Instrumen Penilaian Hasil Belajar IPA Berbasis HOTS Untuk Mengukur Hasil Belajar SD

Rara Indah Arthadewi, I Gede Wira Bayu, Ni Wayan Rati

Abstract


Guru memiliki kewajiban untuk menyusun instrumen penilaian yang efektif agar dapat mengukur hasil belajar siswa dengan baik, instrumen penilaian juga harus meningkatkan kemampuan berfikir siswa (HOTS), namun guru mengalami kesulitan dalam menyusun instrumen penilaian berdasarkan KKO Taksonomi Bloom Revisi dan instrumen penilaian yang disusun masih berorientasi pada LOTS. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen penilaian berorientasi HOTS pada muatan IPA. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu 4-D. Subjek penelitian ini yaitu sebanyak 69 siswa, penelitian ini melibatkan dua orang dosen ahli/pakar IPA. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode tes pilihan ganda. Data yang dianalisis pada penelitian ini yaitu validitas, reliabilitas, daya beda, tingkat kesukaran dan kualitas pengecoh. Instrumen penilaian yang dikembangkan dinyatakan valid, memiliki reliabilitas tinggi (reliable), tingkat kesukaran ada pada kategori sangat baik, pada daya beda dinyatakan instrumen memiliki daya beda yang baik dan kualitas pengecoh berfungsi dengan baik. Hasil uji tersebut menunjukkan bahwa instrumen penilaian hasil belajar berorientasi HOTS layak digunakan dalam mengukur hasil belajar siswa. Implikasi dari penelitian ini yaitu jika instrumen penilaian yang HOTS digunakan secara terus-menerus akan berdampak pada cara berfikir siswa yang akan mengalami peningkatan


Keywords


Instrumen; Hasil; Belajar; HOTS; IPA

References


Adnannudin, A., Kusmana, S., & Mascita, D. E. (2020). Pengembangan Penilaian Kognitif Berorientasi Hots Dan Pemanfaatannya Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Smk. Jurnal Tuturan, 9(1), 1. https://doi.org/10.33603/jt.v9i1.3635

Aji, B. S., & Winarno, M. E. (2016). Pengembangan instrumen penilaian pengetahuan mata pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan (PJOK) kelas VIII semester gasal. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(7), 1449–1463.

Arifin, Z., & Retnawati, H. (2017). Pengembangan instrumen pengukur higher order thinking skills matematika siswa SMA kelas X. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 98. https://doi.org/10.21831/pg.v12i1.14058

Dinna Ririn Agustina, R. P. W. (2019). Peran Pendidikan Berbasis Higher Order Thinking Skills (Hots) Pada Tingkat Sekolah Menengah Pertama di Era Society 5.0 Sebagai Penentu Kemajuan Bangsa Indonesia. EQUILIBRIUM : Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Pembelajarannya, 7(2), 137. https://doi.org/10.25273/equilibrium.v7i2.4779

Dwi Lestari, H., & Putu Parmiti, D. P. P. (2020). Pengembangan E-Modul Ipa Bermuatan Tes Online Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Journal of Education Technology, 4(1), 73. https://doi.org/10.23887/jet.v4i1.24095

Fanani, M. Z. (2018). Strategi Pengembangan Soal Hots Pada Kurikulum 2013. Edudeena, 2(1), 57–76. https://doi.org/10.30762/ed.v2i1.582

Fatimah, L. U., & Alfath, K. (2019). Analisis Kesukaran Soal, Daya Pembeda dan Fungsi Distraktor. Journal Al-Manar, 8(2), 37-64. https://doi.org/10.36668/jal.v8i2.115.

Fransiska, Diana Karitas. (2017). Buku Guru Kelas 5 SD/MI Tematik Kurikulum 2013 Revisi 2017. Jakarta : Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Handini, E. Ok., Asnimar, & Laihat. (2020). Pemahaman Guru Sekolah Dasar Terhadap Penilaian Berbasis HOTS Di Kota Palembang. Jurnal Inovasi Sekolah Dasar, 7(2), 135–143.

Hanik, A., & Ngazizah, N. (2020). Pengembangan Instrumen Tes Berbasis Higher Order Thinking Skills ( Hots ) Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Development of Test Instruments Based on Higher Order Thinking Skills ( Hots ) Class V Madrasah Ibtidaiyah. 10, 74–84.

Iskandar, A., & Rizal, M. (2018). Analisis kualitas soal di perguruan tinggi berbasis aplikasi TAP. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 22(1), 12–23. https://doi.org/10.21831/pep.v22i1.15609

Loka Son, A. (2019). Instrumentasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis: Analisis Reliabilitas, Validitas, Tingkat Kesukaran Dan Daya Beda Butir Soal. Gema Wiralodra, 10(1), 41–52. https://doi.org/10.31943/gemawiralodra.v10i1.8

Musrikah, M. (2018). Higher Order Thingking Skill (Hots) Untuk Anak Sekolah Dasar Dalam Pembelajaran Matematika. Martabat: Jurnal Perempuan Dan Anak, 2(2). https://doi.org/10.21274/martabat.2018.2.2.339-360

