Tingkatkan Hasil Belajar Materi Globalisasi Siswa Kelas VI SD dengan Media Video Pembelajaran
DOI:
https://doi.org/10.23887/mi.v26i3.39964Keywords:
Video Pembelajaran, GlobalisasiAbstract
Pada masa ini kegiatan belajar mengajar tidak dapat dilakukan secara tatap muka, khususnya pada daerah yang terdampak Covid-19 sehingga wajib dilakukan dengan pembelajaran jarak jauh. Kurangnya media pembelajaran yang menarik dan menyenangkan bagi siswa dalam mengikuti pembelajaran PPKn berdampak pada rendahnya prestasi belajar siswa. Dibutuhkan media pembelajaran inovatif yang dapat meningkatkan mutu pembelajaran dan mewujudkan proses belajar yang lebih bermakna bagi siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah menciptakan video pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar materi globalisasi siswa kelas VI SD. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model. Subjek yang terlibat dalam penelitian ini, yaitu dua orang ahli materi, dua orang ahli madia, empat orang guru PPKn, dan 23 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuisioner dengan instrument yang terdiri atas kuisioner meliputi karakteristik, tingkat validitas, kepraktisan, dan keefektifan media video pembelajaran globalisasi pada mata pelajaran PPKn kelas VI yang diperoleh dengan menggunakan teknik penyebaran kuisioner kepada subjek penelitian. Hasil data kualitatif yang diperoleh dianalisis secara deskriptif. Tingkat validitas media video pembelajaran globalisasi pada mata pelajaran PPKn kelas VI termasuk dalam kategori sangat valid, dilihat nilai kevalian pada ahli materi sebesar 1,00 dan nilai kevalidan pada ahli media sebesar 1,00. Tingkat kepraktisan media video pembelajaran globalisasi pada mata pelajaran PPKn kelas VI termasuk dalam kategori sangat praktis, dilihat dari nilai kepraktisan dengan yaitu sebesar 89. Maka video pembelajaran layak dan valid digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
References
Aditya, I. P. E., Asri, I. G. A. A. S., & Ardana, I. K. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing Berbantuan Media Video Terhadap Kompetensi Pengetahuan PPKn Siswa Kelas V SD Gugus III Kecamatan Kuta Utara Tahun Ajaran 2018/2019. Media Komunikasi FPIPS, 17(1), 44–53. https://doi.org/10.23887/mkfis.v17i1.22217.
Ananda, R. (2017). Penggunaan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas IV SD Negeri 016 Bangkinang Kota. Jurnal Basicedu, 1(1), 21–30. https://doi.org/10.31004/basicedu.v1i1.149.
Andriyani, N. L., & Suniasih, N. W. (2021). Development Of Learning Videos Based On Problem-Solving Characteristics Of Animals And Their Habitats Contain in Science Subjects On 6th-Grade. Journal of Education, 5(1), 37–47. https://doi.org/10.23887/jet.v5i1.32314.
Anjarsari, E., Farisdianto, D. D., & Asadullah, A. W. (2020). Pengembangan Media Audiovisual Powtoon pada Pembelajaran Matematika untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(2), 40–50. https://doi.org/10.26594/jmpm.v5i2.2084.
Aprilia, L. A., Slameto, S., & Radia, E. H. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Ppkn Melalui Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) Berbasis Kurikulum 2013. WACANA AKADEMIKA: Majalah Ilmiah Kependidikan, 2(1), 85. https://doi.org/10.30738/wa.v2i1.2530.
Arsyad, A., & Sulfemi, W. B. (2018). Metode Role Playing Berbantu Media Audio Visual Pendidikan dalam Meningkatkan Belajar IPS. Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan IPS Indonesia), 3(2), 41. https://doi.org/10.26737/jpipsi.v3i2.1012.
Asmedy, A. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 2(2), 108–113. https://doi.org/10.54371/ainj.v2i2.41.
Ayala, A. P. (2021). A learning design cooperative framework to instill 21st century education. Telematics and Informatics, 62. https://doi.org/10.1016/j.tele.2021.101632.
Boso, C. M., van der Merwe, A. S., & Gross, J. (2021). Students’ and Educators’ Experiences with Instructional Activities Towards Critical Thinking Skills Acquisition in a Nursing School. International Journal of Africa Nursing Sciences, 14, 100293. https://doi.org/10.1016/j.ijans.2021.100293.
Dewi, F. F., & Handayani, S. L. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi En-Alter Sources Berbasis Aplikasi Powtoon Materi Sumber Energi Alternatif Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2530–2540. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1229.
