Penerapan Model Pembelajaran Induktif dengan Pendekatan Analogi Dalam Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Teknologi Layanan Jaringan
DOI:
https://doi.org/10.23887/mi.v25i1.24770Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui apakah Penerapan Model Pembelajaran Induktif dengan Pendekatan Analogi dapat Meningkatkan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Teknologi Layanan Jaringan Peserta Didik Kelas XI Kompetensi Keahlian Teknik Komputer Jaringan SMK Negeri 1 Denpasar Tahun Pelajaran 2019/2020. Subyek Penelitian ini adalah peserta didik Kelas XI Kompetensi KeahlianTeknik Komputer Jaringan dengan jumlah 32 orang. Jenis data yang dikumpulkan dalam penelitian ini berupa: Data tentang prestasi belajar dan data respons peserta didik. Data tentang prestasi belajar diperoleh dengan cara memberikan tes dan hasil observasi belajar, sedangkan data respons peserta didik diperoleh dengan cara memberikan angket/kuesioner. Data hasil penelitian di analisis dengan metode statistik deskriptif. Berdasarkan hasil analisis data prestasi belajar ditemukan bahwa: (1)Terdapat peningkatan prestasi belajar peserta didik Kelas XI Kompetensi Keahlian Teknik Komputer Jaringan SMK Negeri 1 Denpasar yaitu pada siklus I jumlah peserta didik mencapai kompetensi adalah 81,25% dengan daya serap 76,40% sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 93,75% dengan daya serap 78,37%. (2) Terdapat respons positif pada peserta didik Kelas XI Kompetensi Keahlian Teknik Komputer Jaringan SMK Negeri 1 Denpasar terhadap implementasi model pembelajaran induktif dengan pendekatan analogi pada proses pembelajaran. Jadi, penerapan model pembelajaran induktif dengan pendekatan analogi dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik Kelas XI Kompetensi KeahlianTeknik Komputer Jaringan SMK Negeri 1 Denpasar, Kota Denpasar Tahun Pelajaran 2019/2020.Referensi
Agung, Gede A dkk. 2016. “Analisis Buku Tkes Siswa Kurikulum 2013 Ditinju dari Aspek Desain Pesan Pembelajaran Kelas IV Sekolah Dasar”. e-Journl Edutech, 5(2):
Agung, A. A. G. (2013). Evaluasi Pendidikan. Singaraja: Undiksha.
Amir, Almira. Pengguna Media Gambar dalam Pembelajaran Matematika : JURNAL EKSAKTA (VOLUME 2 NOMOR 1, 2016) (diakses pada tanggal 14 April 2019)
Archer, A. L., & Hughes, C. A. (2011). Explicit instruction: Effective and efficient teaching . New York: Guilford Press.
Arends 1997. Model-Model Pembelajaran Inovatif berorientasi Konstuktivitis, Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher
Dantes, Nyoman. 2017. Desain Eksperiman dan Analisis Data, Depok: PT Rajagrafindo Persada
Depdiknas .2001. Kamus Besar Bahasa Indonesia.Jakarta ;Balai Pustaka.
Huda, Miftahul. 2017. Model – Model Pengajaran dan Pembelajaran, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Kosasih, E. 2016. Strategi Belajar Dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum 2013, Bandung: Yrama Widya.
Koyan, Wayan. 2012. Statistik Pendidikan Teknik Analisis Data Kuantitatif. Bali: Universitas Pendidikan Ganesha Press.
Kurniasih, Sani. 2014. Strategi – Strategi Pembelajaran. Alfabeta:Bandung.
Mastika, Ayu Dewi. Pengaruh Model Pembelajaran Explicit Instruction Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V SD Gugus I Kecamatan Buleleng : Jurnal Mimbar Ilmu Universitas Pendidikan Ganesha. (diakses pada tanggal 29 Januari 2019)
Permendikbud Nomor 104 Tahun 2014 tentang Penilaian Hasil Belajar Oleh Pendidik Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.
Rosmala, Amelia & Atun, Isrok. 2018. Model – Model Pembelajaran Matematika. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Setyosari, Punaji.2015. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan Edisi ke Empat. Jakarta: Prenadamedia Group.
Sugiyono (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.
Sugiyono (2017). Metode Penelitian Kualitatif: Untuk penelitian yang bersifat: eksploratif, enterpretif, interaktif, dan konstruktif. Bandung: Alfabeta
Susanto, Ahmad. (2014). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah dasar. Jakarta: Prenadamedia Grup.
Trianto. 2009. Medesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresift, Jakarta: 13220
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.