Strategi Pengajaran dan Penyusunan Soal Mahasiswa Praktikum Prodi Bahasa Inggris dalam Pembelajaran Daring

Authors

  • P. S. Astuti Universitas Mahasaraswati Denpasar, Denpasar, Bali, Indonesia
  • I. K. Wardana Universitas Mahasaraswati Denpasar, Denpasar, Bali, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/mi.v27i1.43138

Keywords:

Strategi Mengajar, Asesmen, Pembelajaran Daring

Abstract

Mahasiswa yang praktikum menerapkan strategi pengajaran dan penilaian dalam pembelajaran  daring harus memahami aspek pengetahuan isi, pengetahuan mendidik, dan teknologi. Penelitian ini menganalisis strategi pengajaran dan penyusunan soal mahasiswa praktikum prodi bahasa Inggris dalam pembelajaran daring. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dengan ancangan penelitian tindakan. Subjek dalam penelitian yaitu 30 mahasiswa praktikum dalam program PLP prodi pendidikan bahasa Inggris di enam sekolah SMP. Instrumen yang digunakan berupa lembarana pengamatan, checklist, kuesioner, dan soal tanya jawab. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa praktikum sangat berprestasi menggunakan strategi pengajaran kontekstual, tetapi cukup berprestasi dalam penerapan strategi pembelajaran koperatif, berbasis masalah, ekspositori, dan inkuiri. Dari aspek penilaian, soal yang disusun mahasiswa sudah memenuhi kreteria administratif, konten, dan performa, yaitu layak kaidah, layak fungsi, dan layak penyajiannya. Pemilihan platform pembelajaran telah memenuhi kreteria keterjangkauan, kesesuaian, dan efesiensi. Dengan demikian, pengetahuan bahasa, metode pengajaran bahasa, dan penggunaan teknologi menjadi kunci sukses dalam pengajaran daring. Penerapan strategi kontekstual dapat membangun imaji dan konsep bahasa yang hakiki yaitu konteks, baik konteks situasi maupun konteks budaya.

Author Biographies

P. S. Astuti, Universitas Mahasaraswati Denpasar, Denpasar, Bali, Indonesia

Pendidikan Bahasa Inggris

I. K. Wardana, Universitas Mahasaraswati Denpasar, Denpasar, Bali, Indonesia

Pendidikan Bahasa Inggris

References

Ahdan, S., Putri, A. R., & Sucipto, A. (2020). Aplikasi M-Learning sebagai Media Pembelajaran Conversation pada Homey English. Sistemasi, 9(3), 493. https://doi.org/10.32520/stmsi.v9i3.884.

Arikunto. (2013). Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Atmojo, S. E., Muhtarom, T., & Lukitoaji, B. D. (2020). The Level of Self-Regulated Learning and Self-Awareness in Science Learning in The Covid-19 Pandemic Era. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 9(4), 512–520. https://doi.org/10.15294/jpii.v9i4.25544.

Bungin, B. (2003). Metodologi penelitian kualitatif. Raja Grafindo Persada.

Ferazona, S., & Suryanti, S. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Hasil Belajar Kognitif Mahasiswa pada Mata Kuliah Limnologi. Journal of Research and Education Chemistry, 2(2), 102. https://doi.org/10.25299/jrec.2020.vol2(2).5826.

Ferdiansyah, F., Ambiyar, A., Zagoto, M. M., & Putra, I. E. D. (2020). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis E Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar pada Matakuliah Media Pembelajaran Musik. KOMPOSISI: Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Seni, 21(1), 63–72. https://doi.org/10.24036/komposisi.v21i1.42098.

Fitriani, Y. (2020). Analisa Pemanfaatan Learning Management System (LMS) sebagai Media Pembelajaran Online Selama Pandemi Covid-19. Journal of Information System, Informatics and Computing, 4(2), 1. https://doi.org/10.52362/jisicom.v4i2.312.

Fitriyani, Y., Fauzi, I., & Sari, M. Z. (2020). Motivasi Belajar Mahasiswa pada Pembelajaran Daring Selama Pandemik Covid-19. Profesi Pendidikan Dasar, 7(1), 121–132. https://doi.org/10.23917/ppd.v7i1.10973.

Harapani, A. (2020). Pengaruh Kuliah Daring Saat Pandemi Covid-19 terhadap Kemampuan Mahasiswa. Jurnal Universitas Lambung Mangkurat, 1–8. https://psyarxiv.com/t4x29/download/?format=pdf.

Indahini, R. S., Sulton, & Husna, A. (2018). Pengembangan Multimedia Mobile Learning pada Mata Pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital Kelas X SMK. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(2), 141–148. http://journal2.um.ac.id/index.php/jktp/article/view/3730.

Istiqlal, M. (2017). Pengembangan Multimedia Interaktif dalam Pembelajaran Matematika. JIPMat, 2(1). https://doi.org/10.26877/jipmat.v2i1.1480.

Khamim, M. (2021). Penerapan Media Online Berbasis Google Classroom dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa pada Mata Pelajaran Pai di Masa Pandemi Covid-19 di SMAN 2 Ponorogo. Journal of Chemical Information and Modeling, 1, 27. http://etheses.iainponorogo.ac.id/14657/.