Diana Sari, N. L. S., Sudana, D. N., & Parmiti, D. P. (2019). Pengaruh VCT Berbantuan Media Sederhana Terhadap Hasil Belajar PKN. Journal of Education Technology, 3(2), 49. https://doi.org/10.23887/jet.v3i2.21701.
Farida Hasan Rahmaibu, F. A. F. D. P. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Adobe Flash Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKn. Jurnal Kreatif : Jurnal Kependidikan Dasar, 7(1).
Fatmawati, Y., & Rizal, A. R. (2020). Peranan Model Pembelajaran Value Clarification Technique Berbantuan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 4(4), 53–68. https://doi.org/10.36312/jisip.v4i4.1186.
Fitria, A. (2018). Penggunaan Media Audio Visual dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2). https://doi.org/10.17509/cd.v5i2.10498.
Gusnawan, I. M. V., & Renda, N. T. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Resolusi Konflik Berbantuan Media Video Clip Terhadap Hasil Belajar PKN. MIMBAR PGSD, 5(3). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i3.12433.
Hasanah, A., Indrawadi, J., & Montessori, M. (2020). Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) di Daerah Tertinggal. Jurnal of Moral and Civic Education, 4(2), 69 – 77. https://doi.org/10.24036/8851412412020223.
Hastuti, H. W., Baedowi, S., & Mushafanah, Q. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran Numbered Heads Together Berbantu Media Panelpa (Papan Flanel IPA) Terhadap Hasil Belajar. International Journal of Elementary Education, 3(2), 108–115. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/ijee.v3i2.18513.
Hernawati, E. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Melalui Penggunaan Metode Demonstrasi dan Media Audiovisual pada Siswa Kelas X MAN 4 Jakarta. Andragogi: Jurnal Diklat Teknis Pendidikan Dan Keagamaan, 6(2), 118–131. https://doi.org/10.36052/andragogi.v6i2.60.
Hikmah, U. N., & Ahmadi, F. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKn Siswa Kelas. Jurnal Kreatif: Jurnal Kependidikan Dasar, 9(2), 135–140. https://doi.org/10.15294/kreatif.v9i2.25408.
Hong, J.-C., Lee, Y.-F., & Ye, J.-H. (2021). Procrastination predicts online self-regulated learning and online learning ineffectiveness during the coronavirus lockdown. Personality and Individual Differences, 1–8. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.paid.2021.110673.
Jr., L. D. L., Tiangcoa, C. E., Sumalinog, D. A. G., Sabarillo, N. S., & Mark, J. (2021). An effective blended online teaching and learning strategy during the Covid-19 pandemic. Education for Chemical Engineers, 35, 116–131. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.ece.2021.01.012.
Karisma, R., Mudzanatun, & Arisyanto, P. (2019). Pengembangan Media Audio Visual untuk Mendukung Pembelajaran Tematik Tema & Subtema 2. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jppp.v3i3.19255.
Khaulani, F., Noviana, E., & Witri, G. (2019). Penerapan Metode Brainstorming Dengan Bantuan Media Gambar Grafis Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pkn Siswa Kelas V SD Negeri 009 Pulau Kecamatan Bangkinang Kabupaten Kampar. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 3(1), 18. https://doi.org/10.33578/pjr.v3i1.6305.
Kurniawan, D., Kuswandi, D., & Husna, A. (2018). Pengembangan Media Video Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Ipa Tentang Sifat Dan Perubahan Wujud Benda Kelas Iv Sdn Merjosari 5 Malang. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran) Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 4(2), 119–125. https://doi.org/10.17977/um031v4i22018p119.
Kurniyawati, S. U., & Nugraheni, A. S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Gawai Pada Pembelajaran PPKn Kelas 3 SD/MI Di Masa Pandemi Covid-19. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 5(2), 159–171. https://doi.org/10.30651/else.v5i2.7099.
Kwangmuang, P., Jarutkamolpong, S., Sangboonraung, W., & Daungtod, S. (2021). The development of learning innovation to enhance higher order thinking skills for students in Thailand junior high schools. Heliyon, 7(6). https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2021.e07309.
Lavi, R., Tal, M., & Dori, Y. J. (2021). Perceptions of STEM alumni and students on developing 21st century skills through methods of teaching and learning. Studies in Educational Evaluation, 70, 1–11. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.stueduc.2021.101002.
Layona, R., Yulianto, B., & Tunardi, Y. (2017). Authoring Tool for Interactive Video Content for Learning Programming. Procedia Computer Science, 116, 37–44. https://doi.org/10.1016/j.procs.2017.10.006.
