Penerapan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Ispring pada Materi Sejarah Komputer

Authors

  • Dochi Ramadhani Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi dan Komputer, IKIP PGRI Pontianak
  • Umi Liwayanti Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi dan Komputer, IKIP PGRI Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.23887/mi.v26i1.30702

Abstract

Kurangnya media pembelajaran yang membantu mahasiswa dalam belajar membuat mahasiswa kesulitan dalam memahami materi pelajaran. Tujaun penelitian ini yaitu untuk menganalisis gambaran kreativitas dan hasil belajar mahasiswa, peningkatan kreativitas dan hasil belajar mahasiswa sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran berbasis ispring pada materi sejarah komputer. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian eksperimen dengan desain penelitian yaitu quasi eksperimental design. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner dan tes hasil belajar yang diberikan kepada 65 mahasiswa. Teknik analisis data yaitu menggunakan statistic deskriptif dan uji t untuk uji hipotesis. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa rata-rata nilai kreativitas mahasiswa yaitu 53,26 untuk kelas kontrol dan 52,80 untuk kelas eksperimen. Dan rata-rata nilai hasil belajar mahasiswa sebelum yaitu 37,14 untuk kelas eksperimen dan 24,33 untuk kelas kontrol, rata-rata nilai hasil belajar mahasiswa sesudah yaitu 46,14 untuk kelas eksperimen dan 36,29 untuk kelas kontrol. Terdapat peningkatan kreativitas mahasiswa setelah menerapkan media pembelajaran yaitu 21,50% pada kelas eksperimen dan 19,65% pada kelas control. Terdapat peningkatan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah diterapkan media pembelajaran berbasis ispring pada materi sejarah dengan perbedaan nilai pretest dan posttest sebesar 11,96. Implikasi penelitian ini membantu siswa dalam belajar sehingga hasil belajar siswa meningkat.

References

Alfiyansah, R. (2016). Penggunaan Media Pembeljaran I-Spring Presenter Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Pada Mata Kuliah Keperawatan Dasar Nutrisi. Pedagogia: Jurnal Ilmu Pendidikan, 14(2). https://doi.org/https://doi.org/10.17509/pedagogia.v14i2.3886

Antara, Kristiantari, & Suadnyana. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Berbantuan Rubrik Surat Kabar Terhadap Keterampilan Berbicara. International Journal Of Elementary Education, 4(1), 290–297. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/ijee.v1i4.12960.

Ariyanti, D., Mustaji, & Harwanto. (2020). Multimedia Interaktif Berbasis Ispring Suite 8. Jurnal Education and Development, 1(8). Retrieved from http://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/1727

Armansyah, F., Sulton, S., & Sulthoni, S. (2019). Multimedia Interaktif Sebagai Media Visualisasi Dasar-Dasar Animasi. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(3), 224–229. https://doi.org/10.17977/um038v2i32019p224

Arpan, M., Sulistiyarini, D., & Santoso, D. (2016). Effect of Motivation and Creativity on Students’ Psychomotor Ability. Journal of Education, Teaching and Learning, 1(2). https://doi.org/https://dx.doi.org/10.26737/jetl.v1i2.42

Bardi, & Jailani. (2015). Pengembangan Multimedia Berbasis Komputer Untuk Pembelajaran Matematika Bagi Siswa SMA Pendidikan. Jurnal Inovasi Teknologi, 2(1), 49–63. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/tp.v2i1.5203

Dadri, P. C. W., & Putra, D. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas IV. International Journal of Elementary Education, 5(2), 1–10. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/ijee.v3i2.18517

Darmalaksana, W., Hambali, R. Y. A., Masrur, A., & Muhlas. (2020). Analisis Pembelajaran Online Masa WFH Pandemic Covid-19 sebagai Tantangan Pemimpin Digital Abad 21. Karya Tulis Ilmiah (KTI) Masa Work From Home (WFH) Covid-19 UIN Sunan Gunung Djati Bandung Tahun 2020, 1(1), 1–12.

Desimyari, Putra, & Manuaba. (2018). Pengaruh Model Think Talk Write Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Keterampilan Menulis Siswa. International Journal of Elementy Education, 2(3), 28–289. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/ijee.v2i3.15969

Dewi, C. (2017). Peningkatan Keterampilan Berbicara Dalam Bermain Drama Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Inside-Outside Circle. Jurnal Inovasi Pembelajaran, 3(2). https://doi.org/https://doi.org/10.22219/jinop.v3i2.4575

Donas, & Elhefni. (2016). Pengaruh Penerapan Pembelajaran Bermakna (Meaningfull Learning) Pada Pembelajaran Tematik IPS Terpadu Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas III di MI Ahliyah IV Palembang. JIP: Jurnal Ilmiah PGMI, 2(1), 19–28. Retrieved from http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jip/article/view/1063

Geni, K. H. Y. W., Sudarma, I. K., & Mahadewi, L. P. P. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berpendekatan CTL Pada Pembelajaran Tematik Siswa Kelas IV SD. Edutech Universitas Pendidikan Ganesha, 8, 1–16.

Gunawan, G., Sahidu, H., Harjono, A., & Suranti, N. M. Y. (2017). The effect of project based learning with virtual media assistance on student’s creativity in physics. Jurnal Cakrawala Pendidikan, (2).

