Dictor Caksanta: Membentuk Karakter Siswa dengan Dongeng Digital Berbasis Cerita Rakyat Indonesia

Authors

  • Luh Putu Setya Maharani Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Ni Wayan Rati Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/mi.v27i2.48735

Keywords:

Character, Folklore, Culture, Storytelling

Abstract

Dampak negatif pembelajaran online salah satunya adalah membuat siswa tidak jujur dalam mengerjakan tugas dan mengumpulkan tugas tidak tepat waktu membuat guru sangat sulit untuk memberikan penilaian. Hal ini menunjukan adanya bibit-bibit karakter yang tidak baik mulai tumbuh pada diri siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan multimedia Dictor Caksanta untuk membentuk karakter siswa. Penelitian ini merupakan penelitian research and development dengan menggunakan model ADDIE. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV Sekolah Dasar. Instrumen yang digunakan adalah pedoman wawancara, pedoman dokumentasi, lembar studi dokumen, angket, dan lembar rating scale. Data dianalisis menggunakan teknik analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat validitas isi produk mendapatkan hasil 0,9 dengan kriteria (sangat tinggi). Respon guru adalah 100% dengan kriteria (sangat tinggi). Respon siswa mendapatkan hasil rata-rata 88% dengan kriteria (baik). Hasil analisis efektivitas memperoleh hasil 0,000<0,05 (signifikan), sehingga multimedia Dictor Caksanta layak dan efektif digunakan untuk membentuk karakter siswa. Implikasi penelitian ini adalah Dictor Caksanta dikemas dalam bentuk folder dan link, sehingga guru dapat membagikan video dengan mudah kepada guru lainnya.

References

Abdi, G. P. (2020). Peranan Pembelajaran Sejarah Untuk Pembentukan Karakter Siswa SD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(1), 209–215. https://doi.org/10.31004/jptam.v4i1.445.

Adi, W. A., Relmasita, S. C., & Hardini, A. T. (2020). Pengembangan Media Animasi Untuk Pembelajaran Matematika Materi Bangun Datar. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(1), 81. https://doi.org/10.23887/jppp.v4i1.24778. DOI: https://doi.org/10.23887/jppp.v4i1.24778

Ahmadi, R., & Mohamadi, Z. (2017). The Effect of Storytelling through Puppets on Speaking Fluency and Motivation of pre- intermediate Iranian English as Foreign language learners. Teaching English Language Studies, 5(4), 65–102.

Aisyah, E. N. (2018). Internalisasi Nilai Karakter Nasionalisme melalui Dongeng dan Tari (DORI) bagi Anak Usia Dini. Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 26–34. https://doi.org/10.29313/ga.v2i2.4293. DOI: https://doi.org/10.29313/ga.v2i2.4293

Ambarita, J. (2020). Multimedia Interaktif Berbasis Karakter Di Masa Pandemi Covid 19. Prosiding Snitt Poltekba, 370–380. https://jurnal.poltekba.ac.id/index.php/prosiding/article/view/1045/649.

Anandani, M. A. D., & Tegeh, I. M. (2018). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Berorientasi Pendidikan Karakter di SD Negeri 2 Banjar Bali. Jurnal Edutech Undiksha, 6(1), 99–109. https://doi.org/10.23887/jeu.v6i1.20274.

Andayani, T., Puspitawati, P., & Juliarti, J. (2017). Upaya Menebarkan Nilai-Nilai Kebaikan melalui Pelatihan Mendongeng bagi Siswa/I Sekolah Dasar di Kecamatan Percut Sei Tuan. Anthropos: Jurnal Antropologi Sosial Dan Budaya (Journal of Social and Cultural Anthropology), 3(2), 61. https://doi.org/10.24114/antro.v3i2.8303. DOI: https://doi.org/10.24114/antro.v3i2.8303

Aulia, E. R. N., & Dewi, D. A. (2021). Pentingnya Pendidikan Karakter Pada Anak SD sebagai Bentuk Implementasi Pkn. Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 43–53. http://ejurnal.unisap.ac.id/index.php/edukasitematik/article/view/90.

