Penggunaan Pembelajaran STAD dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV SD

Penulis

  • Siti Barokah
  • Badarrudin Badarrudin
  • Karma Iswasta Eka

DOI:

https://doi.org/10.23887/mi.v25i1.24776

Abstrak

Abstrak

Hasil belajar siswa di kelas IV SD Negeri 1 Bulakamba masih rendah, hal ini dapat dilihat dari kemampuan siswa untuk menyelesaikan soal Matematika pada materi keliling dan luas bangun datar. STAD merupakan sebuah strategi pembelajaran yang menuntun siswa untuk dapat bekerja sama, memiliki tanggung jawab, dan mampu menyampaikan pendapat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berfikir kritis siswa dalam pembelajaran keliling dan luas bangun datar melalui pembelajaran STAD di kelas IV Sekolah Dasar, Kabupaten Brebes. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dan subjek penelitian adalah siswa kelas IV di sekolah dasar negeri Kabupaten Brebes, sebanyak 18 orang. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi, skala penilaian rubrik, soal evaluasi dan dokumentasi. Data hasil penelitian dianalisis secara deskriptif dengan melihat nilai rata-rata. Hasil penelitian dengan menggunakan pembelajaran STAD diperoleh hasil belajar sebagai berikut: pada siklus I peningkatan hasil belajar siswa sebesar 55,5%, meningkat pada siklus II menjadi 88,8%.

Referensi

Discovery. Jurnal Euclid. Volume 3, No. 1, Juni 2019.

Amir, F. M. 2015. Proses Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar dalam Memecahkan Berbentuk Soal Cerita Matematika Berdasarkan Gaya Belajar. Jurnal Moth Educator Nusantara. Tahun 2015, Nomor 02, Volume 01.

Daryanto. 1997. Kamus Besar Bahsa Indonesia. Surabaya: Apollo.

Esminarto, dkk. 2016. Implementasi Model STAD dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Riset dan Konseptual. Volume 1, Nomor 1, November 2016.

Gusniar. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dalam Meningkatkan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV SDN No. 2 Orgoamas II. Jurnal Kreatif Tadulako Online. Volume 2, No. 1, Mei 2018

Heruman. 2010. Model Pembelajaran Matematika. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Iqbal, M., dan Setyo, G, N. 2004. Kumpulan Rumus Matematika. Jakarta: Pustaka Agung Harapan.

Isjoni. 2010. Cooperative Learning. Jakarta: PT. Grasindo.

Lie, A. 2008. Cooperative Learning. Jakarta: PT. Grasindo.

Muschla, J. A dan Robert, M, G. 2009. Pedoman Praktis Tugas-Tugas Matematika dengan Aplikasi Kehidupan Nyata Sehari-hari. Jakarta: PT. Macanan Jaya Cemerlang.

Mustaqim, B & Astuti, A. 2008. Ayo Belajar Matematika Untuk SD / MI kelas IV. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.

Nurkancana, Wayan dan PPN. Sumartana. 1990. Evaluasi Hasil Belajar. Surabaya: Usaha Nasional.

Slavin, R. E. 2010. Cooperative Learning. Bandung: Nusa Media.

Sudjana, N. 2004. Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sugiono. 2007. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: CV. Alfabeta.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi, A. 1998. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bina Aksara.

Suprijono, A. 2011. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Syah, M. 2010. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Wardhani, I. & Wihardit, K. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Penerbit Universitas Terbuka.

Diterbitkan

2020-05-08

Cara Mengutip

Barokah, S., Badarrudin, B., & Iswasta Eka, K. (2020). Penggunaan Pembelajaran STAD dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV SD. Mimbar Ilmu, 25(1), 149–161. https://doi.org/10.23887/mi.v25i1.24776

Terbitan

Bagian

Articles