Hadi, Yahya, & Lufthansa. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Ispring Suite 8 Pada Materi Perwasitan Matakuliah Teori dan Praktek Bola Voli 1 Tahun Akademik. Jurnal Filsafat, Sains, Teknologi Dan Sosial Budaya, 25(1). Retrieved from http://ejurnal.budiutomomalang.ac.id/index.php/paradigma/article/view/559

Herayanti, L., Habibi, H., & Fuaddunazmi, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Moodle pada Matakuliah Fisika Dasar. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 36(2), 210–219. https://doi.org/10.21831/cp.v36i2.13077

Karo-Karo, I. R., & Rohani, R. (2018). Manfaat Media Dalam Pembelajaran. AXIOMA Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Islam Jember, 7(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30821/axiom.v7i1.1778

Kuswanto, J., & Walusfa, Y. (2017). Pengembangan Multimedia Pembelajaran pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas VIII. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology IJCET, 6(2), 58–64. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/ijcet.v6i2.19335

Lestari, Kristiantari, & Ganing. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Berbantuan Lagu Daerah Terhadap Hasil Belajar IPS. International Journal Of Elementary Education, 4(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/ijee.v1i4.12960.

Moma. (2017). Pengembangan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa Melalui Metode Diskusi. Cakrawala Pendidikan, 36(1), 130–139. Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/article/view/10402/pdf

Mustafa, Murniati, & Niswanto. (2018). Manajemen Sarana Pendidikan Pada Sekolah Anak Berkebutuhan Khusus Di SDLB YTC Kutablang Kabupaten Bireuen. Jurnal Administrasi Pendidikan, 6(1). Retrieved from http://jurnal.unsyiah.ac.id/JAP/article/view/11733

Nada, I., Utaminingsih, S., & Ardianti, S. D. (2018). Penerapan Model Open Ended Problems Berbantuan Cd Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas Iv Sd 1 Golantepus. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 4(2), 216. https://doi.org/10.30870/jpsd.v4i2.3856

Novitasari, D. (2016). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika & Matematika, 2(2), 8–18.

Primasari, R., Zulfiani, Z., & Herlanti, Y. (2014). Penggunaan Media Pembelajaran Di Madrasah Aliah Negeri Se-Jakarta Selatan. Edusains, 6(1). https://doi.org/https://doi.org/10.15408/es.v6i1.1101

Puspitorini, Subali, & Jumadi. (2014). Penggunaan Media Komik Dalam Pembelajaran IPA Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Kognitif Dan Afektif. Cakrawala Pendidikan, 33(3), 413–420. Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/article/view/2385/pdf

Rahmi, M. S. M., Budiman, M. A., & Widyaningrum, A. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Macromedia Flash 8 Pada Pembelajaran Tematik Tema Pengalamanku. International Journal Of Elementary Education, 3(2), 178–185. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i2.18524

Renny, Sonbay, Yohana, R. (2019). the Effect of Open-Ended Teaching Model on Mathematics. Jurnal Kependidikan Matematika, 1(2), 105–110. Retrieved from https://journal.unwira.ac.id/index.php/ASIMTOT

Riyanto, W. D., & Gunarhadi, G. (2017). The Effectiveness of Interactive Multimedia in Mathematic Learning: Utilizing Power Points for Students with Learning Disability. IJPTE : International Journal of Pedagogy and Teacher Education, 1(1), 55–63. https://doi.org/10.20961/ijpte.v1i1.8400

Santra, Putu, Citra Wibawa, I. M., & Rati, N. W. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Berbantuan Power Point Terhadap Hasil Belajar Ipa. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(1), 307–315. https://doi.org/10.23887/jipp.v2i1.13975

Sastrakusumah, E. N., Suherman, U., Darmawan, D., & Jamila, J. (2018). Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Berbantuan Aplikasi Ispring Presenter Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1). https://doi.org/https://doi.org/10.31980/tp.v3i1.164

Siddiq, Sudarma, & Simamora. (2020). Pengembangan Animasi Dua Dimensi Pada Pembelajaran Tematik Untuk Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 49–63. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28928

Suryanda, Ernawati, & Maulana. (2016). Pengembangan Modul Multimedia Mobile Learning Dengan Android Studio 4.1 Materi Keanekaragaman Hayati Bagi Siswa Sma Kelas X. Jurnal Pendidikan Biologi, 9(1), 55–64. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/biosferjpb.9-1.9

Susiana, R., & Wening, S. (2015). Pengaruh Model Direct Instruction Berbantuan Multimedia Terhadap Motivasi Belajar Dan Pencapaian Kompetensi Pembuatan Desain Busana. Jurnal Vokasi Pendidikan, 5(3). https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jpv.v5i3.6491

Utami, & Hasanah. (2019). Kompetensi Profesional Guru Dalam Penerapan Pembelajaran Tematik Di SD Negeri Maguwoharjo 1 Yogyakarta. Pionir Jurnal Pendidikan, 8(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22373/pjp.v8i2.6232.

Winarni, R., & Astuti, E. R. P. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Storyboard Terhadap Kreativitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Seni Budaya. Jurnal Teknologi Pendidikan, 4(2). Retrieved from https://e-journal.undikma.ac.id/index.php/jtp/article/view/2249/1572

Wulandari, Sudatha, & Simamora. (2020). Pengembangan Pembelajaran Blended Pada Mata Kuliah Ahara Yoga Semester II di IHDN Denpasar. Jurnal Edutech Undiksha, 8(1), 1–15. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jeu.v8i1.26459

Wungguli, D., & Yahya, L. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Berbasis Information and Communication Technology (ICT) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Dimensi Tiga. Jambura Journal of Mathematics Education, 1(1), 41–47. https://doi.org/10.34312/jmathedu.v1i1.5376

Downloads

Published

2021-04-07

How to Cite

Ramadhani, D., & Liwayanti, U. (2021). Penerapan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Ispring pada Materi Sejarah Komputer. Mimbar Ilmu, 26(1), 28–38. https://doi.org/10.23887/mi.v26i1.30702

Issue

Section

Articles