Pembelajaran Berbasis Literasi Berbantuan Media TIK dengan Metode Pemberian Tugas untuk Meningkatkan Hasil Belajar
DOI:
https://doi.org/10.23887/mi.v25i3.28376Abstract
Rendahnya hasil belajar PPKn yang disebabkan oleh kurang optimalnya penggunaan model saat pembelajaran menyebabkan siswa sulit untuk memahami pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan pembelajaran berbasis literasi berbantuan media Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dengan metode pemberian tugas untuk meningkatkan hasil belajar PPKn pada siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan desain penelitian yang mengacu pada model Suharsimi Arikunto. Subjek penelitian ini adalah selurus siswa kelas IX C. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode tes. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis data menunjukan bahwa penerapan metode pembelajaran ini meningkatkan hasil belajar responden dan menurunkan persentase responden yang memperoleh skor nilai dibawah Ketuntasan Belajar Minimum (KBM) dari 64.52 % pada Prasiklus menjadi 55.00 % pada Siklus I dan 15.00 % pada Siklus II. Selain itu, terdapat peningkatan rerata skor dari Prasiklus ke Siklus I sebesar 0.97 poin, dari Prasiklus ke Siklus II sebesar 7.67 poin, dan dari Siklus I ke Siklus II sebesar 6.70 poin. Berpijak pada hasil analisis ini, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis literasi berbantuan media TIK dengan metode pemberian tugas dapat meningkatkan hasil belajar PPKn pada siswa.
References
Asriningtyas, A. N. dkk. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 4 SD. JKPM, 5(1), 23–32.
Azimi, Rusilowati, & Sulhadi. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Literasi Sains untuk Siswa Sekolah Dasar. Pancasakti Science Education Journal, 2(2), 145–157. https://doi.org/http://doi.org/10.24905/psej.v2i2.754
Barlia, L. (2011). Konstruktivisme dalam pembelajaran sainsdisd: Tinjauan Epistemologi, Ontologi, Dan Keraguan Dalam Praksisnya. Cakrawala Pendidikan, 3(30), 343–358. Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/article/view/4200/pdf.
Cicilia, Y., & Nursalim. (2019). Gaya dan Strategi Belajar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(1), 222–232.
Dinni, H. D. (2018). HOTS (High Order Thinking Skills) dan Kaitannya dengan Kemampuan Literasi Matematika. PRISMA, 1. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/19597
Fitriyadi, H. (2013). Integrasi Teknologi Informasi Komunikasi Dalam Pendidikan: Potensi Manfaat, Masyarakat Berbasis Pengetahuan, Pendidikan Nilai, Strategi Implementasi Dan Pengembangan Professional. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 21(3). https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jptk.v21i3.3255
Gitriani, Aisah, Hendriana, & Herdiman. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Pendekatan Kontekstual pada Materi Lingkaran Untuk Siswa SMP. Jurnal Review Pembelajaran Matematika, 3(1). https://doi.org/https://doi.org/10.15642/jrpm.2018.3.1.40-48
Halidi, & Husain. (2015). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis TIK Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDN Model Terpadu Madani Palu. Mitra Sains, 3(1), 53–60. Retrieved from http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/MitraSains/article/view/4153
Harliawan, H. (2015). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis TIK Untuk Meningkatkan hasil belajar IPS Kelas VIII J SMP Negeri 5 Singaraja. Ekuitas, 3(1). https://doi.org/http://doi.org/10.23887/ekuitas.v3i1.12786
Harto, K. (2018). Tantangan Dosen PTKI Di Era Industri 4.0. Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan, 16(1). https://doi.org/https://doi.org/10.20414/jtq.v16i1.159
Hastari, & Dkk. (2019). Pengembangan Modul Elektronik Berpendekatan Kontekstual Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas Viii Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Edutech Undiksha, 7(1), 33–43.