Budoya, C. M., Kissake, M. M., & Mtebe, J. S. (2019). Instructional design enabled Agile Method using ADDIE Model and Feature Driven Development method Christian Misobi Budoya , Mussa M . Kissake and Joel S . Mtebe. International Journal of Education and Development Using Information and Communication Technology, 15(1), 35–54. https://www.learntechlib.org/p/209737/%0Ahttps://www.learntechlib.org/p/209737/article_209737.pdf.

Bustanil S, M., Asrowi, & Adianto, D. T. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Video Tutorial Di Sekolah Menengah Kejuruan. JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 21(2), 119–134. https://doi.org/10.21009/jtp.v21i2.11568. DOI: https://doi.org/10.21009/jtp.v21i2.11568

Fathinnaufal, M., & Hidayati, D. (2020). The Implementation of Character Education In Elementary School. Journal of Educational Management and Leadership, 1(2), 31–38. https://doi.org/10.33369/jeml.1.2.31-38. DOI: https://doi.org/10.33369/jeml.v1i2.11687

Fitria, A. (2018). Penggunaan Media Audio Visual dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2). https://doi.org/10.17509/cd.v5i2.10498. DOI: https://doi.org/10.17509/cd.v5i2.10498

Flynn, E. E. (2022). Enacting relationships through dialogic storytelling. Linguistics and Education, 71, 101075. https://doi.org/10.1016/j.linged.2022.101075. DOI: https://doi.org/10.1016/j.linged.2022.101075

Hakim, A. R., & Windayana, H. (2016). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 4(2). https://doi.org/10.17509/eh.v4i2.2827. DOI: https://doi.org/10.17509/eh.v4i2.2827

Hamdi, S., Suganda, I. A., & Hayati, N. (2018). Developing higher-order thinking skill (HOTS) test instrument using Lombok local cultures as contexts for junior secondary school mathematics. Research and Evaluation in Education, 4(2), 126–135. https://doi.org/10.21831/reid.v4i2.22089. DOI: https://doi.org/10.21831/reid.v4i2.22089

Harahap, R. A. S. (2019). Membangun Kecerdasan Anak Melalui Dongeng Rani Astria Silvera Harahap. Generasi Emas, 2(1), 59. https://doi.org/10.25299/ge.2019.vol2(1).3302. DOI: https://doi.org/10.25299/ge.2019.vol2(1).3302

Heck, E., & Tsai, M. (2022). Sharing therapeutic experiences of place: Co-creative digital storytelling as a way to explore connection to place. Emotion, Space and Society, 43, 100879. https://doi.org/10.1016/j.emospa.2022.100879. DOI: https://doi.org/10.1016/j.emospa.2022.100879

Hendriana, E. C., & Jacobus, A. (2017). Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah Melalui Keteladanan Dan Pembiasaan. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 1(2), 25. https://doi.org/10.26737/jpdi.v1i2.262. DOI: https://doi.org/10.26737/jpdi.v1i2.262

Henniarti. (2017). Pengembangan Multimedia Untuk Materi Pendidikan Karakter Disiplin.

Hong, J.-C., Lee, Y.-F., & Ye, J.-H. (2021). Procrastination predicts online self-regulated learning and online learning ineffectiveness during the coronavirus lockdown. Personality and Individual Differences, 174, 110673. https://doi.org/10.1016/j.paid.2021.110673. DOI: https://doi.org/10.1016/j.paid.2021.110673

Istiqomah, S. S. (2021). The formation of student character education during distance learning. ETUDE: Journal of Educational Research, 1(3), 87–95. https://www.alejournal.com/index.php/etude/article/view/32. DOI: https://doi.org/10.56724/etude.v1i3.32

Kaeng, S., Sumual, S. D. M., & Tuerah, R. M. S. (2022). Character Education at Tomohon Music Studio Education and Skills Institution (LPK): Overview of Character Education Dimensions From Doni Koesoema Albertus. Technium Social Sciences Journal, 32, 145–156. https://doi.org/10.47577/tssj.v32i1.6591. DOI: https://doi.org/10.47577/tssj.v32i1.6591

Khusniati, M. (2012). Pendidikan karakter melalui pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(2), 204–210. https://doi.org/10.15294/jpii.v1i2.2140.

