Contextual Teaching and Learning Berbantuan Media Audio Visual Berpengaruh Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa SD
DOI:
https://doi.org/10.23887/mi.v25i2.25847Abstract
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kompetensi pengetahuan siswa pada mata pembelajaran IPA yang ditandai dari hasil Penilaian Tengah Semester (PTS) kompetensi pengetahuan IPA siswa lebih rendah dari standar nilai KKM, dari 413 siswa 165 siswa atau 40% tuntas, sedangkan 248 siswa atau 60% belum tuntas. Demikan pula pada pelaksanaan pembelajaran yang masih bersifat konvensional. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk mencari pengaruh yang signifikan pendekatan contextual teaching and learning (CTL) berbantuan media audio visual terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa SD. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan non-equilevalent control group design. Populasi penelitian ini berjumlah 413 siswa dan sampel penelitian 64 siswa. Penentuan sampel menggunakan teknik random sampling. Data dikumpulkan menggunakan metode tes, analisis data yang digunakan pada penelitian ini, yaitu teknik analisis statistik inferensial. Hasil dianalisis memakai uji-t. membuktikan thitung = 7,329 > ttabel = 2,000 pada α = 0,05 dan dk = 62, maka H0 ditolak dan Ha diterima mengartikan terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan IPA kelompok siswa yang dibelajarkan dengan pendekatan contextual teaching and learning berbantuan media audio visual dan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional. Didasarkan pada hasil uji hipotesis, maka pendekatan contextual teaching and learning berbantuan media audio visual berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa SD. Implikasi hasil penelitian ini dapat digunakan untuk mendalami objek penelitian sejenis sebagai salah satu bahan referensi sehingga mampu meningkatkan kompetensi pengetahuan IPA.
References
Ariestuti, P. D., Darsana, I. W., & Kristiantari, R. (2014). Penerapan Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) Untuk Meningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VI SDN 3 Tonja Tahun Ajaran 2014/2015. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1), 1–10.
Arsyad, A. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta:Raja Grafindo Persada.
Astuti, Y., Mustaji, & Prasetyo, K. (2015). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning dalam Pembelajaran IPS Kelas IVA SD Bawuran Kecamatan Pleret Kabupaten Bantul. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 1(1), 20.
Dewi, D. A. P. H., Darsana, I. W., & Manuaba, I. . S. (2018). Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching and Learning Berbasis Penilaian Portofolio Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Journal for Lesson and Learning Studies, 1(3). https://doi.org/10.23887/jlls.v1i3.15387
Dewi, N. L. T., Putra, I. M., & Suniasih, N. W. (2017). Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching and Learning Berbasis Karakter Terhadap Hasil Belajar IPS Kelas IV SD Negeri Gugus Tuanku Imam Bonjol Kecamatan Denpasar Barat. MIMBAR PGSD Undiksha, 5(2).
Djamarah, S. B. dan A. Z. (2013). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta:PT. Rineka Cipta.
Herlina, H. (2020). Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Kimia dengan Pendekatan Contextual Teaching Learning di Kelas X SMAN 7 Rejang Lebong. PENDIPA Journal of Science Education, 4(1), 24–30. https://doi.org/10.33369/pendipa.4.1.24-30
Kasuma, I. P. A., Kristiantari, M. G. R., & Ganing, N. N. (2017). Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Mimbar PGSD, 5(2), 1–10.
Mahardita, G. A. M. C., Abadi, I. B. G. S., & Putra, M. (2017). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Kontekstual Berbantuan Media Visual Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Mimbar PGSD, 5(2), 1–9.
Marliani, S., Rengganis, I., & Djumhana, N. (2018). Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1), 35–42.
Nababan, S. A. (2018). Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Bangun Ruang Sisi Datar Melalui Implementasi CTL (Contextual Teaching and Learning) berbantuan Alat Peraga. Maju, 5(2), 130–141.
Paramita.A, N. L. P. A., Japa, I. G. N., & Sudatha, I. G. W. (2019). Pengaruh Model Contextual Teaching and Learning Berbantuan Masalah Realistis Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis IPA. Thinking Skills and Creativity Journal, 1(2), 56. https://doi.org/10.23887/tscj.v1i2.20499
Puspasari, K., Ardana, I. K., & Putra, M. (2019). Pengaruh Pendekatan CTL Berbantuan Satua Bali Terhadap Kompetensi Sikap Sosial. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 430–439.
Putri, N. (2018). Pembelajaran Materi Suhu dan Energi Panas Menggunakan Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) pada Siswa MI. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
Rahmawati, K. (2019). Implementasi Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Dalam Pembelajaran Tematik Kelas V Di MI Ma’arif Nu Karangpucung, Purwokerto Selatan, Banyumas. Institut Agama Islam Negeri.
Ratih, N. K. A. N., Putra., I. K. A., & Manuaba, I. B. S. (2014). Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) Melalui Pemodelan Media Sederhana Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Gugus III Kecamatan Gianyar. Journal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1).
Riyanti, N. A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Siswa di Madrasah ibtidaiyah Negeri 7 Tulungagung.
Rukajat, A. (2019). Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Untuk Meningkatkan Mutu Hasil Pembelajaran. Pionir: Jurnal Pendidikan, 8(1).
Rusman. (2016). Model-Model Pembelajaran. Jakarta:PT Raja Grafindo Persada.
Samriani. (2016). Penerapan Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA di Kelas IV SDN No 3 Siwalempu. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 4(2), 56–74. https://doi.org/10.1111/j.1526-4610.2004.446003.x
Sari, N. L. B. A., Putra, I. K. A., & Wiarta, I. W. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Media Audio-Visual Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Kelas IV. E-Journal Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi PGSD, 5(2), 1–11.
Sulfemi, W. B. (2019). Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Berbantu Media Miniatur Lingkungan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS. Edunomic: Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 7(2), 73-84.
Sugiarta, I. G., Dantes, N., & I Wayan, S. (2013). Penerapan Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching and Learning) Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Kelas IV Tahun Pelajaran 2012/2013 DI SD NO. 3 Pegayaman Kecamatan Sukasada. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Pendidikan Dasar, 3(2).
Suprianto, S., Kholida, S. I., & Andi, H. J. (2016). Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Berbantuan Media Powerpoint Terhadap Peningkatan Hasil Belajar IPA Fisika. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran IPA, 2(2), 166–175. https://doi.org/10.30870/jppi.v2i2.427
Trianto. (2015). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual:Konsep, Landasan, dan Implementasi pada Kurikulum 2013 (Kurikulum Tematik Integratif/TKI). Jakarta: Prenadamedia Group.
Trisnadewi, K. A., Darsana, I. W., & Wiyasa, I. K. N. (2014). Penerapan Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Media Audiovisual Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD NO. 3 Tibubeneng, Kuta Utara. E-Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD, 2(1).
Widiasworo. (2018). Strategi Pembelajaran Edutaiment Berbasis Karakter. Yogyakarta:AR-Ruzz Media.
Winarti. (2015). Contextual Teaching and Learning (CTL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Keilmuan (JPFK), 1(1), 1–8. https://doi.org/10.25273/jpfk.v1i1.4
Wiyono, B. H., & Budhi, W. (2018). Pengaruh metode pembelajaran CTL terhadap hasil belajar IPA siswa kelas VIII ditinjau dari kemampuan berkomunikasi. Natural: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 5(1), 11-18.
Yuasa, I. P., Ardana, I. K., & Suadnyana, I. N. (2014). Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching and Learning Berbantuan Media Animasi Komputer Terhadap Hasil Belajar Sd Gugus 1 Tampaksiring. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD, 2(1).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.