Ida, & Nur. (2011). Peningkatan Keterampilan Menulis Deskripsi Melalui Model Project Based Learning pada Siswa Kelas V SDN Jingglong 01 Sutojayan Kabupaten Blitar (Universitas Negeri Malang). https://doi.org/http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/KSDP/article/view/11780
Insyasiska, Zubaidah, & Susilo. (2015). Pengaruh Project Based Learning terhadap Motivasi Belajar, Kreativitas, Kemampuan Berpikir Kritis, dan Kemampuan Kognitif Siswa pada Pembelajaran Biologi. Jurnal Pendidikan Biologi, 7(1), 9–21. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/um052v7i1p9-21
Izati, Wahyudi, & Sugiyarti, M. (2018). Project Based Learning Berbasis Literasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tematik. Jurnal Pendidikan, 3(9), 1122–1127. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v3i9.11508
Kanematsu, & Barry. (2016). STEM and ICT Education in Intelligent Environments. Switzerland: Springer International Publishing.
Lubis, A. H. (2018). Integrasi TIK Dalam Pengajaran Bahasa Inggris Di Indonesia Abad Ke-21: Mitos Dan Realita. Cakrawala Pendidikan, 37(1), 11–21. Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/article/view/16738/pdf.
Lukitasari, Purnamasari, Utami, & Sukri. (2019). Blended-Problem-Based Learning: How its impact on students’ critical thingking skills? Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 5(3), 425–434. https://doi.org/https://doi.org/10.22219/jpbi.v5i3.10048
Mahanal, & Zubaidah. (2017). Model Pembelajaran RICOSRE Yang Berpotensi Memberdayakan Ketrampilan Berpikir Kreatif. Jurnal Pendidikan, 2(5), 676–685. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v2i5.9180
Mahendy, K. S. (2010). Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi Untuk Meningkatkan Minat Dan Motivasi Belajar IPA Mahasiswa (Universitas Pendidikan Ganesha). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/APTEKINDO/article/view/70
Marlina, W., & Jayanti, D. (2019). 4C Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Sendika, 5(1). Retrieved from http://eproceedings.umpwr.ac.id/index.php/sendika/article/view/741
Miskawati, M. (2019). Upaya Meningkatkan Kreativitas Anak Dalam Pembelajaran Seni Tari Melalui Strategi Belajar Sambil Bermain di TK Islam Sa’adatul Khidmah Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 9(1), 45. https://doi.org/10.33087/dikdaya.v9i1.123
Muhibbin, A. (2016). Model Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Berbasis Isu-Isu Kontroversial Media Massa Untuk Mengembangkan Sikap Demokratis Dan Partisipasi Belajar Siswa Di SMK Negeri 9 Surakarta Tahun 2016. Prosiding Seminar Nasional Kedua Pendidikan Berkamajuan Dan Menggembirakan. Retrieved from http://hdl.handle.net/11617/7599
Mulyono, H., & Halim, N. (2015). Literasi Informasi Dan Kritis: Urgensi, Perspektif Islam, Dan Integrasi Dalam Kurikulum Pendidikan. Jurnal Tarbiyah, 22(2), 313–329. Retrieved from http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/tarbiyah/article/view/30
Mustaqim, M. (2019). Model Evaluasi Pembelajaran Stain Kudus (Studi Kasus Sistem Evaluasi Pembelajaran Dosen Prodi Manajemen Bisnis Syari’ah Stain Kudus). Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Nilasari, Djatmika, T., & Santoso. (2016). Pengaruh Penggunaan Modul Pembelajaran Kontekstual terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 7(1), 1399–1404. https://doi.org/https://doi.org/10.17977/jp.v1i7.6583
Nurhidayati, E. (2017). Pedagogi Konstruktivisme dalam Praksis Pendidikan Indonesia. Indonesian Journal Of Educational Counseling, 1(1), 1–14. https://doi.org/https://doi.org/10.30653/001.201711.2
Prasetyono, & Trisnawati. (2018). Pengaruh Pembelajaran IPA Berbasis Empat Pilar Pendidikan terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran), 2(2), 162–173. https://doi.org/10.31331/jipva.v2i2.679
Qomaliyah, & Sukib, L. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Literasi Sains Terhadap Hasil Belajar Materi Pokok Larutan Penyangga. Jurnal Pijar MIPA, 9(2). Retrieved from http://www.jurnalfkip.unram.ac.id/index.php/JPM/article/view/111/108
Rahmayani. (2016). Implementasi Manajemen Pembelajaran PPKn Kurikulum 2013. Manajer Pendidikan, 10(2), 143–148. Retrieved from https://ejournal.unib.ac.id/index.php/manajerpendidikan/article/view/1249
Rini, T. A. (2018). Creating Critical Literacy Skills for Young Learners at Primary School. ASSEHR, 244(230–235). https://doi.org/http://doi.org/10.2991/ecpe-18.2018.51
S. Lase. (2019). Hubungan Antara Motivasi Berprestasi Dan Kebiasaan Belajar Matematika Siswa Dengan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 1–10.
