang, Emma. 2019. Effect of Motivation on Learning and Learning Habits on Student Learning Outcomes in the High School of Ambon City. Asia Proceedings of Social Sciences 4(3) 14-16
Syah, Muhibbin. 2017. TPsikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.