Nachiappan, S., Ahmad Damahuri, A., Ganaprakasam, C., & Suffian, S. (2018). Application of Higher Order Thinking Skills (HOTS) in teaching and learning through communication component and spiritual, attitudes and values component in preschool. Southeast Asia Early Childhood Journal, 7, 24–32. https://doi.org/10.37134/saecj.vol7.3.2018

Nur Aini, D. F., & Sulistyani, N. (2019). Pengembangan Instrumen Penilaian E-Quiz (Electronic Quiz) Matematika Berbasis HOTS (Higher of Order Thinking Skills) untuk Kelas V Sekolah Dasar. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 3(2), 1–10. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v3i2.137

Okayana, K. (2019). Pengembangan Instrumen Penilaian Berbasis Higher Order Thingking Skills (Hots) Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Peserta Didik Kelas Iv Sd (Doctoral Dissertation, Universitas Lampung). http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/57920

Otty, R., &Milton, L. (2019). Promoting soft skills with the HOT ( Higher Order Thinking ) sheet assignment. Journal of Instructional Pedagogies, 22(October), 1–20. http://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1216819.pdf

Pratiwi, P. H., Hidayah, N., & Martiana, A. (2017). Pengembangan modul mata kuliah penilaian pembelajaran sosiologi berorientasi HOTS. Cakrawala Pendidikan, (2), 85339. 10.21831/cp.v36i2.13123

Raiyn, J., & Tilchin, O. (2016). The Impact of Adaptive Complex Assessment on the HOT Skill Development of Students. World Journal of Education, 6(2), 12–19. https://doi.org/10.5430/wje.v6n2p12

Rif, A., Serevina, V., & Delina, M. (2018). The Development of High Order Thinking Skills (HOTS) Assessment Instrument for Temperature and Heat Learning. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 4(1), 19–26. https://doi.org/10.21009/1.04103

Rizal, A. N., & Wulandari, S. S. (2020). Pengembangan Instrumen Penilaian Higher Order Thinking Skills (HOTS) Mata Pelajaran Otomatisasi Tata Kelola Humas dan Keprotokolan di SMK Negeri Mojoagung. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(2015), 194–204. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpap

Safi’i, I., & Amar, F. (2019). Pelatihan Penyusunan Instrumen Evaluasi Berstandar HOTS bagi Guru-Guru SD di Wilayah Banyudono. Abdimas Dewantara, 2(2), 149. https://doi.org/10.30738/ad.v2i2.4176

Setiawan, A. R. (2020). Menyusun Instrumen Penilaian untuk Pembelajaran Ekologi Berorientasi Literasi Saintifik.In Prosiding Seminar Nasional dan Workshop Biologi-IPA dan Pembelajaran Ke-4 (SnoWBel IV) (pp. 241-9).https://doi.org/10.17509/aijbe.v2i2.19250

Suratmi, S., Laihat, L., & Asnimar, A. (2020). Development Of Assessment Instruments Based On Higher Order Thinking Skills (Hots) For Elementary School Students. JPsd (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 6(2), 199-211. http://dx.doi.org/10.30870/jpsd.v6i2.7356.

Sofyan, F. A. (2019). Implementasi Hots Pada Kurikulum 2013. Inventa, 3(1), 1–9. https://doi.org/10.36456/inventa.3.1.a1803

Suhady, W., Roza, Y., & Maimunah, M. (2020). Pengembangan Soal untuk Mengukur Higher Order Thinking Skill (HOTS) Siswa. Jurnal Gantang, 5(2), 143–150. https://doi.org/10.31629/jg.v5i2.2518

Tajudin, N. M., & Chinnappan, M. (2016). The link between higher order thinking skills, representation and concepts in enhancing TIMSS tasks. International Journal of Instruction, 9(2), 199–214. https://doi.org/10.12973/iji.2016.9214a

Taufiqurrahman, T., Heryandi, M. T., & Junaidi, J. (2018). Pengembangan Instrumen Penilaian Higher Order Thinking Skills Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 2(2), 199–206. https://doi.org/10.35316/jpii.v2i2.74

Yayuk, E., Deviana, T., & Sulistyani, N. (2019). Implementasi Pembelajaran Dan Penilaian Hots Pada Siswa Kelas 4 Sekolah Indonesia Bangkok Thailand. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 5(2), 107. https://doi.org/10.22219/jinop.v5i2.7106

Yusup, F. (2018). Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Kuantitatif. Jurnal Tarbiyah : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1), 17–23. https://doi.org/10.18592/tarbiyah.v7i1.2100

Zahra, R., & Rina, N. (2018).Pengaruh Celebrity Endorser Hamidah Rachmayanti Terhadap Keputusan Pembelian Produk Online Shop MAYOUTFIT Di Kota Bandung. LONTAR: Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(1), 43-55. https://doi.org/10.30656/lontar.v6i1.648




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/mi.v26i3.36521

Article Metrics

Abstract view : 433 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Mimbar Ilmu indexed by:


Akreditasi SINTA   Crossref 

Creative Commons License

Mimbar Ilmu is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.