Saifullah, A. (2018). Penerapan Model Project Based Learning Untuk Mengembangkan Soft Skills Dan Kualitas Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dI SMA Avicenna Cinere. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 5(2). https://doi.org/http://doi.org/10.32493/jpkn.v5i2.y2018.p137-150
Sari, Sartijono, & Sihono. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Keterampilan Berbicara Siswa Kelas VA SDN Ajung. Psychology, 2(1), 11–14. Retrieved from http://jurnal.unej.ac.id/index.php/JEUJ/article/download/3404/2658
Selvianiresa, D., & Prabawanto, S. (2017). Contextual Teaching and Learning Approach of Mathematics in Primary Schools. Journal of Physics: Conference Series, 895(1). https://doi.org/https://doi.org/10.1088/1742-6596/895/1/012171
Setyowati, N., & Mawardi. (2018). Sinergi Project Based Learning dan Pembelajaran Bermakna Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Scholaria, 8(3), 253–263. https://doi.org/http://doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i3.p253-263
Sriyanto, Leksono, & Harwanto. (2019). Bahan Ajar PPKn Berbasis Karakter dan Literasi Untuk Siswa Kelas IX SMP Al Hikmah Surabaya. Edmotech, 4(2), 130–142. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/um039v4i22019p130
Subadriyah, Triyono, & Joharman. (2013). Penerapan model pembelajaran literasi dapat meningkatkan kemampuan membaca kalimat dengan aksara jawa siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Kenoyojayan Tahun Ajaran 2012/2013. Kalam Cendekia. Retrieved from https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdkebumen/article/view/2407/1737
Sudiarta, & Putu. (2010). Pengembangan Model Pembelajaran Inovatif. Makalah Pelatihan MGMP.
Supardan. (2016). Teori dan Praktik Pendekatan Konstruktivisme Dalam Pembelajaran. Edunomic, 4(1). Retrieved from https://www.fkip-unswagati.ac.id/ejournal/index.php/edunomic/article/view/199
Suparlan, S. (2019). Teori Konstruktivisme dalam Pembelajaran. Islamika, 1(2), 79–88. https://doi.org/http://doi.org/10.36088/islamika.v1i2.208
Suyono, Harsiati, & Wulandari. (2017). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan. Jurnal Sekolah Dasar Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 26(2), 116–123. https://doi.org/10.17977/um009v26i22017p116
Tryanasari, Aprilia, & Cahya. (2017). Pembelajaran Literasi di SDN Rejosari 1 Kecamatan Kawedanan Kabupaten Magetan. Premiere Educandum, 7(2), 173. https://doi.org/https://doi.org/10.25273/pe.v7i2.1641
Warsihna, J. (2016). Meningkatkan Literasi Membaca Dan Menulis Dengan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK). Kwangsan, 4(2), 67–80. https://doi.org/https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v4n2.p67--80
Wijanarko, Supardi, & Marwoto. (2017). Keefektifan Model Project Based Learning Terbimbing untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar IPA. Journal of Primary Education, 6(2), 120–125. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/jpe.v6i2.17561
Wirasasmita, & Hendriawan. (2020). Analisis Efisiensi Kinerja Pendidik terhadap Hasil Pembelajaran Pendidikan Jasmani pada Siswa Sekolah. Mimbar Pendidikan, 5(1), 75–90.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.