ANALISIS KESALAHAN PENERAPAN KATA BAKU DAN TANDA BACA DALAM MENULIS KEMBALI ISI CERITA FABEL
DOI:
https://doi.org/10.23887/mi.v24i2.21307Abstrak
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi banyak siswa yang menulis tidak menggunakan kata baku dan tanda baca yang tepat. Dalam hasil tulisan siswa banyak ditemukan kesalahan penerapan kata baku dan tanda baca. Hal tersebut menyebabkan hasil tulisan siswa sulit dibaca dan dipahami, selain itu juga dapat menimbulkan makna ganda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk kesalahan kata baku dan tanda baca dalam menulis kembali isi cerita fabel subtema 1 manusia dan lingkungan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri Pandean Lamper 04 Semarang. Prosedur pengumpulan data yang digunakan adalah hasil tulisan siswa, angket, dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian, banyak ditemukan kesalahan penerapan kata baku dan tanda baca dalam hasil tulisan siswa. Kesalahan penerapan kata baku berjumlah 233 kata. Kesalahan penerapan tanda baca berjumlah 180 kesalahan. Hal tersebut sesuai dengan hasil angket yang diperoleh bahwa siswa jarang menerapkan kata baku dan tanda baca di sekolah, di rumah, dan dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu juga sesuai dengan hasil wawancara guru bahwa siswa menulis tidak menggunakan kata baku dan tanda baca yang tepat.
Kata-kata kunci : Kesalahan, Penerapan, Kata Baku, dan Tanda Baca
Abstract
This research is motivated by many students who write not using standard words and proper punctuation. In the results of many students' writing found errors in the application of standard words and punctuation. This causes the results of student writing difficult to read and understand, but it can also lead to other meanings. This study aims to determine the form of standard word errors and punctuation in rewriting the contents of the fable sub-story 1 human and the environment. This type of research is descriptive qualitative research. The subjects of the research were the fifth grade students of Pandean Lamper 04 Semarang Elementary School. The data collection procedures used were the results of student writing, questionnaires, and interviews. Based on the research results, there were many errors found in the application of standard words and punctuation in students' writing results. Incorrect application of standard words totals 233 words. There were 180 errors in applying punctuation. This is consistent with the results of the questionnaire obtained that, students rarely apply standard words and punctuation in school, at home, and in everyday life. It is also in accordance with the results of the teacher’s interview that student write not using standard words and proper punction.
Keywords: Errors, Application, Standard Words, and Punctuation
Referensi
Arifah, Fita Nur dan Isnawati Nur. 2016. Pedoman Kata Baku dan Tidak Baku. Yogyakarta: Araska
Balai Pendidikan dan Pelatihan Keagamaan Padang. 2019. Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Kurikulum 2013: Sebuah Kajian dalam Mata Diklat Penerapan Kurikulum 2013. https://bdkpadang.kemenag.go.id/index.php?option=com_content&view=article&id=674:agusridadsember&catid=41:topheadlines&Itemid=158 (Diunduh 3 Maret 2019).
Cahyani, Isah dan Hodijah. 2007. Kemampuan Berbahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Cetakan ke-1. Bandung: UPI Press.
Chaer, Abdul. 2011. Tata Bahasa Praktis Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta
Dalman. 2018. Keterampilan Menulis. Cetakan ke-6. Depok: PT RajaGrafindo Persada.
Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Kelima. 2017. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Khodijah, Siti. 2017. “Analisis Kesalahan Huruf Kapital dan Tanda Baca Pada Paragraf Deskriptif Siswa Kelas V MI Nurul Islam Grogol Depok”. Skripsi Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah. (online), (http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/36247/1/Siti%20Khodijah-FITK diakses pada tanggal 29 Maret 2019)
Kosasih dan Hermawan. 2012. Bahasa Indonesia Berbasis Kepenulisan Karya Ilmiah dan Jurnal. Bandung: CV. Thursina
Kusumaningsih, Dewi. 2013. Terampil Berbahasa Indonesia. Yogyakarta: CV Andi Offset.
Moleong, Lexy. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif. Cetakan ke-17. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nurmalisa, Dina. 2010. Keterampilan Menulis Kembali Dongeng dengan Teknik Bola Panas. Pena Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. (online) (https://jurnal.unikal.ac.id/index.php/pena/article/view/19 diakses pada tanggal 5 April 2019)
Nurgiyantoro, Burhan. 2010. Sastra Anak Pengantar Pemahaman Dunia Anak. Cetakan ke-2. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 67 Tahun 2013
Rajab, Ilmia. 2017. “Analisis Penggunaan Tanda Baca Dalam Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Pangkajene Kabupaten Pangkep”. Skripsi. Fakultas Bahasa dan Sastra Universitas Negeri Makassar. (online), (http://eprints.unm.ac.id/5976/1/SKRIPSI%20ILMIA%20RAJAB.pdf. Diakses pada tangga 26 Maret 2019).
Resmini, Novi dan Dadan Juanda. 2007. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Tinggi. Cetakan ke-1. Bandung: UPI Press.
Rosdiana, Yusi. 2008. Bahasa dan Sastra Indonesia di SD. Cetakan ke-3. Jakarta: Universitas Terbuka.
Santosa, Puji. 2011. Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD. Cetakan ke-17. Jakarta: Universitas Terbuka.
Sugiyono. 2015. Memahami Penelitian Kualitatif. Cetakan ke-12. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Cetakan ke-23. Bandung: Alfabeta.
Suyitno dan Ngatmini. 2018. Pengantar Praktis Bahasa Indonesia. Cetakan ke-2. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama.
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Unduhan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.