Strategi Pengajaran dan Penyusunan Soal Mahasiswa Praktikum Prodi Bahasa Inggris dalam Pembelajaran Daring
DOI:
https://doi.org/10.23887/mi.v27i1.43138Kata Kunci:
Strategi Mengajar, Asesmen, Pembelajaran DaringAbstrak
Mahasiswa yang praktikum menerapkan strategi pengajaran dan penilaian dalam pembelajaran daring harus memahami aspek pengetahuan isi, pengetahuan mendidik, dan teknologi. Penelitian ini menganalisis strategi pengajaran dan penyusunan soal mahasiswa praktikum prodi bahasa Inggris dalam pembelajaran daring. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dengan ancangan penelitian tindakan. Subjek dalam penelitian yaitu 30 mahasiswa praktikum dalam program PLP prodi pendidikan bahasa Inggris di enam sekolah SMP. Instrumen yang digunakan berupa lembarana pengamatan, checklist, kuesioner, dan soal tanya jawab. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa praktikum sangat berprestasi menggunakan strategi pengajaran kontekstual, tetapi cukup berprestasi dalam penerapan strategi pembelajaran koperatif, berbasis masalah, ekspositori, dan inkuiri. Dari aspek penilaian, soal yang disusun mahasiswa sudah memenuhi kreteria administratif, konten, dan performa, yaitu layak kaidah, layak fungsi, dan layak penyajiannya. Pemilihan platform pembelajaran telah memenuhi kreteria keterjangkauan, kesesuaian, dan efesiensi. Dengan demikian, pengetahuan bahasa, metode pengajaran bahasa, dan penggunaan teknologi menjadi kunci sukses dalam pengajaran daring. Penerapan strategi kontekstual dapat membangun imaji dan konsep bahasa yang hakiki yaitu konteks, baik konteks situasi maupun konteks budaya.
Referensi
Ahdan, S., Putri, A. R., & Sucipto, A. (2020). Aplikasi M-Learning sebagai Media Pembelajaran Conversation pada Homey English. Sistemasi, 9(3), 493. https://doi.org/10.32520/stmsi.v9i3.884.
Arikunto. (2013). Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.
Atmojo, S. E., Muhtarom, T., & Lukitoaji, B. D. (2020). The Level of Self-Regulated Learning and Self-Awareness in Science Learning in The Covid-19 Pandemic Era. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 9(4), 512–520. https://doi.org/10.15294/jpii.v9i4.25544.
Bungin, B. (2003). Metodologi penelitian kualitatif. Raja Grafindo Persada.
Ferazona, S., & Suryanti, S. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Hasil Belajar Kognitif Mahasiswa pada Mata Kuliah Limnologi. Journal of Research and Education Chemistry, 2(2), 102. https://doi.org/10.25299/jrec.2020.vol2(2).5826.
Ferdiansyah, F., Ambiyar, A., Zagoto, M. M., & Putra, I. E. D. (2020). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis E Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar pada Matakuliah Media Pembelajaran Musik. KOMPOSISI: Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Seni, 21(1), 63–72. https://doi.org/10.24036/komposisi.v21i1.42098.
Fitriani, Y. (2020). Analisa Pemanfaatan Learning Management System (LMS) sebagai Media Pembelajaran Online Selama Pandemi Covid-19. Journal of Information System, Informatics and Computing, 4(2), 1. https://doi.org/10.52362/jisicom.v4i2.312.
Fitriyani, Y., Fauzi, I., & Sari, M. Z. (2020). Motivasi Belajar Mahasiswa pada Pembelajaran Daring Selama Pandemik Covid-19. Profesi Pendidikan Dasar, 7(1), 121–132. https://doi.org/10.23917/ppd.v7i1.10973.
Harapani, A. (2020). Pengaruh Kuliah Daring Saat Pandemi Covid-19 terhadap Kemampuan Mahasiswa. Jurnal Universitas Lambung Mangkurat, 1–8. https://psyarxiv.com/t4x29/download/?format=pdf.
Indahini, R. S., Sulton, & Husna, A. (2018). Pengembangan Multimedia Mobile Learning pada Mata Pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital Kelas X SMK. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(2), 141–148. http://journal2.um.ac.id/index.php/jktp/article/view/3730.
Istiqlal, M. (2017). Pengembangan Multimedia Interaktif dalam Pembelajaran Matematika. JIPMat, 2(1). https://doi.org/10.26877/jipmat.v2i1.1480.
Khamim, M. (2021). Penerapan Media Online Berbasis Google Classroom dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa pada Mata Pelajaran Pai di Masa Pandemi Covid-19 di SMAN 2 Ponorogo. Journal of Chemical Information and Modeling, 1, 27. http://etheses.iainponorogo.ac.id/14657/.
