Lembar Kerja Siswa (LKS) Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Bangun Datar Kelas IV
DOI:
https://doi.org/10.23887/mi.v26i2.37261Keywords:
LKS, matematika, bangun datarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji kelayakan LKS pada mata pelajaran matematika dengan muatan materi bangun datar kelas IV SD. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model ADDIE. Tahapan model ADDIE untuk mengembangkan LKS ini dimodifikasi menjadi empat tahapan yaitu analysis, design, development, impementasi. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif dan data kualitatif. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu: metode observasi, wawancara, dan angket. Subjek yang terlibat dalam penelitian ini adalah 2 ahli desain, 2 ahli materi dan 2 ahli bahasa, 2 guru dan 6 orang siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelayakan LKS dari aspek desain memperoleh persentase 87,5% dengan kualifikasi valid, pada aspek materi pembelajaran matematika memperoleh persentase 83,25% dengan kualifikasi valid dan pada aspek bahasa memperoleh persentase 85,57% dengan kualifikasi valid. Selanjutnya diperoleh persentase rata-rata akhir pengujian validasi LKS sebesar 85,44 % dalam kategori valid. Kemudian analisis dari angket respon guru kelas IV terhadap LKS memperoleh rata-rata sebesar 92,93% dengan kategori “Sangat Menarik” sedangkan analisis dari angket respon peserta didik memperoleh rata-rata sebesar 93,33% dengan kategori “Sangat Menarik”.
References
Andarika, N., & Widowati, H. (2017). Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (Lks) Berbasis Inkuiri Studi Kasus Pembelajaran Di Kelas X Sman 6 Metro Tahun Pelajaran 2013/2014. BIOEDUKASI (Jurnal Pendidikan Biologi), 5(2), 87. https://doi.org/10.24127/bioedukasi.v5i2.787.
Ardina, F. R., & Sa’dijah, C. (2016). Analisis Lembar Kerja Siswa Dalam Meningkatkan Komunikasi Matematis Tulis Siswa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(2), 171–180. https://doi.org/https://doi.org/10.17977/jp.v1i2.6119.
Basri, B., Tayeb, T., Abrar, A. I. P., Nur, F., & Angriani, A. D. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Masalah dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Aljabar. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 8(2), 173–182. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v8i2.1542.
Bressington, D. T., Wong, W. kit, Lam, K. K. C., & Chien, W. T. (2018). Concept mapping to promote meaningful learning, help relate theory to practice and improve learning self-efficacy in Asian mental health nursing students: A mixed-methods pilot study. Nurse Education Today, 60(February 2017), 47–55. https://doi.org/10.1016/j.nedt.2017.09.019.
Fajriyanti, Z. D., Ernawati, T., & Sujatmika, S. (2018). Pengembangan LKS Berbasis Project Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa SMP. JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran), 2(2), 149. https://doi.org/10.31331/jipva.v2i2.691.
Faridah, S., Mustaji, & Tjipto, S. W. (2019). Pengaruh Contextual Teaching and Learning Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 5(3), 1092. https://doi.org/10.26740/jrpd.v5n3.p1092-1099.
Gitriani, R., Aisah, S., Hendriana, H., & Herdiman, I. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Pendekatan Kontekstual pada Materi Lingkaran Untuk Siswa SMP. Jurnal Review Pembelajaran Matematika, 3(1), 40–48. https://doi.org/10.15642/jrpm.2018.3.1.40-48.
Hala, Y., Mushawwir Taiyeb, A., Negeri, S., Biologi, J., & Negeri Makassar, U. (2016). Pengaruh Penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Pendekatan Ilmiah Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Biologi Kelas VII Peserta Didik SMP Negeri 2 Watampone. Jurnal Sainsmat, V(1), 45.
Hamdu, G., & Rostiana, N. I. (2020). Desain Lembar Kerja Siswa Pada Pembelajaran Stem Untuk Siswa Sekolah Dasar. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 11(1), 79–87. https://doi.org/10.24176/re.v11i1.4809.
Hasanah, S. I., Hafsi, A. R., & Zayyadi, M. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Etnomatematika Dalam Membangun Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 10(2), 21. https://doi.org/10.26418/jpmipa.v10i2.29609.
Isnaini, M., & Afgani, M. W. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Pada Materi Limas Menggunakan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (Pmri). Metodik Didaktik : Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 12(2). https://doi.org/10.17509/md.v12i2.7679.
Kostiainen, E., Ukskoski, T., Ruohotie-Lyhty, M., Kauppinen, M., Kainulainen, J., & Mäkinen, T. (2018). Meaningful learning in teacher education. Teaching and Teacher Education, 71, 66–77. https://doi.org/10.1016/j.tate.2017.12.009.
Lamapaha, Y. F. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Kontekstual Berorientasi Penalaran Saintifik Developing of Contextual-Based Student Worksheet Oriented to Reasoning Scientific. Pendidikan Matematika Dan Sains, 5(1), 58–68.
Mustika, D. (2017). Pembelajaran Menggunakan Model Learning Cycle 5E Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Di Sekolah Dasar. Jurnal Handayani, 7(2), 1–10. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/handayani/article/view/7230/9476.
Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar dan Pembelajaran. FITRAH:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945.
Paradita, Z., & Suana, W. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berorientasi Higher Order Thinking Skills Pada Materi Impuls Dan Momentum. Gravity : Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Fisika, 5(2). https://doi.org/10.30870/gravity.v5i2.5389.
Pratiwi, N., & Yulkifli, Y. (2019). Peningkatan Kompetensi Keterampilan Peserta Didik Berbantuan LKPD Berbasis Model Discovery Learning pada Materi Fluida. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(1), 130–139. https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i1.4219.
Priscylio, G., Eriani, P., Ellizar, E., & Andromeda, A. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Problem Based Learning Pada Topik Ikatan Kimia. JTK (Jurnal Tadris Kimiya), 4(1), 1–10. https://doi.org/10.15575/jtk.v4i1.4085.
Septian, R., Irianto, S., & Andriani, A. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Matematika Berbasis Model Realistic Mathematics Education. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 5(1), 59–67. https://doi.org/10.31949/educatio.v5i1.56.
Septina, N., Farida, F., & Komarudin, K. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Dengan Pendekatan Saintifik Berbasis Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal Tatsqif, 16(2), 160–171. https://doi.org/10.20414/jtq.v16i2.200.
Suryani, I., Mardiati, Y., & Herlanti, Y. (2019). Pengaruh Penggunaan Lembar Kerja Siswa (Lks) Berbasis Kontekstual Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Sistem Gerak Manusia. Edusains, 8(2), 150–156. https://doi.org/10.15408/es.v8i2.1823.
Widodo, S. (2017). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) berbasis Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Keterampilan Penyelesaian Masalah Lingkungan Sekitar Peserta Didik di Sekolah Dasar. JPIS Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 26(2), 189–204.
Widyanto, I. P. (2020). Peningkatan Mutu Pendidikan Hindu Melalui Pengelolaan Pembelajaran. Jurnal Penjaminan Mutu, 6(1), 48. https://doi.org/10.25078/jpm.v6i1.1151.
Yaldi, N., & Sukriadi, H. (2019). Pengembangan Lks Learning Cycle 7E Dalam Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(3), 990–993. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/223/pdf.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.