Studi Evaluatif Pelaksanaan Program Pendidikan TAMAN Kanak-Kanak (TK)
DOI:
https://doi.org/10.23887/mi.v25i1.24481Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mempelajari pelaksanaan program Pendidikan di Taman Kanak-Kanak (TK) yang ditinjau dari konteks, input, proses, dan produk. Penelitian ini adalah penelitian ekspost facto dengan menggunakan metode evaluasi CIPP. Pengambilan data dengan kuesioner yang diisi oleh 105 responden guru Taman Kanak-Kanak (TK) di Kecamatan Seririt. Analisis data menggunakan uji T. Hasil analisis menunjukkan dintinjau dari: (1 contex menunjukkan hasil positif (+); (2) input menunjukkan hasil negatif (-); (3) proses menunjukkan hasil positif (+); (4) produk menunjukkan hasil positif (+); (5) konteks, input, proses, dan produk pada Kuadran Glickman menunjukkan implementasi program pendidikan termasuk ke dalam kategori efektif; dan (6) Kendala-perpindahan yang terlibat dalam pelaksanaan program Pendidikan antara lain: (a (b) Masih terbatas fasilitas kesenian yang memadai untuk melaksanakan kegiatan kesenian; (c) Standar sanitasi lingkungan masih rendah, misalnya tempat sampah yang digunakan tanpa tutup, sehingga aroma sampah dibuang sesuai kebutuhan ; (d) Pelatihan kurang terkait buku panduan pelaksanaan pendidikan dan persiapan dokumen hasil pengawasan pelaksanaan kegiatan TK; (e) Pelatihan guru terkait kurang terkait RPPM dan RPPH; (f) Masih rendahnya jumlah dan Keragaman jenis bahan ajar serta alat permainan edukatif; (g) Kurangnya keterampilan guru menerapkan pembelajaran saintifik dan kontekstual untuk pembelajaran TK.Referensi
Agung, A. A. G. dan Koyan, I W. 2016. Evaluasi Program Pendidikan. Singaraja: Universitas Ganesha.
Agung, A.A. Gede. 2016. Statistika Dasar untuk Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish.
Agung, A.A. Gede. 2017. Evaluasi Pendidikan (Edisi-4). Singaraja: UNDIKSHA
Agung, A.A. Gede. 2018. Metodologi Penelitian Kuantitatif (Perspektif Manajemen Pendidikan). Singaraja: UNDIKSHA
Anamara, A.G.V. 2014. Evaluasi Program Implementasi Standar PAUD. Jurnal Pendidikan Usia Dini, Vol. 8, Ed. 2: 301-311
Anwar dan Ahmad, Arsyad. 2007. Pendidikan Anak Usia Dini. Bandung: Alfabeta.
Arikunto, S. dan C.S.A. Jabar. 2009. Evaluasi Program Pendidikan Pedoman. Teoritis Praktis Bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Arikunto, Suharsimi. 2004. Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta : Bumi. Aksara.
Christian Hosky Marak. 2016. Evaluasi Pelaksanaan Program Pendidikan dan Pelatihan Pasca Uji Kompetensi Guru Matematika di Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika Yogyakarta.
Eliyarti, Cucu. 2005. Pemilihan dan Sumber Belajar Untuk Usia Dini. Dirjen DIKTI: Jakarta.
Frost, Joe, L., Wortham, Sue C., and Reifel, Stuart. 2007. Play and Child Development. Third Edition. Upper Saddle Rivers, New York: Pearson/Merill Prentice Hall.
Hartati, Sofia. 2005. Perkembangan Belajar Pada Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Indrawati, Maya dan Nugroho, Wido 2006. Mendidik dan Membesarkan Anak Usia Pra-Sekolah. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.
Irawan, Prasetya. 2006. Penelitian Kualitatif & Kuantitatif Untuk Ilmu-Ilmu Sosial. Departemen Ilmu Adminstrasi FISIP UI.
Isjoni. 2005. Pendidikan Anak Usia Dini (Riau Pos) tersedia: Khatami.com-Majelis Kajian Tasawuf http://nurulkhatami.com, Generated 14 May, 2009.
Iskandar. 2012 Psikologi Pendidikan Sebuah Orientasi Baru. Jambi: PT. Gaung Persada.
Jalal, Fasli. 2002. Belajar dan Pembelajaran Dalam Taraf Usia Dini. Ikrar Mandiri Abadi: Jakarta.
Kasrani. 2016. Evaluasi Program Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Jurnal Manajemen Pendidikan, Vol. 25, No. 2: 233–243
Kemendikbud. 2014a. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014, tentang Standar PAUD.
Kemendikbud. 2014b. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 146 Tahun 2014, tentang Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini.
Kemendikbud. 2015. Petunjuk Teknis Penyelenggaraan Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Kemendikbud Dirjen PAUD
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.