Kusuma, Heny, W., & Pratiwi, C. P. (2019). Media Komik Pada Materi Cerita Dongeng Untuk Keterampilan Membaca Siswa Kelas III. 7(1). DOI: https://doi.org/10.24269/dpp.v7i1.1145

Laksana, S. D. (2021). Pentingnya Pendidikan Karakter Dalam Menghadapi Teknologi Pendidikan Abad 21. Jurnal Teknologi Pembelajaran, 1(01), 14–22. https://doi.org/10.25217/jtep.v1i01.1289. DOI: https://doi.org/10.25217/jtep.v1i01.1289

Lauc, T., Jagodić, G. K., & Bistrović, J. (2020). Effects of Multimedia Instructional Message on Motivation and Academic Performance of Elementary School Students in Croatia. International Journal of Instruction, 13(4), 491–508. https://doi.org/10.29333/iji.2020.13431a. DOI: https://doi.org/10.29333/iji.2020.13431a

Layona, R., Yulianto, B., & Tunardi, Y. (2017). Authoring Tool for Interactive Video Content for Learning Programming. Procedia Computer Science, 116, 37–44. https://doi.org/10.1016/j.procs.2017.10.006. DOI: https://doi.org/10.1016/j.procs.2017.10.006

Maghfiroh, Suarjana, I. M., & Astawan, I. G. (2020). Pengembangan Media Video Wayang Kreasi Untuk Mendukung Pembelajaran Storytelling Anak Kelompok B Tk Kristen Harapan Denpasar. Indonesian Journal of Instruction, 1(2), 66–75. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJI/article/view/30714. DOI: https://doi.org/10.23887/iji.v1i2.30714

Maulidiyah, F. N. (2020). Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Untuk Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal Pendidikan, 29(2). https://doi.org/10.32585/jp.v29i2.647. DOI: https://doi.org/10.32585/jp.v29i2.647

Meyer, O. A., Omdahl, M. K., & Makransky, G. (2019). Investigating the effect of pre-training when learning through immersive virtual reality and video: A media and methods experiment. Computers and Education, 140, 103603. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2019.103603. DOI: https://doi.org/10.1016/j.compedu.2019.103603

Minatul Azmi, M. P. (2019). Metode Storytelling Sebagai Solusi Pembelajaran Maharah Kalam di PKPBA UIN Malang. Sastra Arab, 69–86. http://prosiding.arab-um.com/index.php/semnasbama/article/viewFile/448/414.

Munawaroh, H., Widiyani, A. Y. E., & Muntaqo, R. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Tema Alam Semesta pada Anak Usia 4-6 Tahun. Jurnal Obsesi, 5(2), 1164 – 1172. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.619. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.619

Nadhif, M. (2019). Pengembangan Multimedia Dalam Pembelajaran Kosakata Bahasa Inggris Di SD. Cordova Journal : Language and Culture Studies, 9(1), 52–71. https://doi.org/10.20414/cordova.v9i1.1776. DOI: https://doi.org/10.20414/cordova.v9i1.1776

Nainggolan, M. M., & Naibaho, L. (2022). The Integration of Kohlberg Moral Development Theory with Education Character. Technium Social Sciences Journal, 31, 203–212. https://doi.org/10.47577/tssj.v31i1.6417. DOI: https://doi.org/10.47577/tssj.v31i1.6417

Nisa, I. N., Andalas, E. F., Mambang, P., Keloyang, M., Mula, A., Kelayang, N., Limboto, D., Botu, M., Lei, L., Mula, A., & Patuddu, T. (2021). Motif “ Jaka Tarub ” dan objektivitas perempuan dalam cerita rakyat nusantara ( The motives of " Jaka Tarub " and the objectivity of women in the folklores of the archipelago ) maka langsung tercetus bahwa itu adalah cerita Jaka Tarub yang berasal dari da. 7(2), 438–462. https://doi.org/10.22219/kembara.v7i2.17984. DOI: https://doi.org/10.22219/kembara.v7i2.17984

Nugraheni, N. K. (2017). Multimedia pembelajaran digital untuk meningkatkan antusiasme siswa dalam belajar. Prosiding HIPKIN Jateng, 1(1), 31–38.