Kuntarto, E. (2017). Keefektifan Model Pembelajaran Daring dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi. Indonesian Language Education And Literature, 3(1), 99–110. https://doi.org/10.24235/Ileal.V3i1.1820.

Liu, C., Bano, M., Zowghi, D., & Kearney, M. (2021). Analysing User Reviews of Inquiry-Based Learning Apps in Science Education. Computers & Education, 164, 104119. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2020.104119.

Lubis, R. S. (2020). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. AXIOM : Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 9(2), 199–205. https://doi.org/10.30821/axiom.v9i2.8735.

Mansyur, A. R. (2020). Dampak COVID-19 terhadap Dinamika Pembelajaran di Indonesia. Education and Learning Journal, 1(2), 113. https://doi.org/10.33096/eljour.v1i2.55.

Maryani, I. (2020). Pendampingan Penyusunan Soal Higher Order Thinking bagi Guru Sekolah Dasar. Jurnal SOLMA, 9(1), 156–166. https://doi.org/10.29405/solma.v9i1.4100.

Nurdyansyah, T. (2018). Pengaruh Strategi Pembelajaran Aktif terhadap Hasil Belajar pada Madrasah Ibtidaiyah. http://eprints.umsida.ac.id/1610/.

Nurjannah, N. (2020). Evaluasi Kepuasan Mahasiswa terhadap Pelayanan Akademik Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Iai Muhammadiyah Sinjai. Jurnal Evaluasi Pendidikan, 11(2), 51–57. https://doi.org/10.21009/10.21009/jep.0122.

Nurmalasari, L. (2019). Penerapan Strategi Pembelajaran Everyone is Teacher Here untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa. Al-Aulad: Journal of Islamic Primary Education, 2(1), 93–106. https://doi.org/10.15575/al-aulad.v2i1.4436.

Pane, A., & Darwis Dasopang, M. (2017). Belajar dan Pembelajaran. FITRAH:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945.

Prastikawati, E., Wiyaka, W., & Budiman, T. (2021). Pelatihan Penyusunan Soal Bahasa Inggris Berbasis HOTS bagi Guru Bahasa Inggris SMP. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 6(1), 47–54. https://doi.org/10.30653/002.202161.761.

Rahmiati, & Pianda, D. (2018). Strategi & Implementasi Pembelajaran Matemtika di Dalam Kelas. Cv. Jejak.

Richards, J. C., & Rodgers, T. S. (2001). Approaches and Methods in Language Teaching (Second Edi). Cambridge University Press. https://www.novaconcursos.com.br/blog/pdf/richards-jack-c.-&-rodgers.pdf.

Riscaputantri, A., & Wening, S. (2018). Pengembangan Instrumen Penilaian Afektif Siswa Kelas IV Sekolah Dasar di Kabupaten Klaten. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 22(2), 231–242. https://doi.org/10.21831/pep.v22i2.16885

Robandi, D., & Mudjiran, M. (2020). Dampak Pembelajaran dari Masa Pandemi Covid-19 terhadap Motivasi Belajar Siswa SMP di Kota Bukittinggi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 3498–3502. https://doi.org/10.31004/jptam.v4i3.878

Simamora, R. M. (2020). The Challenges of Online Learning during the COVID-19 Pandemic: An Essay Analysis of Performing Arts Education Students. Studies in Learning and Teaching, 1(2), 86–103. https://doi.org/10.46627/silet.v1i2.38.

Sinaga, Amran Jahot & Harun Sitompul, S. (2017). Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Locus of Control terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Siswa Kelas XI SMA Swasta St. Thomas 2 Medan. Jurnal Tabularasa PPS Unimed, 14(2), 119–128. https://doi.org/10.24114/jt.v14i2.9648

Stoica, A. M., & Roco, M. (2013). The Role of the Emotional Intelligence in Kindergarden Children’s Development. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 78(1), 150–154. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2013.04.269

Windhiyana, E. (2020). Dampak Covid-19 terhadap Kegiatan Pembelajaran Online di Perguruan Tinggi Kristen di Indonesia. Perspektif Ilmu Pendidikan, 34(1), 1–8. https://doi.org/10.21009/pip.341.1

Yudi Firmansyah, & Fani Kardina. (2020). Pengaruh New Normal di Tengah Pandemi Covid-19 terhadap Pengelolahan Sekolah dan Peserta Didik. Buana Ilmu, 4(2), 99–112. https://doi.org/10.36805/bi.v4i2.1107

Zulfa. (2015). Implementasi Kurikulum dan Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada PAUD. Madrrisa: Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 6(1), 1 – 29.

Downloads

Published

2022-04-25

How to Cite

Astuti, P. S., & Wardana, I. K. (2022). Strategi Pengajaran dan Penyusunan Soal Mahasiswa Praktikum Prodi Bahasa Inggris dalam Pembelajaran Daring. Mimbar Ilmu, 27(1), 153–161. https://doi.org/10.23887/mi.v27i1.43138

Issue

Section

Articles