Pengaruh Model Pembelajaran Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction (ARCS) Tehadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV Sekokah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.23887/mi.v25i2.26630Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar IPA yang ditemukan pada siswa kelas IV SD Gugus V Kecamatan Sukasada Kabupaten Buleleng. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction (ARCS) terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Gugus V Kecamatan Sukasada Kabupaten Buleleng tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain non-equivalent post-test only control group desaign. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh kelas IV SD Gugus Kecamatan Sukasada Kabupaten Buleleng yang berjumlah 236 orang siswa. Sampel penelitian ini yaitu kelas IV SDN 2 Panji sebagai kelompok eksperimen dengan jumlah siswa 30 orang, dan kelas IV SDN 4 Panji sebagai kelompok kontrol dengan jumlah siswa 33 orang dipilih dengan teknik kluster random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes yaitu tes pilihan ganda. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial. Rata-rata hasil belajar IPA pada kelompok eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok kontrol (18,83>16,12). Berdasarkan analisis data menggunakan uji-t menunjukkan thitung = 4,37 dan ttabel = 2,00 dengan taraf signifikansi 5%. Berdasarkan keriteria pengujian thitung > ttabel (4,37 > 2,00), sehingga Ho ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction (ARCS) terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Gugus V Kecamatan Sukasada Kabupaten Buleleng tahun pelajaran 2019/2020.
References
Agung, A. A. G. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan. In Malang: Aditya Media Publishing.
Agung, A. A. G. 2017. Evaluasi Pendidikan. Singaraja: Undiksha.
Alfiyana, R., Sukaesih, S., & Setiati, N. (2018). Pengaruh model ARCS (Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction) dengan metode talking stick terhadap motivasi dan hasil belajar siswa materi sistem pencernaan makanan. Journal of Biology Education, 7(2), 226–236.
Ariyanto, M. (2016). Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Kenampakan Rupa Bumi Menggunakan Model Scramble. Profesi Pendidikan Dasar, 3(2), 134–140.
Fitriani, N., & Hera, R. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran ARCS (Attention, Relavance, Confidance, Satisfaction) Terhadap Peningkatan Aktvitas dan Hasil Belajarsiswa Pada Materi Sistem Pernapasan Manusia di SMP Negeri 5 Seunagan Kabupaten Nagan Raya. Bionatural: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 6(1).
Gunawan, I., & Palupi, A. R. (2016). Taksonomi Bloom–revisi ranah kognitif: kerangka landasan untuk pembelajaran, pengajaran, dan penilaian. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 2(02).
Hermaswari, M. S, dkk. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Attention, Relevance, Confidence, and Satisfaction (ARCS) Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar IPS Terpadu Di SMP N 2 Sawan. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 10(1), 136.
IRSAN, I. (2018). Penerapan Model ARCS (Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Murid Kelas V SDN Topa Baubau. Socioedu Journal (Pendidikan, Sosial, Humaniora), 2(1).
KKD FIP Undiksha. 2018. Pendidikan IPA. Singaraja: Undiksha.
Koyan, I. W. 2012. Statistik pendidikan teknik analisis data kuantitatif. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha Press.
Lawe, Y. U., & Meo, M. I. K. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran IPA kelas IV berbasis nature of science dengan model dick and carey. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 5(2), 26–35.
Mawardi, M., & Mariati, M. (2016). Komparasi Model Pembelajaran Discovery Learning dan Problem Solving Ditinjau dari Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas 3 SD di Gugus Diponegoro-Tengaran. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(1), 127–142.
Mekka Madaina Jamil. (2019). Optimalisasi Model ARCS Dalam Pembelajaran Saintifik Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Peminatan Mata Pelajaran Geografi Di Kelas Matematika Ilmu Alam. IJIS Edu : Indonesian Journal Of Integrated Science Education,
Molaee, Z., & Dortaj, F. (2015). Improving L2 learning: An ARCS instructional-motivational approach. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 171, 1214–1222.
Nainggolan, T. (2017). Hubungan Antara Kepercayaan Diri Dengan Kecemasan Sosial Pada Pengguna Napza: penelitian di balai kasih sayang parmadi siwi. Sosio Konsepsia, 16(2), 161–174.
Nariastini, N. L. P. S, dkk. (2015). Pengaruh Strategi Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Media Lingkungan Sekitar Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas IV. MIMBAR PGSD Undiksha, 3(1).
Nisa, A. (2017). Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(1), 1–9.
Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar dan pembelajaran. Fitrah: Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333–352.
Putra, P. (2017). Pendekatan Etnopedagogi dalam Pembelajaran IPA SD / MI. Primary Education Journal (PEJ), 1(1), 17-23.
Putri, I. N., dkk. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran ARCS ( Attention , Relevance , Confidence , Satisfaction ) Terhadap Self Esteem. Natural Science Education Reseach, 2(1), 1–7.
Restuti, N. L. , dkk. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran ARCS Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VI SDN 11 Sesetan Tahun Pelajaran 2014/2015. MIMBAR PGSD Undiksha, 3(1).
Sari, N., dkk. (2018). Analisis Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Fisika Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 3(1).
Sastrawan, G. Y., dkk. (2017). Pengaruh Model ARCS (Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction) Terhadap Hasil Belajar IPA Dengan Mengontrol Motivasi Berprestasi Pada Siswa Kelas V Semester Genap SD Triamerta Tahun Pelajaran 2016/2017. MIMBAR PGSD Undiksha, 5(2).
Setiyawati, E., & Rocmah, L. I. (2017). Peningkatan Karakter Mahasiswa Program Studi PGSD pada Mata Kuliah Pengembangan Pembelajaran IPA SD di Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 6(1), 32–42.
Setyawarno, D. (2017). Penggunaan Aplikasi Software Iteman (Item and Test Analysis) untuk Analisis Butir Soal Pilihan Ganda Berdasarkan Teori Tes Klasik. JIFP (Jurnal Ilmu Fisika Dan Pembelajarannya), 1(1), 11–21.
Simamora, L., Hernaeny, U., & Safitri, N. D. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction (ARCS) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 5(2).
Siregar, E., & Nara, H. 2010. Teori Belajar dan Pembelajaran Ghalia Indonesia. Jakarta.
Sukarno, S., & Salamah, S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran ARCS (Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction.) dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Negeri 75 Kota Bengkulu. At-Ta’lim : Media Informasi Pendidikan Islam, 18(1), 137.
Susanti, L. (2019). Hubungan Nilai Pretest dan Postest Pada Pembelajaran Model Motivasi Attention Relevance Confidence Satisfaction (ARCS) Siswa Kelas 1 SD CHARIS Malang. SNHRP, 50–54.
Suseno, I. (2017). Komparasi Karakteristik Butir Tes Pilihan Ganda Ditinjau Dari Teori Tes Klasik. Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan, 4(1), 1–8.
Yasir, M., Suarman, & Gusnardi. (2017). Analisis Tingkat Kepuasan Siswa dan Motivasi Dalam Pembelajaran Kelompok (Cooperative Learning) dan Kaitannya Dengan Hasil Belajar Akuntansi di SMK Labor Binaan FKIP UNRI Pekanbaru. Jurnal Pekbis, Volume 9(2), 77–90.
Yulianti, Y., dkk. (2019). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction (ARCS) terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Kalor di Kelas X. Variabel, 2(1), 24–30.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.