Nur Jannah, I. (2020). Efektivitas Penggunaan Multimedia dalam Pembelajaran IPA di SD. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 54. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.24135. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.24135

Nurcahyani, D. (2010). Pengaruh Kegiatan Storytelling Terhadap Pertumbuhan Minat Baca Siswa di TK Bangun 1 Getas Kec. Pabelan Kab. Semarang. 85.

Parmin, P., Junaedi, I., Purwantoyo, E., Mubarak, I., Toni, M., & Fitriani, F. (2020). Character Index of Mathematics and Science Student Teachers in Online Learning. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 9(3), 381. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v9i3.26418. DOI: https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v9i3.26418

Patmawati, S. (2018). Penerapan Pendidikan Karakter Disiplin Dan Tanggung Jawab Siswa Di Sd Negeri No. 13/1 Muara Bulian. Pendidikan, 1(13), 1–16.

Prasetyo, G., Hidayatullah, M. F., Akhyar, M., Wiranto, & Perdana, R. (2020). Strengthening Students’ Character Through Multimedia Learning in Primary Schools Education: Systematic Literature Reviews. Humanities & Social Sciences Reviews, 8(3), 268–277. https://doi.org/10.18510/hssr.2020.8328. DOI: https://doi.org/10.18510/hssr.2020.8328

Prastika, L. R., Hikmat, D., Si, M., & Waslaluddin, D. (2015). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Berbasis Komputer Model Instructional Games terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fisika. 2015(Snips), 397–400.

Psomadaki, O. I., Dimoulas, C. A., Kalliris, G. M., & Paschalidis, G. (2019). Digital storytelling and audience engagement in cultural heritage management: A collaborative model based on the Digital City of Thessaloniki. Journal of Cultural Heritage, 36, 12–22. https://doi.org/10.1016/j.culher.2018.07.016. DOI: https://doi.org/10.1016/j.culher.2018.07.016

Purnamasari, Y. M., & Wuryandani, W. (2019). Media Pembelajaran Big Book Berbasis Cerita Rakyat untuk Meningkatkan Karakter Toleransi pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 90. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.273. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.273

Puspita Ayu, D., & Khaerunnisa. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Artikulasi Berbantuan Kahoot Dalam Meningkatkan Keterampilan Menyimak Cerita Rakyat (Hikayat) Kelas X. Jurnal Fascho: Kajian Pendidikan Dan Sosial Kemasyarakatan, 10(2), 1–6. https://journal.stkipm-bogor.ac.id/index.php/fascho/article/view/62.

Rahayu, R., Iskandar, S., & Abidin, Y. (2022). Inovasi Pembelajaran Abad 21 dan Penerapannya di Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(2), 2099–2104. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2082. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2082

Rahmah, S. A., Komariah, S., & K, S. N. (2021). Facing Online Learning Problems Through Character Building, a Teacher Strategy. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 8(1), 123–155. https://doi.org/10.33650/pjp.v8i1.2168. DOI: https://doi.org/10.33650/pjp.v8i1.2168

Ramdhani, S., Yuliastri, N. A., Sari, S. D., & Hasriah, S. (2019). Penanaman Nilai-Nilai Karakter melalui Kegiatan Storytelling dengan Menggunakan Cerita Rakyat Sasak pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 153. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.108. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.108

Ratnawati, N. (2019). Nilai Budaya dalam Cerita Rakyat Toraja. MABASAN, 3(2), 48–65. https://doi.org/10.26499/mab.v3i2.112. DOI: https://doi.org/10.26499/mab.v3i2.112

Rosidah, C. T., & Susi, H. R. (2017). Mendongeng Sebagai Media Menumbuhkan Karakter dan Nilai Budaya Bangsa pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pigur, 01(01), 41–50. https://pigur.ejournal.unri.ac.id/index.php/pigur/article/view/5411.

Sabani, F. (2019). Perkembangan Anak - Anak Selama Masa Sekolah Dasar (6 - 7 Tahun). Didakta: Jurnal Kependidikan, 8(2), 89–100. https://jurnaldidaktika.org/contents/article/view/71.