Maharni. (2016). Pengembangan Media Video Untuk Perolehan Belajar Konsep Norma-. Kehidupan, Norma Pelajaran, Pada Kewarganegaraan, Pedidikan, 1(2), 41–51.
Mediatati, N., & Suryaningsih, I. (2017). Penggunaan model pembelajaran Course Review Horay dengan media flipchart sebagai upaya meningkatkan hasil belajar PKn. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(2), 113–121. https://doi.org/10.23887/jisd.v1i2.10146.
Mishra, L., Gupta, T., & Shree, A. (2020). Online teaching-learning in higher education during lockdown period of COVID-19 pandemic. International Journal of Educational Research Open, June, 100012. https://doi.org/10.1016/j.ijedro.2020.100012.
Miswandi, M. (2018). Peningkatan Hasil Belajar PKN SD melalui Stategi Crossword Puzzle. Jurnal Pendidikan : Riset Dan Konseptual, 2(3), 300. https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v2i3.66.
Muhson, A. (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 8(2). https://doi.org/10.21831/jpai.v8i2.949.
Murni, H. (2018). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Model Pembelajaran PKN Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share. Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan, 16(3), 284. https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v16i3.2105.
Naharir, R. A., Dantes, N., & Kusmariyatni, N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horay Berbantuan Media Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Semester II Sd Gugus VI Kecamatan Sukasada. Mimbar PGSD Undiksha, 7(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i1.16975.
Purbasari, F., Rusnaini, R., & Winarno, W. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Value Clarifica Tion Technique (VCT) Tipe Analisis Nilai Berbantuan Media Video Pembelajaran Terhadap Penguasaan Kompetensi Dasar. Paedagogia. Paedagogia, 19(2), 156–169. https://doi.org/10.20961/paedagogia.v19i2.36083.
Ramadhani, S. P. (2017). Pengaruh Pendekatan Cooperative Learning Tipe (TPS) Think, Pair, and Share Terhadap Hasil Belajar PKn di Sekolah Dasar. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 7(02), 124. https://doi.org/10.25273/pe.v7i2.1653.
Ridha, M., Firman, & Desyandri. (2021). Efektifitas Penggunaan Media Video pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 154–162.
Salim Nahdi, D., Yonanda, D. A., & Agustin, N. F. (2018). Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Melalui Penerapan Metode Demonstrasi pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Cakrawala Pendas, 4(2), 9. https://doi.org/10.31949/jcp.v4i2.1050.
Scherer, R., Howard, S. K., Tondeur, J., & Siddiq, F. (2021). Profiling teachers’ readiness for online teaching and learning in higher education: Who’s ready? Computers in Human Behavior, 118, 106675. https://doi.org/10.1016/j.chb.2020.106675.
Siswinarti, P. R. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Value Clarification Technique Bermediakan Video Terhadap Hasil Belajar Pkn. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 2(1), 41–49. https://doi.org/10.23887/jippg.v2i1.18084.
Siswinarti, Pt. Ratih. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Value Clarification Technique Bermediakan Video Terhadap Hasil Belajar Pkn. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 2(1), 41–49. https://doi.org/10.23887/jippg.v2i1.18084.
Sri Kartika Dewi, N. W., Parmiti, D. P., & Ngurah Japa, I. G. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Probing Prompting Berbantuan Media Video Terhadap Hasil Belajar IPA. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 2(2), 229. https://doi.org/10.23887/ijerr.v2i2.17631.
Suandewi, N. P., Dibia, I. K., & Dharsana, I. K. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Nos Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Lesson Study Siswa Kelas V. Mimbar PGSD, 5(3), 1–11. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i3.12061.
Susilo, S. V., & Ramdiati, T. (2019). Penerapan Model Multiliterasi Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Persuasi Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 5(1). https://doi.org/10.31949/jcp.v5i1.1199.
Wisada, P. D., Sudarma, I. K., & Yuda S, A. I. W. I. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran Berorientasi Pendidikan Karakter. Journal of Education Technology, 3(3), 140. https://doi.org/10.23887/jet.v3i3.21735.
Wulandari, Y., Ruhiat, Y., & Nulhakim, L. (2020). Pengembangan Media Video Berbasis Powtoon pada Mata Pelajaran IPA di Kelas V. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 8(2), 269–279. https://doi.org/10.24815/jpsi.v8i2.16835.
Yuniarni, Sari, & Atiq. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Video Senam Animasi Berbasis Budaya Khas Kalimantan Barat. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1). https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.331.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.