Kuntarto, E. (2017). Keefektifan Model Pembelajaran Daring dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi. Indonesian Language Education And Literature, 3(1), 99–110. https://doi.org/10.24235/Ileal.V3i1.1820.
Liu, C., Bano, M., Zowghi, D., & Kearney, M. (2021). Analysing User Reviews of Inquiry-Based Learning Apps in Science Education. Computers & Education, 164, 104119. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2020.104119.
Lubis, R. S. (2020). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. AXIOM : Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 9(2), 199–205. https://doi.org/10.30821/axiom.v9i2.8735.
Mansyur, A. R. (2020). Dampak COVID-19 terhadap Dinamika Pembelajaran di Indonesia. Education and Learning Journal, 1(2), 113. https://doi.org/10.33096/eljour.v1i2.55.
Maryani, I. (2020). Pendampingan Penyusunan Soal Higher Order Thinking bagi Guru Sekolah Dasar. Jurnal SOLMA, 9(1), 156–166. https://doi.org/10.29405/solma.v9i1.4100.
Nurdyansyah, T. (2018). Pengaruh Strategi Pembelajaran Aktif terhadap Hasil Belajar pada Madrasah Ibtidaiyah. http://eprints.umsida.ac.id/1610/.
Nurjannah, N. (2020). Evaluasi Kepuasan Mahasiswa terhadap Pelayanan Akademik Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Iai Muhammadiyah Sinjai. Jurnal Evaluasi Pendidikan, 11(2), 51–57. https://doi.org/10.21009/10.21009/jep.0122.
Nurmalasari, L. (2019). Penerapan Strategi Pembelajaran Everyone is Teacher Here untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa. Al-Aulad: Journal of Islamic Primary Education, 2(1), 93–106. https://doi.org/10.15575/al-aulad.v2i1.4436.
Pane, A., & Darwis Dasopang, M. (2017). Belajar dan Pembelajaran. FITRAH:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945.
Prastikawati, E., Wiyaka, W., & Budiman, T. (2021). Pelatihan Penyusunan Soal Bahasa Inggris Berbasis HOTS bagi Guru Bahasa Inggris SMP. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 6(1), 47–54. https://doi.org/10.30653/002.202161.761.
Rahmiati, & Pianda, D. (2018). Strategi & Implementasi Pembelajaran Matemtika di Dalam Kelas. Cv. Jejak.
Richards, J. C., & Rodgers, T. S. (2001). Approaches and Methods in Language Teaching (Second Edi). Cambridge University Press. https://www.novaconcursos.com.br/blog/pdf/richards-jack-c.-&-rodgers.pdf.
Riscaputantri, A., & Wening, S. (2018). Pengembangan Instrumen Penilaian Afektif Siswa Kelas IV Sekolah Dasar di Kabupaten Klaten. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 22(2), 231–242. https://doi.org/10.21831/pep.v22i2.16885
Robandi, D., & Mudjiran, M. (2020). Dampak Pembelajaran dari Masa Pandemi Covid-19 terhadap Motivasi Belajar Siswa SMP di Kota Bukittinggi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 3498–3502. https://doi.org/10.31004/jptam.v4i3.878
Simamora, R. M. (2020). The Challenges of Online Learning during the COVID-19 Pandemic: An Essay Analysis of Performing Arts Education Students. Studies in Learning and Teaching, 1(2), 86–103. https://doi.org/10.46627/silet.v1i2.38.
Sinaga, Amran Jahot & Harun Sitompul, S. (2017). Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Locus of Control terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Siswa Kelas XI SMA Swasta St. Thomas 2 Medan. Jurnal Tabularasa PPS Unimed, 14(2), 119–128. https://doi.org/10.24114/jt.v14i2.9648
Stoica, A. M., & Roco, M. (2013). The Role of the Emotional Intelligence in Kindergarden Children’s Development. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 78(1), 150–154. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2013.04.269
Windhiyana, E. (2020). Dampak Covid-19 terhadap Kegiatan Pembelajaran Online di Perguruan Tinggi Kristen di Indonesia. Perspektif Ilmu Pendidikan, 34(1), 1–8. https://doi.org/10.21009/pip.341.1
Yudi Firmansyah, & Fani Kardina. (2020). Pengaruh New Normal di Tengah Pandemi Covid-19 terhadap Pengelolahan Sekolah dan Peserta Didik. Buana Ilmu, 4(2), 99–112. https://doi.org/10.36805/bi.v4i2.1107
Zulfa. (2015). Implementasi Kurikulum dan Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada PAUD. Madrrisa: Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 6(1), 1 – 29.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 P. S. Astuti, I. K. Wardana
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.