Pengaruh Model (GI) Berbantuan Discrepant Event Terhadap Penguasaan Konsep IPA dengan Kovariabel Rasa Ingin Tahu

Penulis

  • N.M Dewi
  • I G. Astawan

DOI:

https://doi.org/10.23887/mi.v25i1.24504

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan secara signifikan penguasaan konsep IPA antara siswa yang mengikuti model pembelajaran Group Investigation berbantuan Discrepant Event dan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional, (2) perbedaan penguasaan konsep IPA antara siswa yang mengikuti model pembelajaran Group Investigation  berbantuan Discrepant Event dan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional setelah variabel rasa ingin tahu dikendalikan, dan (3) kontribusi kovariabel rasa ingin tahu terhadap penguasaan konsep IPA siswa. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen, dengan desain Posstest Only Control Group Design. Sampel dilakukan dengan teknik group random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah berjumlah 56 siswa. Data penguasan konsep IPA dikumpulkan dengan metode tes sedangkan rasa ingin tahu menggunakan kuisioner. Data dianalaisis dengan menggunakan ANAKOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan yang signifikan penguasaan konsep IPA siswa sebelum dan sesudah mengikuti model pembelajaran Group Investigation berbantuan Discrepant Event (Fhitung=75,711dengan nilai signifikansi diperoleh 0,000<0,05), (2) terdapat perbedaan yang signifikan penguasaan konsep IPA siswa dengan model pembelajaran Group Investigation berbantuan Discrepant Event dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional setelah kovariabel rasa ingin tahu dikendalikan (Fhitung = 81,629 dengan signifikansi 0,000<0,05), (3) terdapat kontribusi rasa inin tahu terhadap penguasaan konsep IPA siswa dengan besarya kontibusi yaitu 62,22%.

Referensi

Agustina, I.G.A.T dan I.N.Tika. 2013.Konsep Dasar IPA. Yogyakarta: Ombak.

Aji, H.W. 2018. Pengaruh Disiplin Belajar dan Rasa Ingin Tahu Terhadap Prestasi Belajar IPA Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Volume 20, Nomor 7 (hlm 40-48).

Aprilia, I. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Biologi Pada Materi Ekosistem di Kelas VII Semester II MTsn 1 Palangka Raya Tahun Pelajaran 2014/2015. EduSains, Volume 3, Nomor 2 (hlm. 141-148).

Aunurrahman. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Hayati, N.M., Saptorini., Titi, W.S. 2016. Penggunaan Discrepant Events dengan Pendekatan Poe Terhadap Hasil Belajar Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan Siswa. Pancasakti Science Education Journal, Vol 1, No. (hlm. 35-41).

Indiastuti, F. 2016. Pengembangan Perangkat Model Discovery Learning Berpendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Berpikir Kreatif dan Rasa Ingin Tahu.Jurnal Pendidikan Matematika JPM RAFA, Volume 2. Nomor 1 (hlm 41-55).

Jagantara,I.M.W.,Putu, B.A., dan Ni L.P.Widiyanti. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Terhadap Hasil Belajar Biologi Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa SMA. Jurnal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, Volume 04, Nomor 01 (hlm. 1-13).

Puspitasari, M.T. 2015. Upaya Meningkatkan Karakter Rasa Ingin Tahu dan Hasil Belajar Akuntansi Melalui Pembelajaran Kontekstual dengan Metode Snowball Throwing pada Siswa SMK Muhammadiyah 3 Gemolong.Jurnal “Tata Arta” UNS, Volume 1, Nomor 1 (hlm. 31-39).

Rusman. 2012. Model-model Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sagala, S. 2010. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Undang-undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, 2003. Jakarta: Sinar Grafika.

Wiratana, I.K., I,W. Sadia., dan Ketut, S. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Investigasi Kelompok (Group Investigation) Terhadap Keterampilan Proses Dan Hasil Belajar Sains Siswa SMP. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, Volume 03 (hlm. 1-12).

Diterbitkan

2020-04-20

Cara Mengutip

Dewi, N., & Astawan, I. G. (2020). Pengaruh Model (GI) Berbantuan Discrepant Event Terhadap Penguasaan Konsep IPA dengan Kovariabel Rasa Ingin Tahu. Mimbar Ilmu, 25(1), 64–74. https://doi.org/10.23887/mi.v25i1.24504

Terbitan

Bagian

Articles