Saputri, D. Y., Rukayah, & Indriayu, M. (2018). Need Assessment of Interactive Multimedia Based on Game in Elementary School: A Challenge into Learning in 21st Century. International Journal of Educational Research Review, 3(3), 1–8. https://doi.org/10.24331/ijere.411329. DOI: https://doi.org/10.24331/ijere.411329

Setiawan, M., Lumenta Arie S.M, & Tulenan Virginia. (2017). Aplikasi Pembelajaran Interaktif Berbasis Multimedia Untuk Sekolah Dasar. Jurnal Teknik Elektro Dan Komputer, 6(4), 4–5.

Studi, P., Guru, P., Anak, P., Dini, U., Pendidikan, J., Dan, P., Dasar, S., Pendidikan, F. I., & Yogyakarta, U. N. (2015). Aplikasi Pembelajaran Interaktif Berbasis Multimedia Untuk Sekolah Dasar. Lovandri Dwanda Putra, 5(1). https://doi.org/10.12928/jpsd.v5i2.12583.

Sugiarti, R., Erlangga, E., Suhariadi, F., Winta, M. V. I., & Pribadi, A. S. (2022). The influence of parenting on building character in adolescents. Heliyon, 8, 1–7. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2022.e09349. DOI: https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2022.e09349

Sumayana, Y. (2017). Pembelajaran Sastra Di Sekolah Dasar Berbasis Kearifan Lokal (Cerita Rakyat). Mimbar Sekolah Dasar, 4(1), 21–28. https://doi.org/10.23819/mimbar-sd.v4i1.5050. DOI: https://doi.org/10.53400/mimbar-sd.v4i1.5050

Suwiwa, I. G., Santyasa, I. W., & Kirna, I. M. (2014). Development of Interactive Multimedia Learning in Pencak Silat Theory and Practice Courses. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 4.

Tutkun, E., Gorgut, I., & Erdemir, I. (2017). Physical Education Teachers’ Views about Character Education. International Education Studies, 10(11), 86. https://doi.org/10.5539/ies.v10n11p86. DOI: https://doi.org/10.5539/ies.v10n11p86

Umri, C. A., & Syah, E. F. (2021). Nilai-Nilai Budaya Dalam Cerita Rakyat Baturaden Pada Masyarakat Banyumas Sebagai Alternatif Bahan Ajar Sastra Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2), 93–100. https://doi.org/10.37150/perseda.v4i2.1261. DOI: https://doi.org/10.37150/perseda.v4i2.1261

Utami, T. S. D., Suandito, B., Triwidayati, K. R., & Sukarman, S. (2018). Pembelajaran Asyik Dan Menyenangkan Melalui Mendongeng Di Sd Iba Palembang. Wahana Dedikasi : Jurnal PkM Ilmu Kependidikan, 1(2). https://doi.org/10.31851/dedikasi.v1i2.2261. DOI: https://doi.org/10.31851/dedikasi.v1i2.2261

Widiastuti, A., & Wangid, N. (2015). Pengembangan Multimedia Lectora Pada Pembelajaran Tematikintegratif Berbasis Character Building Bagi Siswa Kelas Iv Sd. Jurnal Pendidikan Karakter, 0(2), 29–247. https://doi.org/10.21831/jpk.v0i2.8626.

Wijoyo, A. (2018). Pengaruh Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Multi Media Pembelajaran Interaktif untuk Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengah Atas. Jurnal Informatika Universitas Pamulang, 3(1), 46. https://doi.org/10.32493/informatika.v3i1.1519. DOI: https://doi.org/10.32493/informatika.v3i1.1519

Yansyah, Y., Hamidah, J., & Ariani, L. (2021). Pengembangan Big Book Storytelling Dwibahasa untuk Meningkatkan Literasi Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1449–1460. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1779. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1779

Yeh, H. C., & Tseng, S. S. (2019). Using the ADDIE model to nurture the development of teachers’ CALL professional knowledge. Educational Technology and Society, 22(3), 88–100. https://www.jstor.org/stable/26896712.

Downloads

Published

2022-08-23

How to Cite

Maharani, L. P. S. ., & Rati, N. W. . (2022). Dictor Caksanta: Membentuk Karakter Siswa dengan Dongeng Digital Berbasis Cerita Rakyat Indonesia. Mimbar Ilmu, 27(2), 300–310. https://doi.org/10.23887/mi.v27i2.48735

Issue

Section

Articles