Korelasi Antara Gaya Belajar dengan Hasil Belajar IPA

Penulis

  • Made Indah Prabanitha Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Komang Sudarma Universitas Pendidkan Ganesha
  • I Ketut Dibia Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/mi.v25i2.25650

Abstrak

Hasil belajar IPA siswa di kelas IV dapat dikatakan bervariasi. Hal tersebut dikarenakan gaya belajar yang dimiliki siswa berbeda-beda dan kurangnya peran aktif siswa saat proses pembelajaran. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi antara gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik dengan hasil belajar IPA siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian expost facto. Populasi penelitian ini berjumlah 159 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik proporsional random sampling dengan jumlah sampel 132 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan, yaitu kuisioner/angket dan pencatatan dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat korelasi positif dan signifikan antara gaya belajar visual dengan hasil belajar IPA dengan nilai rxy 0,928 dan kotribusi sebesar 86%; (2) terdapat korelasi positif dan signifikan antara gaya belajar auditorial dengan hasil belajar IPA dengan nilai rxy 0,781 dan kontribusi sebesar 61%; dan (3) terdapat korelasi positif dan signifikan antara gaya belajar kinestetik dengan hasil belajar IPA dengan nilai rxy 0,598 dan kontribusi sebesar 33%. Jadi, terdapat korelasi positif dan signifikan antara gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik dengan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD.

Biografi Penulis

Made Indah Prabanitha, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

I Komang Sudarma, Universitas Pendidkan Ganesha

Teknologi Pendidikan

I Ketut Dibia, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

Referensi

Bire, A. L,, Uda Geradus, dan J. B. (2014). Pengaruh Gaya Belajar Visual, Auditorial, Dan Kinestetik Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Pengaruh Gaya Belajar Visual, Auditorial, Dan Kinestetik Terhadap Prestasi Belajar Siswa, 44(2), 168–174. https://doi.org/10.21831/jk.v44i2.5307

Bundu, P. (2006). Penilaian Keterampilan Proses dan Sikap Ilmiah dalam Pembelajaran Sains-SD. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

Cahyani, A. R., & Sumilah. (2018). Hubungan Motivasi Belajar dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar IPS. Joyful Learning Journal, 7(1), 48–54.

DePorter B., dan Mike H. (2006). Menyenangkan, Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan. Penerbit Kaifa.

Dewi, N. K. A. K., & Rati, N. W. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran ( AIR ) Berorientasi Tri Pramana Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar IPA. 8, 100–110.

Ghufron M. Nur dan Rini R. (2012). Gaya Belajar: Kajian Teoretik. Pustaka Pelajar.

Hartati, L. (2015). Pengaruh Gaya Belajar dan Sikap Siswa pada Pelajaran Matematika terhadap Hasil Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(3), 224–235. https://doi.org/10.30998/formatif.v3i3.128

Hidayat, M. I. (2016). Korelasi Antara Gaya Belajar Dengan Hasil Belajar Pada Pelajaran Gambar Teknik Dasar Di SMK Muhammadiyah 1 Bantul. Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin, 4(8), 577–582.

Juliani, N. W., Murda, I. N., & Widiana, I. W. (2016). Analisis Gaya Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas V SD Gugus VI Kecamatan Abang Kabupaten Karangasem Tahun Pelajaran 2015/2016. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD V, 4(1), 1–12.

Khoeron, I. R., Sumarna, N., & Permana, T. (2016). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Produktif. Journal of Mechanical Engineering Education, 1(2), 291. https://doi.org/10.17509/jmee.v1i2.3816

Maheni, N. P. K. (2019). Pendidikan Ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 11(2), 85–95.

Nasution, S. (2011). Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar & Mengajar. PT. Bumi Aksara.

Priyatna, A. (2013). Pahami Gaya Belajar Anak: Memaksimalkan Potensi Anak Dengan Modifikasi Gaya Belajar. PT. Elrx Media Komputindo.

Putri Ningrat, S., Tegeh, I. M., & Sumantri, M. (2018). Kontribusi Gaya Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(3), 257. https://doi.org/10.23887/jisd.v2i3.16140

Samatowa, U. (2010). Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. PT. Indeks.

Suyono, A. (2018). Pengaruh Gaya Belajar terhadap Hasil pada Mata Pelajaran Akuntansi Kelas XI IPS SMA N 3 Tapung Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Ekonomi Akuntansi FKIP UIR, 6(1), 1–10.

Wahyuni, Y. (2017). Identifikasi Gaya Belajar (Visual, Auditorial, Kinestetik) Mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Bung Hatta. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 10(2), 128–132. https://doi.org/10.30870/jppm.v10i2.2037

Yuliastini, L. G. I., Wiyasa, I. K. N., & Manuaba, I. B. S. (2020). Kontribusi Gaya Belajar dan Motivasi Berprestasi Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. 25(1), 11–19.

Diterbitkan

2020-09-27

Cara Mengutip

Prabanitha, M. I., Sudarma, I. K., & Dibia, I. K. (2020). Korelasi Antara Gaya Belajar dengan Hasil Belajar IPA. Mimbar Ilmu, 25(2), 212–221. https://doi.org/10.23887/mi.v25i2.25650

Terbitan

Bagian

Articles